Lambang Negara Indonesia dan Penjelasannya (Pembahasan Lengkap)

Lambang Negara Indonesia dan Penjelasannya (Pembahasan Lengkap) – Bagi anda yang masih berstatus pelajar atau masih mengenyang pendidikan disekolah, pasti diruangan kelasnya ada gambar Presiden RI dan Wakilnya, dan tidak kalah pentingnya yakni gambar lambang Negara kita Garuda Pancasila. Tahukan kalian makna dari lambang negara kita tersebut? mari kita bahas disini.

Lambang Negara Indonesia dan Penjelasannya (Pembahasan Lengkap)

Untuk pembahasan kali ini, pasti semua anak bangsa tahu dan pernah belajar tentang makna dari lambang negara Indonesia. Namun masih ada yang baru mempelajarinya atau mungkin ada yang lupa. bagi yang belum mengetahui penjelasannya atau artinya, yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

Lambang Negara Indonesia

Garuda pancasila merupakan lambang negara Indonesia yakni berupa gambar burung garuda yang menengok ke kanan dengan kedua sayapnya terbentang dengan gagah.

Adapun penjelasannya sebagai berikut:

  1. Burung Garuda dipilih sebagai lambang negara karena melambangkan kekuatan, Negara ini akan selalu kuat dalam keadaan apapun.
  2. Garuda Pancasila berwarna emas melambangkan sebuah kejayaan.
  3. Jumlah Bulu-bulunya:
    • Pada setiap sayap terdapat 17 buah
    • Pada ekor terdapat 8 buah
    • Dibawah perisai terdapat 19 buah
    • Di leher terdapat 45 buah.
      Hal itu melambangkan tanggal proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yakni 17 Agustus 1945 (17-8-1945)
  4. Pada leher garuda tergantung sebuah perisai yang melambangkan Pancasila:
    • Bintang: Ketuhanan Yang Maha Esa
    • Rantai baja: Kemanusiaan yang adil dan beradab
    • Pohon beringin: Persatuan Indonesia
    • Kepala banteng: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan
    • Padi dan kapas: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  5. Garis yang melintang pada perisai yang digambar tebal melambangkan bahwa Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa.
  6. Lambang negara RI Garuda Pancasila ditetapkan sebagai lambang negara dalam Peraturan Pemerintah  No.66 Tahun 1951 pada tanggal 17 Oktober 1951.
  7. Kaki burung Garuda Pancasila mencengkram sebuah pita yang melengkung keatas. Pada pete itu terdapat tulisan “Bhineka Tunggal Ika” yang berasal dari buku Sutasoma karangan Empu Tantular. Yang mana Bhineka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tapi tetap satu jua. Maksudnya adalah bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, adat, agama, kesenian, budaya, akan tetapi tetap satu bangsa dengan satu kebudayaan nasional dan dengan satu bahasa nasional.

Garuda Indonesia

Nah itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga pembahasan mengenai Lambang Negara Indonesia dan Penjelasannya (Pembahasan Lengkap) ini dapat membantu anda dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih 🙂