√ 12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli dan Macamnya (Lengkap)

12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli dan Macamnya (Lengkap) – Setelah sebelumnya kita bahas mengenai pengertian fisika, selanjutnya kita akan membahas pengertian dari gerak dan macam-macam gerak yang merupakan materi dalam fisika dasar.

12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli dan Macamnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian gerak terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Gerak

Gerak merupakan suatu perubahan keadaan atau tempat dari suatu benda pada titik keseimbangan awal. Benda dikatakan bergerak apabila benda tersebut berpindah kedudukan pada benda lainnya baik pada perubahan yang mendekat ataupun yang menjauh. Secara sederhana gerak dapat berarti perpindahan posisi. Adapun faktor yang mempengaruhi benda bergerak ialah luas area, bentuk bnda, berat benda, kondisi benda yang dilalui. Selain pengertian gerak diatas, kita bisa pahami pengertian lain tentang gerak menurut para ahli, berikut penjelasannya secara sederhana.

1. J. Untoro

Gerak merupakan suatu perubahan kedudukan terhadap suatu titik acuan atau titik yang menjadi patokannya.

2. Kamajaya

Gerak ialah perubahan kedudukan atau tempat suatu benda dimana benda tersebut bergerak terhadap titik acuan atau titik asalnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Energi, Bentuk dan Manfaatnya Untuk Kehidupan Lengkap

3. Efrizon Umar

Gerak ialah perubahan kedudukan atau posisi terhadap suatu titik acuan tertentu.

4. Ruslan Tri S & Cahyo W

Menurut mereka gerak ialah perubahan kedudukan suatu benda terhadap benda lain atau titik acuan tertentu.

5. Sri Murtono

Gerak ialah berpindahnya tempat atau posisi dari satu posisi ke posisi yang lain.

6. Menurut KBBI

Gerak ialah suatu peralihan tempat ataupun kedudukan, baik sekali maupun berulang kali.

7. Menurut Ilmu Fisika

Gerak merupakan proses perpindahan suatu benda dari suatu tempat ke tempat yang lain.

8. Menurut Ilmu Biologi

Gerak merupakan salah satu cara merespon suatu rangsangan, karena salah satu karakteristik makhluk yang dapat dikategorikan sebagai makhluk hidup ialah dapat bereaksi ketika diberi suatu rangsangan.

9. Menurut Wikipedia

Gerak Didalam ilmu fisika didefinisikan sebagai perubahan tempat atau kedudukan baik hanya sekali maupun berkali-kali.

10. Menurut Schmidt ( 1991 )

Gerak adalah serangkaian proses yang dihubungkan dengan latihan atau pengalaman yang mengarah pada perubahan – perubahan yang relative permanen dalam kemampuan seseorang untuk menampilkan gerakan – gerakan yang terampil.

11. Menurut Oxendine (1984)

Bahwa belajar motorik/gerak adalah suatu proses perubahan perilaku gerak yang relatif permanen sebagai hasil dari latihan dan pengalaman.

12. Menurut Rahantoknam (1988)

Belajar motorik atau gerak adalah proses peningkatan suatu keterampilan motorik yang disebabkan oleh kondisi latihan atau diperoleh dari pengalaman, bukan karena kondisi maturasi atau motivasi temporer dan fluktuasi fisiologis.

Macam-macam Gerak

Ada banyak jenis atau macam gerak antara lain sebagai berikut:

Gerak Semu atau Relatif

Yaitu gerak yang bersifat seakan-akan bergerak atau tidak sebenarnya (gambaran atau ilusi).

Misalnya: Semua benda yang ada diluar kendaraan kita seperti didalam mobil seakan bergerak padahal kendaraanlah yang bergerak, bukan benda yang diluar yang bergerak. Dan bumi yang berputar pada porosnya mengelilingi matahari, tetapi seakan kita melihat mataharilah yang bergerak dari arah timur ke arah barat.

Baca Juga:  √ Pengertian Kalor, Jenis, Rumus, Kapasitas dan Perpindahannya

8 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli Dan Macamnya

Gerak Ganda

Yaitu gerak yang terjadi bersamaan dengan benda-benda yang ada di sekelilingnya. Misalnya: Seorang anak kecil yang berbadan kurus melempar kulit kacang dari atas kereta rangkaian listrik pada saat berjalan di atap krlnya. Maka akan terjadi gerak kulit kacang diantara tiga benda disekelilingnya yakni: Gerak terhadap kereta krl, gerak terhadapanak kecil yang berbadan kurus dan gerak terhadap bumi atau tanah.

Gerak Lurus

Yaitu gerak pada suatu benda yang melalui lintasan garis lurus. Misalnya: gerak jatuhnya buah pada pohonnya, gerak rotasi bumi dll. Gerak lurus terbagi menjadi dua, yakni:

  • Gerak lurus beraturan: yang bergerak secara lurus dan beraturan dengan kecepatan yang stabil. Contohnya: Kereta melaju dengan kecepatan yang sama pada jalur rel kereta yang lurus.
  • Gerak lurus berubah beraturan: gerak suatu benda yang tidak beraturan dengan kecepatan yang tidak stabil atau berubah-ubah pada setiap waktunya. Contohnya: Gerak jatuhnya tetesan air hujan dari atap rumah ke lantai.

Sekian ulasan yang berkenaan dengan 12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli dan Macamnya (Lengkap), semoga dapat membantu anda dalam memahami dan mencari referensi serta bermanfaat. Terimakasih.

√ 12 Pengertian Gerak Menurut Para Ahli dan Macamnya (Lengkap)
4.6 (92.5%) 16 votes