√ Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Cirinya (Terlengkap)

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Cirinya (Terlengkap) – Disini akan membahas mengenai apa itu Inovasi, pasti kita sudah sering mendengar kata inovasi tersebut. Inovasi ialah sesuatu yang baru diciptakan dan berbeda dari yang sebelumnya.

Jika kita seorang wirausahawan atau seorang pengusaha, kita harus mempunyai inovasi yang tinggi. Karena pada umumnya manusia cenderung lebih menyukai perbedaan, maka kita harus selalu menciptakan hal-hal yang berbeda dari umumnya.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Cirinya (Terlengkap)

Untuk menjadi orang yang inovatif tidaklah sulit, kita hanya perlu membuka diri untuk hal-hal yang baru dan mulai mencerna dan mempelajarinya.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Berikut pengertian inovasi menurut para ahli:

1. Everett M. Rogers

Everett M. Rogers, beliau mengemukakan inovasi adalah sebuah gagasan, ide, rencana, praktek atau benda yang diterima dan disadari sebagai sebuah hal yang baru dari seseorang atau kelompok untuk di implementasikan atau diadopsi.

2. Stephen Robbins

Stephen Robbins, didefinisikan oleh beliau inovasi sebagai sebuah gagasan atau ide baru yang diterapkan untuk memperbaiki suatu produk dan jasa.Dari pengertiannya tersebut Stephen Robbins mempunyai tiga hal yang di fokuskannya:

  • Gagasan atau ide baru yaitu pengolahan pola pikir dalam mengamati fenomena yang sedang terjadi dalam segala bidang termasuk bidang pendidikan, gagasan atau ide baru ini bisa berupa suatu penemuan dari sebuah gagasan pemikiran, ide, sampai dengan kemungkinan gagasan yang mengkristal.
  • Produk & jasa merupakan hasil dari langkah lanjutan adanya gagasan atau ide baru yang di follow up dengan segala kegiatan, kajian, percobaan dan penelitian sehingga dapat melahirkan konsep yang konkret dalam bentuk produk & jasa yang siap di implementasikan dan dikembangkan termasuk dibidang pendidikan.
  • Upaya perbaikan ialah usaha yang sistematis untuk melakukan perbaikan dan melakukan penyempurnaan secara bertahap dan terus menerus agar hasil inovasi itu dapat terasa manfaatnya.
Baca Juga:  Surat Penawaran Barang : Pengertian, Cara Penyusunan, Format dan Contohnya

Pengertian Dan 4 Ciri Inovasi Menurut Para Ahli Lengkap

4 Ciri Inovasi

Inovasi mempunyai 4 ciri, berikut penjelasannya:

  1. Mempunyai ciri khas artinya sebuah inovasi mempunyai ciri yang khas dalam setiap aspeknya, entah itu program, ide atau gagasan, tatanan, sistem dan kemungkinan hasil yang baik sesuai yg diharapkan.
  2. Mempunyai ciri atau unsur kebaruan, artinya adalah suatu inovasi harus mempunyai sebuah karakteristik sebagai suatu karya dan buah pemikiran yang mempunyai ke originalan & kebaruan.
  3. Program inovasi dilakukan lewat program yang terencana, artinya bahwa sebuah inovasi dilakukan lewat bentuk proses yang tidak tergesa-gesa, tapi dipersiapkan dengan matang, jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
  4. Sebuah Inovasi yang diluncurkan mempunyai tujuan, suatu program inovasi yang dilakukan harus mempunyai arah kemana tujuannya dan target yang ingin dicapai.

Itulan pembahasan mengenai Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Cirinya (Terlengkap), sangat cocok untuk yang ingin menjalani sebuah usaha agar usaha berbeda dari yang lain. Semoga bermanfaat dan terimakasih.