√ Amalan Yang Paling Allah Cintai Di Dunia (Pembahasan Lengkap)

Amalan Yang Paling Allah Cintai Di Dunia (Pembahasan Lengkap) – Sungguh teramat banyak amalan-amalan yang sangat Allah cintai dan paling disukai oleh Allah. Namun ada beberapa hal yang sangat Allah cintai yakni sholat tepat pada waktunya, berbakti pada kedua orangtua (birrul walidain), dan jihad di jalan Allah. Seperti dalam kitab Shahih Bukhari yang berasal dari Abdullah bin Mas’ud tentang ketiga amalan tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya.

Amalan Yang Paling Allah Cintai Di Dunia (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas apa saja amalan yang paling Allah cintai di dunia ini.

Amalan Yang Paling Allah Cintai

Berikut adalah beberapa amalan yang paling Allah SWT cintai, dan semoga kita dapat senantiasa selalu mengamalkannya, berikut ulasannya;

Sholat tepat waktu

Sholat merupakan amalan yang pertama kali di hisab oleh Allah SWT. Oleh karenanya sholat merupakan tiang agama. Jika sholat yang dilakukan saja bolong-bolong, bagaimana dengan agamanya? pasti tidak kokoh tegap layaknya sebuah bangunan. Orang yang melakukan sholat tepat waktu akan Allah berikan balasan yang setimpal, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Jadi, jangan sia-siakan ibadah wajib yang satu ini.

Sahabat seputarpengetahuan.co.id, bagi yang beragama Islam, hendaknya jangan pernah berhenti untuk belajar dan terus belajar untuk memahami dan memperdalam ilmu agama. Apalagi tentang sholat yang merupakan kewajiban bagi orang muslim, takutlah ketika kita melewatkan waktu sholat dengan tenang dan disengaja, Allah pun telah memberikan rukhsah kepada kita jika ada udzur untuk melewatkan waktu sholat tiba seperti ketiduran, diperjalanan, dan lain sebagainya. Banyak sekali keistimewaan sholat, yang salah satunya dapat mendekatkan diri kita pada sang pencipta alam semesta.

Baca Juga:  Syarat Ibadah Haji, Rukun dan Wajib Haji

Berbakti kepada Orang tua

Orang tua merupakan orang yang mengantar kita terlahir ke dunia dan yang membesarkan serta mendidik kita hingga kita dewasa. Dimata anak, orang tua memiliki arti yang berbeda-beda dan tidak semua anak menomorsatukan orang tuanya. Dan ridho Allah berada pada ridhonya orang tua dan murkanya Allah ada pada murkanya orang tua. Maka berbaktilah kepada keduanya, jangan menyakiti hatinya dan raihlah surga yang ada dibawah kaki seorang ibu. Dalam arti bahwa keridhoannya sangat dibutuhkan seorang anak agar selamat dunia akhirat.

Untuk orang tua yang tidak memiliki karakter kuat sebagai orang tua, yang tidak mampu menjaga amanahnya sebagai orang tua dalam mendidik anak-anaknya, membekali ilmu agama untuk anak-anaknya, cukup bagi kita untuk selalu mendoakannya dan tetap tunduk dan taat pada perintahnya kecuali perintah yang buruk atau ma’siat. Jangan durhaka pada mereka dan rendahkanlah diri kita pada mereka. Sebelum terlambat, sayangi dan terus cintai mereka selagi mereka hidup, mintalah doa tulus dari keduanya dengan ikhlas, dan bagi yang telah tiada, kirimlah doa untuk keduanya agar senantiasa dilapangkan kuburnya dan dijauhkan dari segala siksa kubur. Aamiin.

Berjihad di jalan Allah SWT

Allah berfirman dalam QS. Al-Hajj: 78 yang artinya “Dan berjihadlah kamu padadi jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya”.

Orang yang berjihad di jalan Allah adah mujahid. Mereka yang yang berkorban jiwa, raga, tenaga, pikiran dan seluruh kemampuannya untuk memerangi orang-orang kafir, kejahatan, zionis, hawa nafsu tanpa mengenal putus asa dan tanpa pamrih. Jihad berasal dari kata “jaahada” yang berarti juhd  (kesulitan) atau jahd (kemampuan atau tenaga). Jadi jihad adalah mengerahkan segala tenaga dan kemampuannya baik beruupa perkataan ataupun perbuatan.

Baca Juga:  Do'a Sesudah Makan : Arti dan Maknanya

Amalan Yang Paling Allah Cintai

Berjihad sama seperti berperang di jalan Allah. Jihad tidak hanya berperang melawan manusia saja, tapi jihad yang paling berat adalah jihad dalam melawan hawa nafsu.
Para ulama dari madzhabul arba’ah sepakat bahwa makna jihadd dimaknai sesuai dengan hakikatnya, karena dalam Al-Qur’an ditemukan juga bahwa jihaad berarti “bersungguh-sungguh“. Jihad dalam menuntut ilmu, berarti bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu.

Nah itulah sedikit pemaparan mengenai Amalan Yang Paling Allah Cintai Di Dunia (Pembahasan Lengkap), dan masih banyak amalan-amalan lain, semoga di lain waktu bisa ditambahkan lagi. Semoga dapat memberikan manfaat dan kita semua senantiasa selalu menjaga amalan-amalan tersebut. Sekian terimakasih.