Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit – Sejak dulu tanaman lidah buaya ini sangat digemari oleh setiap orang, selain untuk tanaman hias, lidah buaya ini banyak memiliki kandungan yang tak terhingga untuk kesehatan tubuh, merawat kulit, terutama untuk menjaga kekilauan rambut.

Dalam bahasa ilmiahnya sering kita dengar dengan sebutan “aloe vera“. Terdapat berbagai kandungan senyawa biologis aktif didalam daun lidah buaya ini, bentuknya seperti daun memanjang dan penuh dengan daging yang lembut.Alasan tanaman ini banyak digunakan dan dimanfaatkan karena didalamnya ada sekitar 75 jenis zat dan 200 senyawa lain yang sangat berguna baik dalam penggunaan kosmetik ataupun obat-obat herbal.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Pada pembahasan artikel kali ini, saya akan mengenalkan sedikit tentang tanaman lidah buaya dan yang pasti manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.

Manfaat Lidah Buaya

Membahas tentang manfaat atau khasiatnya, sangat banyak dan beraneka ragam. Untuk itu beberapa diantaranya harus kita ketahui agar bisa kita gunakan dan manfaatkan jika tanaman tersebut ada disekitar kita dan jika perlu bisa dibudidayakan. Adapun manfaatnya antara lain:

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Tubuh, Perawatan dan Kecantikan

1. Untuk melancarkan pencernaan

Sudah sangat lama tanaman ini digunakan untuk membantu melancarkan pencernaan, gangguan pencernaan pada manusia dan menjaganya agar tetap sehat.

2. Untuk mengeluarkan racun didalam tubuh atau detoksifikasi

Lidah buaya bisa dibuat jus dan menjadi peluruh racun yang sangat alami, yang mengandung vitamin dan mineral. Tanaman ini seperti rumput laut karena mengandung gelatin  yang fungsinya sebagai penyerap racun didalam usus dan mengeluarkannya bersama feses atau kotoran.

3. Untuk mengatasi penyakit diabetes

Rebuslah lidah buaya yang sudah dibersihkan dengan air sebanyak 3 gelas, sisakan air hingga 1,5 gelas atau segelas saja. Minum setengah gelas sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Untuk mengobati luka ringan

Lidah buaya dapat digunakan untuk menangani luka-luka ringan, seperti luka bakar, peradangan, terkena siraman air panas, menghilangkan rasa pedih, dan mengurangi memar. Cukup tempelkan daging atau jelly lidah buaya pada lukanya.

5. Untuk menjaga berat badan

Jus lidah buaya memang terkenal untuk digunakan dalam menurunkan berat badan. Sesering mungkin konsumsi jus lidah buaya agar berat badan ideal dan kehetan lainnya terpenuhi.

6. Untuk meredakan sakit wasir

Caranya siapkan beberapa lembar daun lidah buaya, bersihkan dan ambil isinya lalu diparut dan tambahkan dengan 2 sendok makan madu serta setengah gelas air matang, aduk hingga rata. Kemudian saring dan minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari.

7. Untuk menjaga kesehatan mulut

Lidah buaya juga berfungsi untuk mengatasi masalah mulut dan gusi.

8. Untuk menjaga kekebalan tubuh

Lidah buaya memiliki antioksidan yang penuh kontra radikal bebas yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia.

9. Untuk menghilangkan flek hitam

Siapa sih perempuan yang rela wajahnya ditimpah tumpukan-tumpukan flek yang sangat mengganggu ini. Pasti berbagai cara telah diusahakan, jangan pernah putus asa sebelum berusaha. Coba gunakan lidah buaya ini ketika mencuci muka, ambillah jelly yang ada di daun lidah buaya atau dagingnya, bersihkan dari lendir-lendir yang menempel, kemudian oleskan ke wajah dan biarkan kurang lebih setengah jam. Setelah selsai bersihkan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Jika ingin hasil maksimal lakukan sesering mungkin minimal 2-3x sehari.

10. Untuk menghilangkan jerawat membandel

Sangat mudah caranya, cukup mengoleskan getah atau lendirnya ke bagian jerawat yang menempel di wajah, tunggu sampai 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat dan lakukan sesering mungkinsampai jerawatnya mengempis.

11. Untuk menyuburkan alis

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk mempertebal alis. Caranya, ambil jelly yang ada didalam lidah buaya, sebelum tidur oleskan jelly tersebut ke alis dan cuci setelah bangun di keesokan harinya. lakukan sesering mungkin untuk hasil maksimal.

12. Dapat menjaga kesehatan bulu mata

Terkadang ada yang mengeluhkan akan kerontokan bulu mata atau rapuh karena sering menggunakan maskara dan pebjepit bulu mata. But, dont worry masih ada cara untuk mengatasinya. Cukup siapkan jellly lidah buaya, oleskan secara perlahan, lembut dan rata ke bulu mata, lalu diamkan kurang lebih setengah jam, bilas hingga bersih dengan air hangat. lakukan cara ini berulang-ulang, sehingga hasil yang diinginkan bisa tercapai.

13. Dapat menyuburkan rambut

Agar rambut terlihat indah, dibutuhkan kesuburan dan kekilauan disetiap helainya. Caranya, bisa dilakukan sebelum tidur, ambil jelly lidah buaya secukupnya, gosokkan pada kulit kepala hingga merata sampai sela-sela rambutnya, kemudian bungkus dengan kain atau handuk kecil diamkan hingga keesokan harinya. Bilas dengan air bersih dan lakukan ssetiap hari agar hasilnya bisa maksimal.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

14. Untuk merawat rambut dari ketombe

Dalam merawat rambut agar terhindar atau mengatasi timbulnya ketombe, menjaga agar tetap sehat, mempercepat regenerasi rambut, melembutkan dan melembabkan rambut cukup dengan jelly lidah buaya yang dilakukan secara rutin. Caranya, ambil 2 pelepah lidah buaya, ambil jelly atau daging yang ada didalamnya, gosok-gosokkan pada kulit kepala yang sebelumnya telah dicuci bersih, balut menggunakan handuk, bilas di keesokan harinya dan dilakukan sebelum tidur atau sewaktu mandi sore. Lakukan sesering mungkin agar hasilnya memuaskan.

15. Dapat melembabkan kulit wajah

Tak perlu sulit mencari kosmetik yang banyak mengandung bahan-bahan kimia. Selagi ada tanaman lidah buaya yang bisa dimanfaatkan kenapa mencari yang belum tentu aman digunakan. Lidah buaya sangat dingin ketika dioleskan kulit wajah, juga aman digunakan untuk kulit sensitif.

16. Untuk gel mencukur bulu ketiak

Jika ingin mencukur dan takut iritasi menggunakan krim-krim yang sudah dikemas, coba saja gunakan gel lidah buaya anti iritasi, cukup oleskan pada ketiak, tunggu beberapa menit, lalu lakukan mencukur bulu hingga bersih.

Nah itulah beberapa manfaat lidah buaya, next time kita tambah lagi dan peringatan untuk wanita yang sedang hamil atau menstruasi agar tidak menggunakan lidah buaya inmi karena bisa meluruhkan darah haid.

Demikian artikel mengenai Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit, semoga bisa membantu menangani masalah anda dan bermanfaat. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi