√ Jenis Norma dan Fungsinya Dalam Kehidupan Bermasyarakat (Lengkap)

Jenis Norma dan Fungsinya Dalam Kehidupan Bermasyarakat (Lengkap) – Banyak macam-macam norma yang harus diketahui, semua norma yang berlaku memiliki fungsi masing-masing. Nah, sebelum membahas lebih jauh mengenai jenis dan fngsi norma, sedikit ulasan tentang norma itu sendiri. Norma merupakan tolak ukur dari segala tingkah laku manusia yang berkaitan dengan benar atau salahnya, pantas atau tidaknya perilaku yang dijalankan dalam berinteraksi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Jenis Norma dan Fungsinya Dalam Kehidupan Bermasyarakat (Lengkap)

Orang yang melanggar norma akan dikenakan sanksi yang sesuai. Sehingga untuk menghindari segala bentuk sanksinya, kita harus mengindahkan norma dengan mentaatinya dan menerapkannya dalam pergaulan kita sehari-hari agar tercipta ketentraman dan kedamaian dalam berinteraksi dalam suatu masyarakat. Nah, selanjutnya kita fokus pada pembahasan kali ini mengenai jenis-jenis norma dan fungsi-fungsi norma. Berikut ini penjelasannya.

Jenis-jenis Norma

Ada beberapa jenis norma yang ada di negara kita, berikut uraiannya:

Norma Agama

Merupakan norma yang didasarkan pada ajaran agama, yang diciptakan oleh Tuhan untuk hambanya agar memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sumber norma ini yaitu kitab suci dari agama yang dianutnya. Norma agama ini sifatnya mutlak yang mengharuskan hambaNya untuk mentaati segala perintah dan menjauhi segala laranganNya. Bagi hamba yang tidak memiliki keyakinan yang kuat atau kekuatan iman yang cukup, akan lebih cenderung melakukan pelanggaran-pelanggaran norma agama. Salah satu contoh norma agama ialah saling menghargai antara agama yang satu dengan agama yang lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Sistem Pemerintahan Semipresidensial, Ciri, Kelebihan, Kekurangan dan Negara Yang Menganutnya

Norma Kesusilaan

Yaitu suatu norma yang didasarkan pada hati nurani manusia, yang juga merupakan aturan hidup mengenai perilaku baik dan buruknya, dan mengacu pada keadilan dan kebenaran. Contoh pelanggaran asusila ialah melakukan pelecehan seksual.

Norma Kesopanan

Merupakan suatu norma yang diatur oleh agama maupun adat istiadat. Norma ini berawal dari aturan perilaku yang berlaku di dalam masyarakat. Pelanggaran yang dilakukan dalam norma ini tidak diberikan sanksi dan tidak menimbulkan efek sosial. Contoh norma kesopanan ialah : cara berpakaian, bertutur kata kepada orang yang lebih tua, perlakuan anak pada orang tuanya, dan bersikap lainnya yang dianggap sopan.

Norma Kebiasaan

Yakni norma dalam bentuk yang sama, dihasilkan dari perbuatan yang dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan, seperti contoh acara yang dilakukan menjelang tujuh bulanan, kelahiran bayi, syukuran ulang tahun, pulang kampung dan lain sebagainya.

Norma Hukum

Norma yang dibuat oleh negara atau lembaga adat yang berwenang dan sifatnya memaksa dan mengikat. Maksudnya ialah aturan hukum yang dibuat harus ditaati dan berlaku pada setiap orang. Adapun orang yang melanggarnya akan dikenai sanksi seperti hukuman (penjara ataupun denda). Contohnya: mencuri, membunuh, melanggar ketertiban lalu lintas, mencemarkan nama baik, dan lain sebagainya. Unsur-unsur dalam norma hukum ini antara lain: aturan yang dibuat bersifat tegas dan memaksa, dibuat oleh suatu badan lembaga yang berwenang, aturan tentang perintah dan larangan serta perilaku anggota masyarakat dalam pergaulannya.

Jenis Norma & Fungsinya Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Fungsi-Fungsi Norma

Norma memiliki banyak fungsi yang bisa kita rasakan sebagai warga negara atau masyarakat, fungsi-fungsi norma antara lain:

  1. Menjadikan dasar untuk memberi sanksi kepada setiap individu atau masyarakat yang melanggar norma-norma yang berlaku.
  2. Mengatur segala bentuk tingkah laku anggota masyarakat agar sesuai dengan nilai-nilai norma yang berlaku dalam suatu masyarakat.
  3. Adanya norma dapat membantu untuk mencapai tujuan dalam kehidupan bermasyarakat.
  4. Menciptakan keamanan, keadilan, ketentraman dan ketertiban dalam masyarakat.
  5. Mengikat masyarakat untuk mentaati norma, karena dalam sebuah norma ada aturan yang tegas dan sanksi bagi pelanggarnya.
Baca Juga:  √ Lambang Negara Indonesia dan Penjelasannya (Pembahasan Lengkap)

Adapun Karakteristik Norma antara lain: hasil kesepakatan bersama, secara umum tidak tertulis terkecuali norma hukum, ada sanksi bagi pelanggarnya, mengalami perubahan, dipatuhi bersama-sama.

Sekian pembahasan kali ini mengenai Jenis Norma & Fungsinya Dalam Kehidupan Bermasyarakat, semoga dapat memberikan manfaatnya bagi para pembaca. Terimakasih 🙂