Pengertian Ibadah Dalam Islam

Pengertian Ibadah Dalam Islam – Sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa pada Allah SWT, tentu tidak akan pernah terlepas dari ibadah. Selalu banyak kesempatan kita untuk melakukan ibadah kepada Allah dalam keadaan apapun, dimanapun dan kapanpun kita mau melakukan pasti banyak kesempatan.

Baik itu ibadah secara langsung kepada Allah seperti sholat, puasa, zakat, naik haji, maupun kepada sesama umat manusia yang didalamnya berkaitan dengan masalah tolong menolong, muamalah, menepati janji, berkata jujur, berbuat baik pada kedua orang tua, dan lain sebagainya.

Pengertian Ibadah Dalam Islam

Pada kesempatan kali ini, seputarpengetahuan.co.id akan menjelaskan tentang arti ibadah itu sendiri baik secara bahasa maupun istilah. Berikut ini penjelasannnya.

Pengertian Ibadah

Ibadah secara bahasa adalah tunduk atau merendahkan diri. Sedangkan secara istilah atau syara’, ibadah merupakan suatu ketaatan yang dilakukan dan dilaksanakan sesuai perintah-Nya, merendahkan diri kepada Allah SWT dengan kecintaan yang sangat tinggi dan mencakup atas segala apa yang Allah ridhai baik yang berupa ucapan atau perkataan maupun perbuatan yang dhahir ataupun bathin. Adapun ibadah terbagi tiga yaitu ibadah hati, ibadah lisan dan ibadah anggota badan atau perbuatan.

Ibadah hati (qalbiah) antara lain: memiliki rasa takut, rasa cinta (mahabbah), mengharap (raja’), senang (raghbah), ikhlas, tawakkal.

Ibadah lisan & hati (lisaniyah wa qalbiyah) antara lain: dzikir, tasbih, tahlil, tahmid, takbir, syukur, berdoa, membaca ayat Al-qur’an.

Ibadah perbuatan fisik dan hati (badaniyah wa qalbiyah) antara lain: sholat, zakat, haji, berjihad, berpuasa.

Masih banyak contoh-contoh lain dari jenis-jenis ibadah. Dalam mengetahui apakah ibadah yang dilakukan diridhai atau dicintai Allah dapat kita ketahui melalui perintahnya yang telah tertuang dalam kitab suci Al-Qur’an dan Hadits Nabi, segala tindakan yang dilakukan karena ibadah mengandung kebaikan bagi orang lain. Syarat ibadah dengan benar yakni ikhlas dan ittiba’ sesuai dengan ajaran dan tuntunan Rasulullah SAW.

Pengertian Ibadah Dalam Islam Terlengkap

Jadi jelaslah bahwa ibadah merupakan satu kata yang mencakup segala hal yang dicintai oleh Allah SWT dan diridhai-Nya, baik itu perkataan ataupun perbuatan, perkara dhahir ataupun batin.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Pengertian Ibadah Dalam Islam, semoga ibadah kita semua diterima dan selalu tebarkan nilai-nilai positif dalam hidup agar senantiasa hidup terasa indah dan damai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, next time bisa kita lanjutkan lagi. Sekian terimakasih 🙂