√ 6 Fungsi Akar Pada Tumbuhan dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

6 Fungsi Akar Pada Tumbuhan dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) – Sahabat semuanya pasti sudah tahu bentuk dari akar yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Dimana akar merupakan bagian penting selain dari batang, daun, buah, tangkai yang tumbuh kokoh pada tanah. Biasanya bentuk akar meruncing pada ujungnya, karena supaya tembusnya lebih mudah di dasar tanah, biasanya berwarna putih tulang dan agak kecoklatan.

6 Fungsi Akar Pada Tumbuhan dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang fungsi-fungsi dari akar pada tumbuhan apapun.

Fungsi Akar

Adapun fungsi-fungsinya yaitu sebagai berikut:

  1. Berfungsi sebagai penyokong dan untuk memperkuat serta memperkokoh berdirinya tumbuh-tumbuhan dimana ia hidup.
  2. Tempat penyerapan air & zat-zat hara dari dalam tanah.
  3. Sebagai tempat untuk menyimpan makanan, seperti pada tumbuhan wortel dan ubi.
  4. Untuk mengangkut air & membawa zat-zat yang sudah terserap ke bagian tubuh tumbuh-tumbuhanan.
  5. Untuk tumbuhan bakau, akar berfungsi sebagai alat respirasi.
  6. Pada tumbuhan sukun, dari bagian akar dapat tumbuh tunas yang akan tumbuh menjadi individu baru.

Jenis-Jenis Akar

Akar pada setiap tumbuh-tumbuhan biasanya berbeda dan memiliki jenisnya tersendiri. Adapun jenis-jenis akar yaitu:

Akar Serabut

Akar jenis ini pada umumnya terdapat pada tumbuhan monokotil, meskipun terkadang ada pada tumbuhan dikotil yang biasa ditemukan pada hasil stek ataupun cangkok. Jenis akar ini memiliki banyak akar kecilnya, sangat ramping berukuran sama dan biasanya bentuk akar ini seperti benang-benang.

Baca Juga:  √ Pengertian Gerak Taksis dan Macamnya Pada Tumbuhan (Lengkap)

Akar Tunggang

Akar jenis ini pada umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil. Seperti pada tumbuhan wortel dan bentuk umbi-umbian. Akar jenis ini memiliki akar yang besar dengan beberapa cabang & ranting akar.

Jenis akar lainnya yakni akar adventif antara lain:

Akar Gantung

Jenis akar ini tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuhnya ke arah tanah. Sehingga akar tersebut terlihat menggantung di udara. Fungsi dari akar gantung ini yaitu menyerap uap air & gas dari udara. Akan tetapi, jika akar tumbuh sampai ke tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi menyerap air dan garam-garam mineral. Contoh tumbuhan yang berakar gantung ini ialah pohon beringin.

Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Jenis-Jenis Akar

Akar Napas

Yakni akar yang tumbuh keluar dari batang bagian bawahnya. Akar jenis ini sebagian ada yang muncul di atas permukaan tanah dan sebagian lainnya terdapat di dalam tanah. Akar ini memang terlihat menopang tegak dan kokohnya batang. Memiliki banyak ruang dan celah sebagai tempat masuknya udara. Sehingga fungsi dari akar jenis ini yaitu untuk bernafas atau respirasi. Contoh  tumbuhan ini seperti pandan & bakau.

Akar Pelekat

Jenis akar ini tumbuh di sepanjang batang tumbuh-tumbuhan. Yang fungsinya untuk melekatkan batang pada tembok atau pada tumbuhan lainnya. Contohnya tumbuhan sirih.

Nah itulah sedikit pembahasan dan ulasan tentang Fungsi Akar Pada Tumbuhan Dan Jenis-Jenis Akar Lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian terimakasih.

√ 6 Fungsi Akar Pada Tumbuhan dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)
5 (100%) 18 votes