√ 19 Pengertian Musik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

19 Pengertian Musik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Ada yang pernah sakit hati? Gelisah Galau Merana (gegana), pasti anda tidak asing dengan lirik dibawah ini:

Sakitnya tuh di sini Di dalam hatiku
Sakitnya tuh di sini Melihat kau selingkuh
Sakitnya tuh di sini Pas kena hatiku
Sakitnya tuh di sini Kau menduakan aku

Teganya hatimu
Permainkan cintaku
Sadisnya caramu
Mengkhianati aku
Sakitnya hatiku
Hancurnya jiwaku
Di depan mataku
Kau sedang bercumbu

Ya, lirik tersebut milik pedangdut cantik Cita Citata yang berjudul Sakitnya Tuh Disini, tidak hanya itu, dia juga mempunyai single yang tidak kalah hits nya dengan single pertamanya tersebut yaitu Goyang Dumang. Dan tidak hanya Cita Citata saja yang mempunyai lagu, masih banyak penyanyi lain yang musiknya bisa kita nikmati setiap harinya.

19 Pengertian Musik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Nah berbicara mengenai musik, disini akan kita bahas apa itu musik. Musik merupakan segala sesuatu hal yang berhubungan dengan bunyi & memiliki berbagai unsur irama, seuntai melodi & harmoni yang dapat membentuk sesuatu yang indah dan bisa dinikmati oleh seseorang lewat indera pendengarannya.

Musik bisa tercipta dari berbagai alat musik yang dipadu menjadi sebuah lagu nan indah dan merdu, alat musik yang biasa digunakan antara lain adalah gitar, keyboard, drum, gendang, seruling dan lain-lain.

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari musik menurut ahlinya.

1. Banoe

Menurut Banoe, kata musik diekstrak dari kata muse yakni merupakan salah satu dewa dalam mitologi yang berasal dari Yunani kuno bagi cabang ilmu & seni; dewa ilmu pengetahuan & seni. Selain itu, ia berpendapat musik adalah suatu cabang seni yang membahas & menetapkan bermacam-macam suara ke dalam berbagai pola yang dapat dipahami dan dimengerti oleh manusia.

Baca Juga:  √ Pengertian Hotel Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

2. Jamalus

Menurut Jamalus, musik merupakan hasil karya seni yang berupa bunyi yang dibentuk menjadi sebuah lagu atau suatu komposisi yang mengungkapkan isi pikiran & perasaan yang menciptakannya lewat berbagai unsur pokok musik yakni harmoni, melodi, irama dan bentuk / struktur lagu serta bentuk ekspresi sebagai suatu kesatuan.

3. Sylado

Menurut Sylado, mengemukakan bahwa musik ialah waktu yang memang pada dasarnya untuk didengar. Musik ialah wujud waktu yang hidup, yang juga merupakan sekumpulan ilusi & alunan suara. Sebuah alunan musik yang isinya serangkaian nada yang mempunyai jiwa yang mampu mengguga ataupun menggerakkan hati yang mendengarkannya.

4. Sunarto

Menurutnya, Musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselarasan yang indah.

5. Lexicographer

Menurutnya, Musik adalah kombinasi nada, vokal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

6. David Ewen

Menurutnya, Musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.

7. Adjie Esa Poetra

Menurutnya, Musik adalah kesenian yang bersumber dari bunyi. Ada empat unsur dalam musik yaitu dinamik (kuat lemahnya bunyi), nada (bunyi yang teratur), unsur waktu (panjang pendek suatu bunyi yang ditentukan dari hitungan atau ketukan nada), dan timbre (warna suara).

8. Suhastjarja

Menurutnya, Musik adalah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran bulat dalam wujud nada dan bunyi yang mengandung ritme dan harmoni serta mempunyai bentuk dalam ruang waktu yang dikenal di masyarakat.

9. Rina

Menurutnya, Musik adalah salah satu cabang kesenian yang pengungkapannya dilakukan melalui suara atau bunyi-bunyian.

Baca Juga:  √ Pengertian Transportasi, Fungsi dan Manfaatnya (Bahas Lengkap)

10. Soeharto

Menurutnya, Musik adalah ungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa sifat dan warna bunyi.

11. Reed dan Sidnell
Menurut mereka, Musik adalah suatu cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, serta timbre.

12. Ade Prianto Nugroho

Menurutnya, Musik adalah seni yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk suara dan tanpa kita sadari suara-suara itu memiliki peran dalam membentuk pribadi kita.

13. Merriam

Menurutnya, Musik adalah suatu lambang dari hal-hal yang berkaitan dengan ide dan perilaku masyarakat.

14. Schopenhauer

Menurutnya, Musik adalah melodi yang syairnya adalah alam semesta.

15. KBBI

Menurut KBBI, Musik adalah Ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi(suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

16. Irwan Edman

Musik adalah urutan bunyi-bunyian yang logis tetapi bukan logika dari suatu argumentasi. Musik adalah suatu himpunan teratur dari vitalitas, suatu impian di mana bunyi-bunyian bersatu padu dan mengkristalisasi.

Pengertian Musik Menurut Para Ahli Akurat

17. Alferd Aurbach

Musik adalah bahasa dunia, ia tidak perlu diterjemahkan, dalam musik berbicara dari jiwa kepada jiwa

18. Aristoteles

Musik adalah curhatan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama.

19. Wikipedia

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama [1] Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

Itulah sedikit ulasan mengenai 19 Pengertian Musik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) yang bisa kita pahami, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai musik dan semakin mencintai musik dalam negeri. Terimakasih.