√ Struktur Lapisan Bumi dan Penjelasannya (Terlengkap)

Struktur Lapisan Bumi dan Penjelasannya (Terlengkap) – Bumi adalah tempat kita tinggal, tempat dimana kita berpijak dan tempat yang selama ini kita nikmati keindahannya. Bumi adalah satu-satunya planet dari tata surya yang dihuni oleh manusia dan makhluk hidup lainnya.

Pada awal mula pembentukannya, bumi bermula dari benda angkasa yang pijar & amat sangat panas. Kemudian, setelah sekian juta tahun, bumi tersebut perlahan-lahan mengalami pendinginan, dan bagian kulit bumi menjadi beku meskipun bagian dalamnya masih panas.

Struktur Lapisan Bumi dan Penjelasannya (Terlengkap)

Bumi memiliki kulit dengan ketebalan yang tidak merata. Dibagian dataran atau benua lebih tebal daripada dibawah samudera. Bumi sendiri memiliki lapisan yang terdiri dari beberapa lapisan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Struktur Lapisan Bumi

Berikut penjelasan dari beberapa struktur lapisan bumi:

Barisfer

Merupakan lapisan inti bumi yang tersusun dari lapisan nife (niccolum : nikel dan ferrum: besi). Memiliki jari-jari kurang lebih 3.470 km dan batas luarnya kurang lebih 2.900 km dibawah permukaan bumi.

Lapisan Pengantara

Merupakan lapisan yang terdapat diatas lapisan nife setebal 1.700km. Berat jenisnya rata-rata 5 gr/cm3. Lapisan pengantara disebut juga dengan asthenosfer (mantel) yang merupakan bahan cair bersuhu tinggi & berpijar.

Litosfer

Merupakan lapisan yang terletak diatas lapisan pengantara, dengan ketebalan mencapai 1.200 km. Berat jenisnya rata-rata 2,8 gr/cm3. Litosfer merupakan kulit bumi yang terdiri dari dua bagian, yakni:

Lapisan Sial

Yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun dari logam silisium dan alumunium, dan senyawanya dalam bentuk siO2 & AI2O3. Dalam lapisan ini terdapat batuan sedimen, andesit, granit, jenis-jenis batuan metamorf dan batuan lainnya yang terdapat di daratan benua. Lapisan sial ini disebut juga denganlapisan kerak yang sifatnya padat dan kaku dengan ketebalan mencapai kurang lebih 35 km. Kerak ini terbagi menjadi dua:

  • Kerak benua yaitu benda padat yang terdiri dari batuan beku granit di bagian atasnya dan batuan beku basalt di bagian bawahnya.
  • Kerak samudera yaitu benda padat yang terdiri dari endapan laut pada bagian atas, yang kemudian dibawahnya batuan-batuan vulkanik dan yang paling bawah tersusun dari batuan beku gabro & periodotif. Kerak ini menempati sebagai samudera.
Baca Juga:  √ Pengertian Rotasi Bumi dan Akibat Terjadinya (Bahas Lengkap)

Struktur Lapisan Bumi Beserta Penjelasannya Lengkap

Lapisan Sima

Yaitu lapisan kulit oleh logam-logam silisium magnesium dalam bentuk senyawanya SiO2 dan MgO2. Pada lapisan ini mengandung besi dan magnesium yakni mineral ferromagnesium & batuan basalt. Lapisan ini merupakan bahan yang sifatnya elastis dan memiliki ketebalan sekitar 65km.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Struktur Lapisan Bumi dan Penjelasannya (Terlengkap), semoga bermanfaat. Sekian terimakasih.