√ Tujuan Kredit Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Bahas Lengkap)

Tujuan Kredit Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Bahas Lengkap) – Pada kesempatan lalu telah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai pengertian kredit, dan kali ini akan membahas tentang tujuan dan fungsi dari kredit itu sendiri.

Tujuan Kredit Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Bahas Lengkap)

Ketika kita mendengar kata kredit pasti bermacam-macam yang ada dibenak kita, bisa hutang, pinjaman dan lain sebagainya. Namun tahukah kalian bahwa kredit mempunyai tujuan dan fungsinya sendiri? Mari kita bahas disini.

Tujuan Kredit

Ada beberapa tujuan kredit menurut Kashmir diantaranya:

Untuk memperoleh keuntungan

Hasil keuntungan yang diperoleh dari nasabah dalam bentuk bunga sebagai balas jasa yang diterima oleh pihak bank.

Membantu nasabah

Tujuan memberikan kredit ialah membantu usaha nasabah atau peminjam yang memerlukan uang atau dana. Dengan dana yang dikeluarkan itulah pihak debitur bisa memperluas dan mengembangkan usahanya.

Membantu pemerintah

Bertujuan dalam upaya membantu pemerintah dalah berbagai bidang, karena makin banyak pengkreditan atau penyaluran dana, maka akan meningkat adanya pembangunan diberbagai tempat.

Fungsi Kredit

Selain adanya tujuan dalam kredit, pemberian kreditpun mempunyai banyak fungsi, diantaranya yaitu:

Baca Juga:  ✓ Pengertian Literasi Keuangan, Tingkat, Aspek dan Indikatornya

Untuk meningkatkan daya guna uang

Dengan adanya kredit mampu meningkatkan utility atau daya guna uang. Jika uang hanya sekedar disimpan tak akan pernah menghasilkan apapun yang bermanfaat, dengan adanya kredit, maka uang itu bisa bermanfaat untuk menghasilkan barang dan jasa dari penerima kredit.

Meningkatkan peredaran dan lalu lintas uang

Maksudnya ialah uang yang disalurkan dapat beredar ke berbagai wilayah yang membutuhkan pengkreditan, sehingga wilayah yang kekurangan bisa memperoleh uang untuk memenuhi kebutuhannya.

Meningkatkan daya guna barang

Maksudnya ialah kredit yang diberikan pihak bank bisa digunakan oleh nasabah untuk mengolah barang yang tidak ada manfaatnya menjadi bermanfaat.

Meningkatkan peredaran barang

Artinya dengan adanya kredit maka akan menambah atau meningkatkan peredaran barang dari suatu daerah ke daerah lain, hingga jumlah barang yang beredar tersebut bertambah pesat dan bisa meningkatkan banyaknya barang yang diedarkan.

Alat stabilitas ekonomi

Adanya pemberian kredit dapat menjadikan kestabilan perekonomian, karena dengan kredit akan membantu masyarakat dalam menambah jumlah barang yang dibutuhkan suatu masyarakat.

Tujuan Dan Fungsi Kredit Menurut Para Ahli

Meningkatkan kegairahan berusaha

Artinya dengan adanya kredit akan menimbulkan semangat bagi para debitur untuk menjalankan usaha yang digelutinya apalagi modal yang dimilikinya sangat minim.

Meningkatkan pemerataan pendapatan

Yaitu semakin banyak kredit yang tersalurkan pada masyarakat akan membuat pendapatan mereka semakin membaik

Meningkatkan hubungan Internasional

Pinjaman internasional dalam hal pemberian kredit dari Negara lain akan meningkatkan kerjasama, sehingga akan terciptanya perdamaian.

Baca Juga:  √ Pengertian Indeks Harga, Kegunaan, Ciri, Jenis, Peranan Indeks Harga

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai Tujuan Kredit Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Bahas Lengkap), yang dibahas secara lengkap dan lugas, semoga dapat membantu dan menambah pengetahuan kita. Terimakasih 🙂

5.0
12