√ 18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) – Jika anda sudah lulus dari bangku SMA (Sekolah Menengah Atas) tentu kalian akan melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi yakni Perguruan Tinggi. Di Perguruan Tinggi berbeda dengan pada saat di bangku sekolah, di Perguruan Tinggi kita dituntut untuk memilih jurusan studi yang lebih spesifik.

Beberapa jurusan yang biasanya ada di Perguruan Tinggi adalah Manajemen, Akuntansi, Hukum, Sistem Komputer dan Sistem Informasi. Nah jika kalian berada di jurusan Sistem Informasi, maka kalian akan menemui salah satu mata kuliah yaitu Konsep Sistem Informasi. Apa itu Sistem Informasi? Disini kita akan membahas tentang pengertian Sistem Informasi.

18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Secara Universal Sistem Informasi bisa diartikan sebagai suatu sistem didalam sebuah organisasi yang merupakan pencampuran dari beberapa orang, teknologi, fasilitas, media prosedur & pengendalian yang diarahkan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, melakukan proses tipe transaksi rutin, memberikan sinyal kepada suatu manajemen terhadap segala peristiwa yang bersifat eksternal maupun internal dan memberikan suatu informasi yang nantinya dijadikan sebagai pengambilan sebuah keputusan. Ada beberapa ahli yang mendefinisikan Sistem Informasi.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang sudah mendefinisikan sistem informasi dengan hasil risetnya, berikut ulasannya:

1. Erwan Arbie

Sistem informasi merupakan sebuah sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan berbagai kebutuhan proses pengolahan transaksi harian, membantu & mendukung seluruh kegiatan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi & membantu memperlancar penyediaan laporan yang dibutuhkan.

2. Tafri D. Muhyuzir

Sistem informasi merupakan sekumpulan data yang dikelompokkan dan diproses sedemikian rupa hingga menjadi satu kesatuan informasi yang saling berkaitan dan saling mendukung hingga menjadi sebuah informasi yang bernilai bagi yang menerima.

Baca Juga:  √ 40 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

3. O’Brien

Sistem informasi merupakan suatu kombinasi teratur dari orang (people), perangkat keras (hardware). perangkat lunak (software), jaringan komputer dan komunikasi maupun basis data (database) yang mengumpulkan, merubah & menyebarkan sebuah informasi dalam suatu bentuk organisasi.

4. Menurut Mc leod

Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan mengelompokkan berbagai informasi dari semua sumber dan memakai berbagai media untuk menampilkan sebuah informasi.

5. Tata Sutabri, S.Kom. MM.

Sistem Informasi merupakan suatu sistem yang berada didalam sebuah organisasi yang mempertemukan berbagai kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang sifatnya manajerial didalam kegiatan strategi dari sebuah organisasi agar bisa menyediakan kepda pihak-pihak tertentu diluar dengan bermacam-macam laporang yang dibutuhkan.

6. Leitch Rosses

Sistem Informasi merupakan sebuah sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan segala kebutuhan pengelola transaksi harian, mendukung proses operasi, mempunyai sifat yang manajerial dan kegiatan strategi dari sebuah organisasi & menyediakan berbagai laporan yang dibutuhkan oleh pihak luar tertentu.

7. Lani Sidharta

Sistem Informasi merupakan sebuah sistem yang dibuat manusia yang isinya adalah himpunan terintegrasi dari berbagai komponen yang terkomputerisasi yang mempunyai tujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data dan menghasilkan sebuah informasi untuk pengguna.

8. Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Dalam bukun Jogiyanto HM. Sistem Informasi merupakan sebuah sistem yang berada dalam suatu organisasi yang mempertemukan berbagai kebutuhan pengolahan datar transaksi harian, mendukung proses operasi yang sifatnya manajerial dan kegiatan strategi dari sebuah organisasi & menyediakan pihak luar tertentu dengan bermacam-macam laporan yang dibutuhkan.

9. Gordon B. Davis

Sistem Informasi ialah sebuah sistem yang menerima input data dan arahan lalu mengolah data tersebut sesuai dengan arahan yang diberikan dan mengeluarkan hasil akhirnya.

10. Hanif Al-Fatta (2009:9)

Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.Istilah tersebut menyir atkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.

Baca Juga:  Proxy adalah : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Manfaatnya

11. John F. Nash (1995:8)

Sistem informasi merupakan Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

12. Kertahadi (2007)

Sistem informasi merupakan alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

13. Rommey (1997:16)

Sistem informasi yang diselenggarakan cara untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

14. Alter

Sistem informasi merupakan sistem yang kegiatannya dimaksudkan untuk pengolah data (Transmisi, menangkap, menyimpan, memanipulasi, mengambil dan menampilkan informasi)

15. Sutabri

Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

9 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

16. Wikipedia

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.

17. Laudon (2012:16)

Sistem Informasi adalah komponen-komponen yang saling berkaitan yang bekerja bersama-sama untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menampilkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, pengaturan, analisa, dan visualisasi pada sebuah organisasi.

18. Whitten, Bentley, dan Ditman (2009:10)

Sistem Informasi adalah pengaturan orang, data, proses, dan informasi (TI) atau teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan sebagai output informasi yang diperlukan untuk mendukung sebuah intansi atau organisasi.

Itulah ulasan singkat mengenai Pengertian Sistem Informasi dalam artikel 18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) yang bisa kita simak bersama. Semoga bermanfaat dan terimakasih.