5 Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

5 Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Setelah kita ketahui tentang pengertian lembaga pendidikan, dan lembaga sosial pada artikel sebelumnya, selanjutnya kita akan bahas tentang pengertian dari lembaga keuangan. Lembaga keuangan merupakan suatu institusi atau badan usaha yang bergerak dalam bidang keuangan untuk menyalurkan dana atau menyediakan jasa bagi para nasabah dan berfungsi sebagai penghimpun dana para nasabah.

5 Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Dalam lembaga keuangan ini akan diberikan kredit kepada nasabah dan menanamkan dananya kedalam surat-surat berharga. Juga menawarkan berbagai macam jasa keuangan seperti: menawarkan jenis tabungan, program pension, proteksi asuransi, mekanisme transfer dana, tatacara pembayaran, dls. Lembaga keuangan ini merupakan salah satu bagian dari ekonomi modern yang berfungsi melayani masyarakat dengan menggunakan jasa keuangan.

Disini akan dijelaskan secara lebih spesifik mengenai pengertian dari lembaga keuangan yang dikemukakan oleh para ahli.

Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli

Dibawah ini ada beberapa pengertian lembaga keuangan menurut para ahli dan sumber terpercaya, mari kita simak:

1. Keputusan SK Menkeu RI no.792 tahun 1990

Keputusan SK Menkeu RI no.792 tahun 1990: Bahwa lembaga keuangan ialah seluruh badan usaha yang bergerak dibidang keuangan dimana hal yang dilakukan adalah menghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyarakat atau nasabah terutama untuk biaya investasi pembangunan.

2. Pasal 1 UU no.14 tahun 1967

Pasal 1 UU no.14 tahun 1967 yang telah terganti dengan UU no.7 tahun 1992: Menyatakan bahwa perbankan di negara Indonesia yaitu lembaga keuangan merupakan suatu badan yang kegiatannya menarik hasil-hasil dana dari nasabah atau masyarakat yang kemudian disalurkan kembali pada masyarakat.

3. Ahmad Rodoni

Ahmad Rodoni: Menjelaskan bahwa lembaga keuangan ialah salah satu badan usaha dimana kekayaannya berbentuk aset keuangan (financial assets) maupun (non-financial assets).

4. Dahlan Siamat

Dahlan Siamat: Menurutnya lembaga keuangan ialah badan usaha yang kekayaannya itu dalam bentuk aset keuangan dibanding aset non-finansial atau riil. Dimana lembaga keuangan sudah memberikan kredit atau pembiayaan terhadap nasabah dan menanamkan dananya pada surat yang berharga.

Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli

5. Kasmir

Kasmir: Lembaga keuangan merupakan wadah setiap perusahaan yang bergerak dibidang keuangan dimana kegiatan yang dilakukan bisa hanya menghimpun dana saja atau hanya menyalurkan atau mungkin bisa kedua-duanya.

Di negara kita Indonesia ini, lembaga keuangannya terbagi kedalam dua kelompok yakni lembaga keuangan bank dan bukan bank. Contoh lembaga keuangan bank seperti bank sentral, bank umum dan BPR. Sedangkan yang bukan bank contohnya pasar uang dan valas, leasing, koprasi simpan pinjam, penggadaian, dana pensiunan, pasar modal, dls. Namun keduanya sama-sama berperan sebagai perantara keuangan antara ultimate lenders (surplus unit) & ultimate borrower ( defisit unit)

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai 5 Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih 🙂

Daftar Isi