√ Hari-Hari Besar Agama Islam & Maknanya (Pembahasan Lengkap)

Hari-Hari Besar Agama Islam & Maknanya (Pembahasan Lengkap) – Sebagai umat Islam tentunya kita sudah menjalankan dan memahami tentang hari-hari penting dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menanamkan hal terpuji ini pasti kita tidak akan melewatkan setiap datangnya hari-hari besar Islam tersebut. Dalam pembahasan kali ini, seputarpengetahuan.co.id akan menjelaskan secara singkat tentang hari-hari besar Agama Islam dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Adapun penjelasannya akan dijelaskan berikut ini.

Hari-Hari Besar Agama Islam & Maknanya (Pembahasan Lengkap)

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang hari besar Islam, simak uraiannya.

Hari Besar Islam

Inilah hari-hari besar Islam yang harus kita ketahui.

1. Nuzulul Qur’an

Yaitu peringatan turunnya Al-Qur’an yang berupa firman-firman Allah kepada nabiyullah Muhammad SAW melalui perantara malikat Jibril yang kemudian dihimpun menjadi kitab suci Al-Qur’an. Nuzulul Qur’an diperingati pada tanggal 17 Ramadhan.

2. Lailatul Qodar

Lailatul Qodar ini merupakan 10 malam ganjil terakhir di bulan Ramadhan dan merupakan malam terpenting yang terjadi hanya pada bulan Ramadhan dan tidak ada yang mengetahuinya kapan malam lailatul qodar ini tiba. Lailatul Qodar ini juga merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan dan banyak sekali keistimewaannya. Laitaul Qodar biasanya juga diperingati Nuzulul Qur’an.

3. Hari Raya Idul Fitri

Biasa kita sebut dengan lebaran yang diperingati pada tanggal 1 syawal. Hari raya Idul Fitri ini merupakan hari kemenangan bagi Umat Islam yang telah melakukan puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan dimana puasa ini merupakan latihan bagi umat islam untuk menjaga hatinya, lisannya, pikirannya dan seluruh anggota tubuhnya sehingga pada hari kemenangan tersebut, umat manusia kembali dalam fitrahnya atau kembali suci.

Baca Juga:  √ Pengertian Sholat, Syarat Sholat Dan Rukun Sholat Lengkap

4. Hari Raya Idul Adha

Merupakan hari raya kurban yang diperingati pada tanggal 10 Dzulhijjah yang biasa kita menyebutnya dengan lebaran haji. Pada hari inilah orang-orang Islam melakukan ibadah hai di Makkah dan diseluruh dunia umat Islam melaksanakan sholat Idul Adha dan setelah itu melakukan penyembelihan kurban yang merupakan hewan ternak seperti onta, sapi, kambing, maupun kerbau. Daging yang telah disembelih kemudian dibagikan sesuai dengan ketentuannya.

Loading...

5. Tahun Baru Islam

Merupakan peringatan tahun baru Islam atau  tahun baru hijriyah yang diperingati pada tanggal 1 Muharram.

6. Maulid Nabi

Merupakan hari peringatan kelahiran Nabiyullah Muhammad SAW yang diperingati pada tanggal 12 Rabi’ul Awwal. Hari peringatan maulid nabi ini pertama kali dilakukan oleh Sultan Salahuddin Al-Ayyubi. Dalam peringatannya beliau menceritakan tentang sejarah kelahiran nabi sampai dengan perjuangan Nabi untuk Umatnya yang patut dijadikan contoh atau sebagai suri tauladan yang baik untuk umatnya. Hukum memperingati maulid nabi adalah bid’ah hasanah yang bertujuan untuk meneladani akhlak terpuji dan membesarkan junjungan nabi Agung kita Muhammad SAW.

Hari Hari Besar Agama Islam Dan Maknanya

7. Isra’ Mi’raj

Yakni sebuah peristiwa tentang perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsho sampai ke Sidratil Muntaha untuk menerima tugas atau kewajiban sholat lima waktu yang sebelumnya adalah 50 waktu, atas berbagai kebijakan pada akhirnya hanya sholat 5 waktu yang wajib dilaksanakan dalam sehari semalam. Peristiwa isra’ mi’raj ini terjadi dalam satu malam. Isra’ Mi’raj diperingati pada tanggal 27 Rajab.

Demikian penjelasan singkat mengenai Hari-Hari Besar Agama Islam & Maknanya (Pembahasan Lengkap), semoga setelah mengetahuinya kita bisa amalkan dan lakukan disaat waktunya tiba serta bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih.

5 (100%) 6 votes