√ 4 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap)

4 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap) – Dalam segala aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan pasti akan selalu menghadapi beragam masalah, baik ekstern maupun intern. Dalam mengatasi bermacam-macam masalah tersebut, tentu dibutuhkan pengelolaan dan pelaporan yang memadai agar tidak terjadi penyelewengan maupun pemborosan dalam hal produksi.

4 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Setiap perusahaan pasti membutuhkan akuntansi manajemen, yang merupakan jaringan penghubung dalam menyajikan segala informasi yang bermanfaat dan bisa membantu pimpinan perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa pengertian akuntansi manajemen berikut ini.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen merupakan suatu bidang akuntansi yang bertujuan untuk menyajikan segala bentuk laporan sebagai satuan usaha dalam kepentingan pihak internal dalam melaksanakan proses manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan & pengendalian.

Akuntansi manajemen merupakan salah satu akuntansi yang tujuannya menghasilkan segala informasi keuangan untuk kepentingan pihak intern perusahaan atau manajemen dalam upaya mencapai tujuan sebuah perusahaan.

Akuntansi manajemen merupakan proses pengidentifikasian, mengukur & melaporkan segala informasi keuangan yang memungkinkan adanya penilaian, keputusan yang tegas bagi manajemen perusahaan yang menggunakan informasi tersebut dimana titik pusatnya untuk pihak-pihak yang ada didalam perusahaan tersebut.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Adapun pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli dibidangnya yaitu antara lain:

1. Mulyadi (2001:2)

Akuntansi manajemen merupakan suatu informasi keuangan yang dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen yang digunakan terutama oleh pengguna intern suatu organisasi.

Baca Juga:  √ 32 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

2. Halim dan Supomo (2000:3)

Akuntansi manajemen merupakan kegiatan atau proses yang menghasilkan informasi dalam bentuk keuangan bagi manajemen untuk pengambilan sebuah keputusan ekonomi dalam menjalankan fungsi manajemen.

3. Charles T. Homgren (1993:4)

Akuntansi manajemen merupakan sebuah proses identifikasi, penyiapan, pengukuran, akumulasi, analisa dan penafsiran serta komunikasi mengenai informasi yang dapat membantu eksekutif dalam memenuhi tujuan perusahaan.

4. RA Supriyono (1993:8)

Beliau mengutip dari Management Accounting Practices (MAP) komite yang dibentuk oleh National Association of Accountants (NAA) bahwa akuntansi manajemen ialah suatu proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan data, analisis, penyiapan, dan komunikasi informasi finansial yang digunakan manajemen untuk sebuah perencanaan, evaluasi, pengendalian dalam suatu organisasi atau peusahaan, serta menjamin ketepatan penggunaan sumber dan pertanggungjawaban atas segala sumber tersebut. Dalam akuntansi manajemen juga terdiri dari penyiapan laporan finansial untuk kelompok-kelompok non manajemen seperti para kreditur, pemegang saham, penguasa perpajakan dan lembaga-lembaga lain.

Adapun yang dimaksud dengan akuntansi manajemen sebagai suatu sistem pengolahan informasi keuangan ialah suatu proses pengolahan informasi untuk memenuhi semua kebutuhan manajemen dalam menjalankan fungsi dari sebuah perencanaan, pengkoordinasian dan juga pengendalian perusahaan atau organisasi.

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Sedangkan yang dimaksud dengan akuntansi manajemen sebagai tipe informasi ialah merupakan penggambaran sebuah informasi yang dihasilkan dari pengolahan informasi keuangan. Dimana informasi marupakan fakta, data pengamatan, persepsi atau sesuatu yang lain yang menambah pengetahuan yang dibutuhkan manusia untuk mengurangi keraguan dalam mengambil sebuah keputusan.

Demikian pembahasan kali ini tentang 4 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap), semoga bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂