√ 9 Keutamaan Hari Jum’at Dalam Islam

9 Keutamaan Hari Jum’at Dalam Islam – Hari jumat merupakan hari raya pada setiap pekan bagi umat Islam. Memang semua hari dalam islam tidak ada yang tidak baik, semuanya baik. namun, ada yang lebih baik dari hari-hari lain. Banyak kebiasaan dalam kehidupan sahari-hari kita seperti kebiasaan yasinan setiap malam jum’at, pengajian di hari jum’at, kirim doa pada hari jumat, memperbanyak sholawat, menyegerakan pergi ke masjid dan lain sebagainya. Tentu hal semacam itu tidak terlepas dari kebiasaan yang dilakukan oleh para sahabat nabi dan juga para ulama tabi’in tabi’at.

Akan tetapi, sekarang banyak bermunculan berbagai pendapat, melakukan dzikir bid’ah, yasinan bid’ah, berdoa untuk ahli kubur bid’ah, berdoa berjamaah bid’ah, semuanya serba bid’ah.  Next time kita akan bahas lebih dalam tentang bid’ah, karena bid’ah ada yang dholalah dan juga ada bid’ah hasanah. Langsung saja yuk kita lihat beberapa keutamaan-keutamaan hari jumat.

9 Keutamaan Hari Jum’at Dalam Islam

Mari kita bahas apa saja keutamaan hari jumat menurut Islam dengan lengkap.

Keutamaan Hari Jum’at

Berikuta keutaman-keutamannya.

1. Hari raya umat Islam dalam setiap pekan

Seperti dikatakan dalam sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra:

1

Artinya: Wahai kaum muslimin, sesungguhnya hari ini adalah hari yang dijadikan oleh Allah SWT sebagai hari raya bagi kalian. (HR. Ath-Thabarani dalam al-Mu’jamash-Shaghir).

2. Waktu yang tepat untuk berdoa dan mustajab

Rasulullah bersabda:

2

Artinya: Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri shalat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya. (HR. al-Bukhari no. 935).

Jadi, jangan lewatkan untuk tetap selalu berdoa pada hari jumat terutama ketika ashar atau menjelang maghrib.

3. Terjadinya hari kiamat

Tidak ada yang tahu kapan hari kiamat itu tiba, namun Allah telah memberi tanda-tanda hari kiamat akan datang dan salah satunya diberitahukan bahwa kiamat akan terjadi pada hari jum’at. Seperti dalam sabda Rasululullah SAW.

3

Artinya: Sebaik-baik hari yang terbit matahari pada waktu itu adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkannya ke dalam surga, dan dikeluarkan dari surga. Tidak akan terjadi kiamat selain pada hari Jum’at. (HR. Muslim dari Abu Hurairah Ra).

4. Neraka Jahannam terbebas dari kobaran api

Sesungguhnya api neraka itu selalu dinyalakan dan dikobarkan setiap harinya kecuali pada hari juma’at. Maka begitu sangat mulia dan utamanya hari jumat bagi kita umat Islam.

5. Orang yang wafat pada hari Jum’at / malam Jum’at akan terhindar dari fitnah kubur

InsyaAllah wafat pada hari yang mulia ini akan dihindarkan dari siksa atau azab kubur. Rasulullah bersabda:

4

Artinya: Tiada seorang muslim yang mati pada hari Jum’at atau malamnya kecuali Allah SWT akan menghindarkannya dari fitnah kubur. (HR. Ahmad dari Abdullah bin ‘Amr ra).

6. Haramnya puasa jika dikhususkan pada hari Jum’at

Maksudnya ialah, apabila puasa dilakukan sendiri pada hari jumat tanpa didahului atau diikuti puasa sehari sebelum atau sesudahnya, maka  hukum puasanya itu haram.

7. Pahala untuk jalannya orang yang sholat Jum’at

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

Siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapatkan pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah”. (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

Maka berlomba-lombalah dalam kebaikan apalagi dalam meraih ridho Allah SWT. Setiap langkah orang yang hendak melakukan sholat Jum’atpun terhitung pahala yang setara dengan pahala ibadah sholat & puasa selama satu tahun. Oleh karenanya jangan malas-malas dan tidak menyegerakan untuk pergi ke masjid. Melakukan sholat Jum’at bagi kaum laki-laki hukumnya wajib. Dan apabila sholat jum’at ditinggalkan sebanyak tiga kali berturut-turut tanpa halangan maka ia dianggap Munafik.

9 Keutamaan Hari Jum'at Dalam Islam

8. Penghapus dosa

Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah bersabda: sholat lima waktu, jumat hingga jum’at berikutnya, dan ramadhan hingga ramadhan berikutnya adalah penghapus dosa diantara keduanya, asalkan dosa-dosa besar ditinggalkan.

Sholat lima waktu dilaksanakan untuk mengahpus dosa-dosa kecil yang telah dilakukan. Memang terlihat cukup sholat 5 waktu untuk menghapus dosa-dosa yang ringan, dengan catatan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Namun kadangkala manusia suka terlena, tidak khusu’, tidak tuma’ninah, bahkan gerakan yang terburu-buru sehingga tidak sempurna sholatnya. Tetapi Allah masih memberi kesempatan yaitu dengan hari yang mulia yakni hari jumat.

9. Memperbanyak Sholawat

Dari Annas bin Malik Ra, Rasulullah SAW bersabda: Perbanyaklah sholawat kepadaku pada hari & malam jum’at, karena barang siapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali”. (H.R. Al-baihaqi (3/249) ).

Nah itulah beberapa keutamaan hari jum’at, yang biasa kita sebut dengan hari yang barokah. Karena banyak sekali keutamaan lain yang belum disebutkan dalam pembahasan ini. Semoga artikel tentang 9 Keutamaan Hari Jum’at Dalam Islam, dapat bermanfaat bagi kita semua wabil khusus kaum muslim diseluruh dunia. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga:  √ 3 Amalan Yang Tidak Pernah Putus Dan Penjelasannya (Lengkap)