√ Fungsi Daun dan Bagian Daun pada Tumbuhan (Lengkap)

Fungsi Daun dan Bagian Daun pada Tumbuhan (Lengkap) – Sebelumnya telah dibahas tentang fungsi akar pada tumbuhan. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas fungsi daun pada tumbuhan. Daun itu sendiri ialah tumbuhan yang tumbuhnya pada ranting dan pada umumnya berbentuk pipih dan tipis.

Fungsi Daun dan Bagian Daun pada Tumbuhan (Lengkap)

Setiap bagian-bagian pada tumbuhan pasti memiliki fungsinya masing-masing. Pada umumnya semua jenis daun hampir berwarna hijau karena daun mengandung klorofil atau zat hijau daun. Untuk lebih jelas dan mengenal fungsi-fungsi daun, mari kita perhatikan penjelasannya berikut ini.

Fungsi Daun

Adapun fungsi-fungsi daun antara lain:

Tempat melakukan fotosintesis

Yaitu suatu proses pengolahan atau produksi makanan dari karbondioksida (CO2) melalui stomata  dan air menjadi zat tepung dengan bantuan energi cahaya. Pada tumbuhan dikotil, fotosintesis terjadi di jaringan parenkim palisade, sedangkan pada tumbuhan monokotil fotosintesis terjadi pada jaringan spons.

Sebagai alat respirasi

Didalam daun terdapat stomata yang fungsinya untuk bernafas atau sebagai alat pernafasan.

Alat reproduksi vegetatif

Contohnya pada tanaman cocor bebek. Yang membentuk tunas daun. Daunnya berfungsi untuk memperbanyak tanaman.

Mengatur proses transpirasi

Yaitu proses penguapan air pada daun melalui mulut daun atau stomata dan kutikula yang ada dipermukaan daun dan lebih banyak pada bagian bawah daun. Namun yang dapat mengurangi penguapan ialah kutikula yang ada diatas permukaan daun.

Proses gutasi

Yakni tempat keluarnya cairan atau air yang berupa tetesan-tetesan.

Baca Juga:  √ Pengertian Jaringan Meristem, Fungsi, Ciri, Jenis & Letaknya

Fungsi Daun Dan Bagian-Bagian Daun Pada Tumbuhan

Bagian-Bagian Daun

Setiap bagian daun ada yang memiliki daun yang lengkap seperti adanya tulang daun, helai , tangkai, dan pelepah daun. Contohnya daun pisang & daun bambu. Ada juga tumbuhan yang memiliki daun tidak lengkap.

Seperti daun mangga dan jeruk yang hanya memiliki tangkai dan helai saja. Dan ada pula yang hanya memiliki helai dan pelepah daun saja, seperti pada daun jagung dan padi. Daun memiliki bentuk tulang yang beraneka ragam, yakni ada yang melengkung, menyirip, menjari & ada pula yang sejajar.

Nah itulah sekilas penjelasan kita kali ini tentang Fungsi Daun dan Bagian Daun pada Tumbuhan (Lengkap), semoga dapat bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂