33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pembahasan kali ini akan membahas tentang sebuah wadah yang didalamnya terdapat beberapa orang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Mungkin para pembaca sudah pernah tergabung dalam sebuah organisasi, misalnya organisasi yang ada di sekolah seperti OSIS yang bekerja sama untuk melakukan dan mengerahkan seluruh kegiatan siswa, organisasi parpol dan organisasi-organisasi lainnya di masyarakat. Untuk penjelasan organisasi itu sendiri, ada beberapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang organisasi. Berikut ini penjelasannya.

33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian organisasi terlebih dahulu.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pendapat dari para ahli yang menjelaskan tentang pengertian organisasi, diantaranya yaitu:

1. W.J.S. Poerwadarminta

Ia berpendapat bahwa rganisasi yaitu suatu susunan serta aturan yang asalnya dari berbagai bagian (orang atau kelompok) sehingga hal ini menjadi satu kesatuan secara teratur dan tertata.

2. Janu Murdiyamoko & Citra Handayani

Mereka berpendapat bahwa Organisasi yaitu sebuah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif secara tegas, dan progja jelas, prosedur serta cara kerja, yang daftar anggota secara terperinci.

3. Max Weber

Menurut pendapat dari Max Waber bahwa Organisasi yaitu suatu kerangka yang terstruktur serta di dalamnya ini berisi wewenang, tanggung jawab serta pembagian kerja dalam menjalankan masing-masing fungsi tertentu.

4. Dahlan Al Barry

Beliau menyatakan bawhwa Organisasi yaitu pengaturan serta penyusunan pada bagian-bagian tertentu hingga menjadi satu kesatuan, aturan serta susunan dari berbagai bagian yang mana dalam hal ini menjadi satu kesatuan yang teratur dan juga gabungan kerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.

5. Chester I. Bernard

Ia menjelaskan bawha Organisasi yaitu suatu sistem kegiatan kerja sama yang mana dilakukan oleh dua orang maupun lebih dalam melaksanakan suatu aktivitas yang mana didalamnya ini membutuhkan komunikasi dengan pencapaian tujuan bersama. Ia menekankan bawha peranan disetiap orang anggotanya ini harus diberikan informasi serta motivasi dan juga sebagian sebagian anggota lainnya yang mana harus membuat keputusan.

6. Richard Scott

Menurt pendapat dari Richard Scott yaitu suatu kolektivitas yang disengaja serta dibentuk dengan mencapai suatu tujuan tertentu yang mana berdasarkan atas asas kelangsungan.

7. Stephen P. Robbinss

Ia menyatakaj bahwa Organisasi yaitu suatu kesatuan sosial yang mana dikoordinasikan dalam batasan-batasan yang relatif bisa  diidentifikasi serta bekerja terus menerus agar dapat mencapai tujuan bersama.

8. Stoner

Menurut pendapat dari Stoner bahw Organisasi yaitu suatu pola hubungan yang mana melalui orang maupun sekelompok orang di bawah pengarahan manajer dalam mengejar tujuan bersama.

9. Victor A. Thompson

Ia menjelaskan bahwa Organisasi yaitu suatu integrasi dari sejumlah orang ahli dengan bekerja sama yang sangat rasional serta impersonal dalam mencapai tujuan – tujuan yang spesifik yang sudah disepakati sebelumnya.

10. James D. Mooney

Ia menyatakan pendapatnya bahwa Organisasi yaitu suatu bentuk perserikatan orang maupun dari sekelompok manusia dalam mencapai tujuan bersama yang sebelumnya telah di sepakati.

11. Kochler

Disini kochler berpendapat bahwa Organisasi yaiut suatu sistem yang terstruktur serta mengkoordinasikan usaha tertentu dari suatu kelompok orang dalam mencapai suatu tujuan.

12. Schein

Menurut pendapat dari Schein bahwa Organisasi yaitu bentuk koordinasi dalam segala aktivitas yang rasional dari sejumlah orang dalam mencapai tujuan yang mana melalui pembagian untuk pekerjaan dan fungsi hirarki otoritas dan juga tanggungjawab masing-masing anggota.

13. Rosenweigh

Organisasi adalah:

  • Sistem sosial, yang merupakan orang-orang dalam kelompok
  • Integrasi maupun kesatuan oleh aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama
  • Orang-orang yang berorientasi maupun berpedoman dalam tujuan bersama

14. Matthias Aroef

Disini Matthias Aroef berpendapat bahwa Organisasi terlaksana jika segolongan orang bekerja bersama-sama dalam mencapai tujuannya

15. Pfiffner dan Sherwood

Mereka berpendapat bahwa Organisasi yaitu sebagai pola dari cara-cara yang mana sejumlah orang saling berinteraksi, bertatap muka, secara intim serta terikat pada suatu tugas yang sifatnya rumit, berinteraksi satu dengan lainnya secara sengaja, yang mana memutuskan untuk mencapai tujuan yang sudah diputuskan semula secara teratur.

16. Bakke

Menurut pendapat dari bakke yaitu suatu sistem yang dilakukan secara berkelanjutan dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang memiliki tanggung jawab serta dikoordinasikan, sehingga hal ini membentuk suatu kumpulan tertentu yang mana terdiri atas manusia, material, kapital, gagasan, serta sumber daya alam pada suatu keseluruhan dalam pemecahan masalah.

17. Allen

Menuetu pendapat allen yaitu proses identifikasi serta perwujudan dan juga pengelompokan kerja, yang mana mendefinisikan serta perwakilan wewenang atau tanggung jawab dalam memutuskan komunikasi yang maksudanya untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara positif untuk menuju tujuan yang telah ditetapkan.

18. Ernest Dale

Suatu struktur organisasi harus bisa memuat tentang 5 hal yaitu:

  • Daftar pekerjaan yang mana harus dilakukan agar dapat mencapai tujuan organisasi
  • Membagi jumlah beban kerja pada tugas yang mana disebut juga dengan pembagian kerja (devision of work)
  • Menggabungkan tugas pada keadaan yang logis serta efisien ataumaupun departementalisasi (departmentalization)
  • Menetapkan mekanisme dalam koordinasi
  • Memonitor efektivitas struktur organisasi serta melakukan penyesuaian jika dibutuhkan

19. Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Mereka berpendapat bahwa Organisasi yaitu sekelompok orang yang disusun dalam benyuk kelompok, yang bekerjasama agar dapat mencapai tujuan bersama.

20. Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro

Beliau menyatakan bawha Organisasi yaitu suatu bentuk pembagian kerja serta dalam bentuk tata komunikasi kerja antara sekumpulan orang untuk pemegang posisi yang mana bekerjasama secara tertentu agar dapat mencapai tujuan bersama.

21. Drs. Malayu S.P Hasibuan

Beliau menjelaskan bahw Organisasi yaitu suatu sistem perserikatan formal, berstruktur serta terkoordinasi oleh sekumpulan yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya sebagai alat serta sebagai tempat saja.

22. Prof Dr. Sondang P. Siagian

Beliau menyatakan bahwa Organisasi yaitu setiap wujud persekutuan antara dua orang maupuan lebih yang bekerja bersama secara formal tekait dalam rangka untuk pencapaian suatu tujuan yang sebelumnya sudah ditentukan dalam ikatan sebagai mana adanya seseorang atau beberapa orang yang disebut atasan serta seorang maupum sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

23. Oliver Sheldon (1923)

Beliau menjelaskan bahwa Organisasi yaitu suatu proses penggabungan pekerjaan dari para individu atau kelompok yang mana harus melakukan dengan bakat-bakat yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas-tugas yang sedemikan rupa, memberikan saluran terbaik dalam penggunaa yang efisien, sistematis, positif, serta terkoordinasi dari usaha yang tersedia.

24. Dexter Kimball dan Dexter Kimball, Jr. (1947)

Mereka menjelaskan Organisasi yaitu bantuan bagi manajemen. Ini meliputi kewajiban dalam merancang satuan-satuan organisasi serta pejabat yang harus melaksanakan pekerjaan, untuk memutuskan fungsi mereka serta merinci interaksi yang harus ada di antara satuan-satuan dan orang-orang.

25. J. William Schulze (1949)

Ia berpendapat bahwa Organisasi yaitu suatu penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja serta segala sesuatu yang ada kaitannya, yang mana dikumpulkan pada hubungan yang teratur sertaan efektif dalam mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

26. Harleigh Trecker (1950)

Menurut pendapat dari Harleigh Trecker yaitu suatu proses dalam mengumpulkan atau mengatur kelompok-kelompok yang mana saling berinterkasi oleh instansi agar menjadi suatu keseluruhan yang bekerja.

27. Ralp Currier Davis (1951)

Ia menjelaskan bahwa Organisasi yaitu sesuatu kelompok orang yang mana sedang bekerja ke arah tujuan bersama dengan di bawah kepemimpinan.

28. John M. Pfiffner dan S. Owen Lane (1951)

Menurrut pendapat mereka bahwa Organisasi yaitu suatu proses yang menghimpun pekerjaan dari seseorang atau sekelompok yang harus melakukan dalam kekuasaan yang butuhkan untuk pelaksanaannya, sehingga kewajiban yang dilakukan demikian itu memberikan saluran terbaik untuk penyelenggara usaha dengan efisien, teratur, positif, serta terkoordinasikan.

29. Ernest Dale (1952)

Menurut pendapat ernest dale yaitu sudatu proses perencanaan yang mana berkaitan dalam hal menyusun, mengembangkan serta memelihara suatu struktur maupun motif hubungan kerja dari orang-orang untuk suatu badan usaha.

12 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli Lengkap

30. John D. Millet (1954)

Ia mengemukakan bahwa Organisasi yaitu kerangka yang mana pekerjaan dari banyak orang yang dilasanakan agar dapat mencapai tujuan bersama. sehingga dengan demikian organisasi yaitu suatu sistem tentang penugasan pekerjaan antar sekelompok orang yang mengkhususkan diri pada tahap-tahap khusus pada suatu tugas bersama.

31. John D. Millet (1954)

Ia menjelaskan bahw Organisasi yaitu orang-orang yang bekerja sama, yang mengandung ciri-ciri terhadap hubungan manusia yang terlihat dari aktivitas kelompok.

32. John Price Jones (1955)

Ia menjelaskan bawha Organisasi sudah digambarkan yang mana sebagai sudatu sistem. Organisasi Yaitu struktur serta peralatan yang mana tersusun atas orang-orang dan benda-benda yang suatu usaha berencana yang teratur dijalankan.

33. Wikipedia

Dikutip dari Wikipedia yang menjelaskan bawha Organisasi yaitu sekelompok orang pada suatu wadah dalam tujuan bersama.

Sehingga, disini bisa kita simpulkan bahwa organisasi yaitu sekumpulan beberapa orang yang mana bekerjasama dalam sportif serta tanggung jawab yang dilakukan secara sadar dalam mencapaikan suatu tujuan yang diinginkan. Terdapat pula salah satu contoh dari organisasi yang ada di sekolah yaitu OSIS, di perguruan tinggi bisa kita temukan seperti organisasi HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), HIQMA (Himpunan Qori’ Qoriah Mahasiswa), diluar sekolah yaitu seperti organisasi ASEAN, PBB, FKUB, NU, Muhamadiyah, FPI, dls.

Cukup sekian penjelasan tentang 33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat memberikan pemahaman lebih luas dan bermanfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi