√ Pengertian dan Ciri Globalisasi Di Dunia (Pembahasan Lengkap)

Pengertian dan Ciri Globalisasi Di Dunia (Pembahasan Lengkap) – Sebelumnya pernah dibahas mengenai pengertian globalisasi. Globalisasi dapat berarti sebagai sebuah proses terintegrasinya bangsa-bangsa di dalam sebuah sistem global yang melintasi batas-batas negara di seluruh dunia. Dengan adanya globalisasi ini berpengaruh pesat pada perubahan sosial di suatu wilayah terhadap wilayah lainnya.

Pengertian dan Ciri Globalisasi Di Dunia (Pembahasan Lengkap)

Perubahan inilah yang mendorong masyarakat ke dalam era global yang penuh dengan kecanggihan dan kemajuan teknologi. Batas-batas wilayah pada suatu negara seolah tidak ada karena masyarakat di dunia di masa era global ini mampu berkomunikasi melalui berbagai media tanpa bertatap muka. Adapun ciri-ciri adanya globalisasi yaitu:

Ciri-Ciri Globalisasi

Ciri-ciri terjadinya proses globalisasi antara lain sebagai berikut:

1. Adanya keterbukaan di berbagai bidang

Keterbukaan di berbagai bidang yang terjadi pada era globalisasi saat ini, tidak terlepas dari adanya kemajuan dalam berbagai bidang komunikasi dan informasi.  Globalisasi memang identik dengan era keterbukaan. Melalui berbagai macam media massa, kejadian atau peristiwa sekecil apapun bisa diketahui samapai ke ujung dunia, karena kecanggihan tersebut.

Pada era keterbukaan ini juga ditandai dengan adanya kebebasan dalam mengungkapkan pikiran dan argumentasi baik lisan maupun tulisan. Setiap orang memiliki kebebasan dan bisa melakukan apapun sesuai apa yang diinginkannya serta menyampaikan rasa ketidak puasan atas segala kebijakan yang ada. Semua itu terjadi tidak lain karena kecanggihan teknologi sehingga keterbukaan di berbagai sektor bidang tidak dibatasi.

Baca Juga:  √ Tantangan Masa Depan Bangsa Indonesia (Pembahasan Lengkap)

2. Meningkatnya ketergantungan ekonomi antarbangsa

Globalisasi ekonomi mencakup beberapa bidang, diantaranya yaitu tenaga kerja, bidang pembiayaan, perdagangan dan jaringan informasi. Globalisasi ekonomi disebut juga dengan era pasar bebas. Dalam globalisasi ekonomi, perdagangan tidak hanya antar wilayah, antar provinsi akan tetapi perdagangan internasionalpun semakin meningkat. Jadi, dalam memenuhi kebutuhannya, tidak mesti suatu negara memproduksi sendiri segala kebutuhannya, tetapi bisa melalui negara lain dengan pemilihan harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Dalam kegiatan ekonomi tidak terbatas pada skala nasional, akan tetapi internasional atau seluruh dunia.

Pengertian Dan Ciri-Ciri Globalisasi Di Dunia

3. Meningkatnya interaksi budaya antarbangsa

Dengan adanya globalisasi mampu meningkatkan hubungan kultur antarbangsa. Melalui adanya perkembangan pesat dari media massa seperti handphone, telephone, televisi, majalah, koran, internet, dls. Kita akan lebih mengenal tentang budaya suatu negara, misalnya seperti film, musik yang banyak diminati dari kalangan anak-anak sampai yang dewasa, fashion, gaya hidup dan kebiasaan mereka, dengan media-media tersebut tentu secara tidak sadar kita lebih mengenal tentang suatu budaya dari suatu negara di berbagai belahan dunia. Pada saat ini aktivitas berskala internasional semakin banyak dan sering dilaksanakan seperti piala dunia, kegiatan pariwisata, dan bahkan sampai perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain sering dilakukan.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai Pengertian dan Ciri Globalisasi Di Dunia (Pembahasan Lengkap), dan selanjutnya akan dibahas mengenai dampak dari globalisasi itu sendiri terhadap masyarakat. Semoga dapat bermanfaat, sekian terimakasih.