√ Pembagian Akhlak Dalam Islam Dan Macamnya Lengkap

Pembagian Akhlak Dalam Islam Dan Macamnya Lengkap – Akhlak atau tingkah laku tidak terlepas dari kehidupan manusia. Ada akhlak yang disebut dengan akhlakul karimah atau akhlak terpuji dan ada pula akhlak tercela atau akhlak yang buruk. Setiap manusia berperangai baik atau buruk tergantung dirinya sendiri, karena yang menggerakkan kesemua itu adalah diri sendiri dan benar-benar berasal dari hati nurani tanpa ada pemikiran yang matang. Semoga kita senantiasa tergolong orang-orang yang berakhlakul karimah dan menjauhi akhlak yang tercela karena selain dosa, akhlak tercela sangat merugikan orang lain.

Pembagian Akhlak Dalam Islam Dan Macamnya Lengkap

Mari kita bahas lengkap materi tentang pembagian akhlak dalam islam.

Pembagian Akhlak Dalam Islam

Ada 2 pembagian akhlak yaitu akhlak mahmudah dan akhlak madzmumah. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

Akhlak Mahmudah

Yakni akhlak terpuji atau akhlak yang baik. Contohnya: pemaaf, sabar, ikhlas, menepati janji, qonaah, jujur, penyayang, pemurah, baik hati, husnudzon dan lain sebagainya. Dimana akhlak mahmudah ini semuanya membawa kebaikan dan tidak merugikan orang lain.

Karena setiap akhlak terpuji ini telah ada tuntunan dan ajarannya baik dalam Al-Qur’an ataupun Hadits nabi. Dari Imam Malik berkata “setiap agama memiliki akhlak, dan akhlak islam ialah malu”. Malu merupakan dasar akhlak manusia, karena dengan memiliki rasa malu pada Allah SWT maka akan takut untuk melakukan perbuatan-perbuatan tercela dan keji.

Pembagian Akhlak Dalam Islam Dan Macam Macamnya

Akhlak Madzmumah

Yakni akhlak tercela atau perbuatan yang buruk. Contohnya:

Riya’: Beramal atau melakukan suatu perbuatan baik dengan niat untuk dilihat orang atau mendapat pujian orang, dengan kata lain riya’ sama artinya dengan pamer.

Baca Juga:  √ 3 Sumber Ajaran Islam Dan Penjelasannya (Pembahasan Lengkap)

Sum’ah:  Melakukan perbuatan atau berkata sesuatu agar didengar oleh orang lain dengan maksud agar namanya dikenal.

Ujub: Mengagumi diri sendiri

Takabur: Membanggakan diri sendiri karena merasa dirinya jauh lebih hebat dibandingkan orang lain.

Tamak: Serakah atau rakus terhadap apa yang ingin dimiliki.

Malas: Enggan melakukan sesuatu.

Fitnah: Mengatakan sesuatu yang bukan sebenarnya. Memfitnah merupakan salah satu dosa yang sangat dilarang oleh agama karena fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan.

Bakhil: pelit, medit dan tidak suka membagi atau memberikan sesuatu yang dimiliki pada orang lain.

Sedikit himbahauan untuk kita semua. Akhlak merupakan sesuatu yang amat penting yang harus kita tanamkan pada diri kita yakni akhlak yang baik. Karena akhlak bisa menjadi modal untuk kita menjadi orang yang taqwa dan banyak disenangi oleh orang lain. Jika akhlak yang baik tidak kita miliki, maka kita akan kesusahan didunia maupun diakhirat. Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita tentang Pembagian Akhlak Dalam Islam Dan Macam Macamnya, semoga dapat memberikan manfaat. Sekian terimakasih.

√ Pembagian Akhlak Dalam Islam Dan Macamnya Lengkap
4.6 (91.11%) 9 votes