√ 30 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

30 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli (Terlengkap) – Sebagian orang mengenal administrasi pasti sesuatu yang berhubungan dengan hitung menghitung dan angka-angka. Padahal administrasi merupakan keseluruhan dari rangkaian-rangkaian kegiatan yang memiliki aturan dan terdiri dari beberapa orang yang terlibat didalamnya.

Sebagian besar literatur memang menggunakan atau menyebut istilah administrasi ini sebagai administrasi perkantoran dan menejemen perkantoran. Adapun kata administrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu administrare yang artinya pengabdian atau pelayanan.

30 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Terdapat dua pengertian administrasi yaitu dalam pengertian yang sempit, administrasi ialah suatu kegiatan penyusunan dan pencatatan sebuah data dan informasi dengan sistematis yang bertujuan untuk menyediakan berbagai keterangan dan juga memudahkan untuk memperolehnya kembali baik sebagian atau keseluruhan.

Sedangkan dalam arti yang luas, administrasi adalah suatu kegiatan berkaitan dengan kerja sama yang dilakukan oleh suatu kelompok berdasarkan pembagian tugas atau kerja dengan mendayagunakan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk menggapai tujuan tertentu. Untuk lebih jelasnya dapat kita simak berikut ini pengertian administrasi menurut beberapa ahli.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang terpercaya yang sudah mendefinisikan pengertian dari administrasi, simak ulasannya dibawah ini:

1. Soewarno Handayaningrat

Mengungkapkan bahwa administrasi adalah kegiatan ketatausahaan yang terdiri dari berbagai kegiatan seperti pembukuan baik penghitungan, pencatatan atau yang lainnya dengan tujuan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan. Sedangkan dala arti yang sempit, menurutnya administrasi merupakan kegiatan catat mencatat atau pembukuan, surat menyurat atau lainnya yang berkaitan dengan ketatausahaan.

Loading...

2. W.H. Evans

Administrasi merupakan fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan pengarahan segala tahap operasi perusahaan yang berkenaan dengan pengolahan keterangan, komunikasi dan juga ingatan organisasi.

Baca Juga:  √ Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Cirinya (Terlengkap)

3. Ulbert

Menurutnya administrasi ini merupakan istilah lain dari tata usaha dimana sebagian penyusunan dan pencatatan data serta informasi secara sistematis baik internal atau eksternal dengan tujuan menyediakan keterangan dan memudahkan dalam memperoleh data baik sebagian maupun secara menyeluruh.

4. George Terry

Mengemukakan bahwa administrasi merupakan sebuah proses perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, dan penggerakkan kepada orang-orang yang melaksanakannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

5. William Leffingwell dan Edwin Robinson

Administrasi merupakan salah satu cabang ilmu manajemen yang mengenai pelaksanaan pekerjaan kantoran secara efesien, dimana dan kapan pekerjaannya harus dilaksanakan.

6. Arthur Grager

Administrasi merupakan fungsi dari tata penyelenggaraan pada komunikasi dan pelayanan dalam sebuah organisasi.

7. Sondang Siagian

Administrasi ialah keseluruhan rangkaian dari proses kerjasama antara beberapa orang yang didasarkan pada asas rasionalitas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

8. The Liang Gie

Administrasi merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan suatu kelompok berkenaan dengan hubungan kerjasama dalam mencapai tujuan tertentu.

9. W.H Evans

Administrasi adalah fungsi yang menyatukan manajemen dengan mpengarahan semua tahap operasi perusahaan tentang pengolahan bahan keterangan, kmunikasi serta ingatan organisasi.

10. Ordway Tead (1953)

Administrasi merupakan usaha yang luas yang mencakup semua bidang untuk memimpin. mengusahakan, mengatur kegiatan kerjasama manusia yang dtujukan pada tujuan dan maksud tertentu.

11. Drs. The Liang Gie dan Drs. Sutarto (1977)

Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh sekelompok orang dan kerja sama dalam untuk mencapai tujuan tertentu.

12. Dr. Sondang P. Siagian MPA (1977)

Administrasi adalah semua proses kerja sama antar dua orang atau lebih yang didasaran atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetukan sebelumnya.

13. Liang Gie

Administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orangd alam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.

14. Sorwarno handayaningrat

Administrasi secara sempit berasal dari kata Administatie dalam bahasa Belanda yang meluputi kegiatan catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda dan lain sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.

Kesimpulannya ialah kegiatan ktatausahaan yang meliputi kegiatan catat-mencatat, surat-menyurat, pembukan serta pengarsipan surat dan hal lainnya yang dimaksud untuk menyediakan informasi dan mempermudah untuk memperoleeh informasi kembali bila dibutuhkan.

15. Prof. Dr. S Prajudi Atmosujio, S.H

Administrasi ialah proses dan tata kerja yang terdapat pada setiap usaha, apakah itu usaha kenegaraan atau swasta, sipil atau militer, usaha besar dan kecil.

16. Dwight Waldo (1971)

Administrasi ialah suatu bentuk daya upaya manusia yang kooperatif yang memiliki tingkat rationaliteit yang tinggi.

17. Syamsi

Administrasi adalah semua kegiatan dalam setiap usaha kerjasama yang dilakukan oleh satu kelompok atau lebih secara bersama dan simultan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Baca Juga:  √ Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli (Lengkap)

18. Soepardi

Administrasi adalah kesemua proses kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok atau lebih dengan bersama-sama dan simultan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Loading...

19. Munarwadi Reksohadiprojo

Administrasi artinya adalah tata usaha ang mencakup setip pengatura yang rapi dan sistematis serta penentuan fakta tertullis dengan tujuan mendapatkan pandangan yang memyeluruh dan hubungan timbal balik antara satu fakta dengan fakta yang lain.

20. Wijana

Administrasi adalah rangkaian semua organ negara, baik itu negara rendah atau tinggi yang bertugas untuk menjalankan pemerintahan pelaksanaan dan kepolisian.

21. Leonard D. White

Administrasi adalah suatu proses yang biasa dlam semua usaha suatu kelompok baik dalam usaha pribadi atau umum.

22. Wlliam H. Newman

Administrasi adalah pembimbing, kepemimpinan dan pengawasan usaha suatu kelompok individu kearah pncapaian tujuan bersama.

23. White

Administrasi adalah proses yang biasanya terdapat pada semua usaha kelompok pemerntah atau swasta, sipil atau militer, kecil atau besar.

24. Simon

Administrasi adalah sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tugas bersama.

25. Drs. Saafroedin Bahar

Administrasi ialah semua kegiatan atau proses penyelengraan dalam setiap usaha kelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

8 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Terlengkap

26. Wikipedia

Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan

27. William H. Newman

Administrasi sebagai pedoman/petunjuk, kepemimpinan dan pengawasan dari usaha-usaha sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.

28. Wilson

Administrasi sebagai ilmu. Pemikiran tentang supremasi kepemimpinan pejabat politik atas birokrasi itu timbul dari perbedaan fungsi antara politik dan administrasi, dan adanya asumsi tentang superioritas fungsi – fungsi politik administrasi. Slogan klasik pernah juga ditawarkan manakala fungsi politik berakhir maka fungsi administrasi itu mulai, when politic end, administration begin

29. Robert D. Calkins

Administrasi adalah kombinasi antara pengambilan keputusan dengan pelaksanaan dari keputuan tersebut untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

30. H.A. Simon

Administrasi didefinisikan sebagai kegiatan sekelompok orang yang mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

Demikian penjelasan kita kali ini mengenai 30 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli (Terlengkap), semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian terimakasih 🙂

5.0
107
Loading...