Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi (Bahas Lengkap)

Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi (Bahas Lengkap) – Pembangunan ekonomi merupakan sebuah proses kenaikan pendapatan secara total dan maksimal, pendapatan perkapita penduduk dengan memperhitungkan bertambahnya penduduk serta adanya perubahan yang fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk dalam jangka waktu yang panjang.

Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi (Bahas Lengkap)

Secara ringkas, pembangunan ekonomi juga dapat diartikan sebagai proses yang menyebabkan pendapatan perkapita suatu penduduk dalam sebuah negara meningkat dalam jangka waktu yang panjang. Ada tiga hal yang sangat penting berkaitan dengan pembangunan ekonomi, yaitu:

Pembangunan sebagai suatu proses

Yang berarti bahwa pembangunan adalah suatu tahap yang harus dijalani dan dilalui oleh setiap masyarakat atau bangsa. Contohnya: manusia sejak lahir tidak akan langsung menjadi besar, akan tetapi untuk menjadi besar banyak tahapan pertumbuhan yang harus dilalui.

Begitu juga dengan masyarakat atau penduduk suatu negara harus menjalani tahapan atau proses perkembangan agar mendapatkan kesejahteraan, kemakmuran dan ketentraman.

Pembangunan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita

Maksudnya ialah pembangunan merupakan salah satu tindakan positif atau suatu usaha yang harus dilakukan oleh setiap negara dalam meningkatkan pendapatan perkapita. Oleh karenanya, peran serta masyarakat, pemerintah, juga semua elemen dalam suatu negara untuk berpartisipasi secara aktif dan berkonstribusi dalam sebuah proses pembangunan sangat dibutuhkan.

Peningkatan pendapatan perkapita harus berlangsung dalam jangka panjang

Dalam suatu perekonomian bisa dikatakan berkembang jika pendapatan perkapita dalam jangka panjang lebih cenderung meningkat. Namun bukan berarti bahwa pendapatan perkapitanya harus selalu mengalami kenaikan secara terus menerus.

Contohnya, jika dalam sebuah negara terjadi suatu musibah bencana alam ataupun lainnya, maka negara tersebut akan mengalami kemunduran perekonomian. Tetapi yang terpenting adalah kegiatan atau usaha dalam mengembangkan ekonominya rata-rata selalu meningkat pada setiap tahunnya.

Hal ini juga dapat dilakukan melalui penanaman modal, manajemen, penggunaan teknologi, peningkatan keterampilan, penambahan pengetahuan, dan penambahan kemampuan berorganisasi.

Dalam pembangunan ekonomi tidak terlepas dari pertumbuhan ekonomi atau economic growth, dimana pembangunan ekonomi mendorong adanya pertumbuhan ekonomi, juga sebaliknya, dalam pertumbuhan ekonomi dapat memperlancar suatu proses pembangunan ekonomi.

Adapun yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi menurut Boediono adalah suatu proses kenaikan output perkapita secara terus menerus dalam jangka panjang.

Menurut Adam Smith pertumbuhan ekonomi ditandai oleh pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan output total. Tiga hal yang mempengaruhi pertumbuhan output yang akan dicapai yaitu sumber-sumber alam, tenaga kerja dan jumlah persediaan.

Adapun salah satu indikator keberhasilan dalam pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi. Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi biasanya semakin tinggi pula pemerataan kesejahteraan masyarakat, walaupun ada indikator lainnya yakni distribusi pendapatan.

Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan diantara keduanya ialah:

Keberhasilan dalam pertumbuhan ekonomi biasanya bersifat kuantitatif. Yang mana adanya kenaikan standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan. Sedangkan keberhasilan dalam hal ini lebih bersifat kualitatif, tidak hanya pertambahan produksinya saja. Namun dengan adanya perubahan dalam alokasi input dan struktur produksi pada berbagai sektor perekonomian.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang dilakukan terus-menerus yang mengakibatkan suatu perubahan perekonomian kearah yang lebih baik di berbagai bidang dimana hasil akhir  adalah peningkatan pendapatan perkapita.

Dan yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi ialah suatu proses kenaikan output perkapita yang dilakukan secara terus menerus dalam jangka panjang.

Demikian pembahasan mengenai Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi (Bahas Lengkap), Semoga bisa memberikan konstribusi positif bagi para pembaca dan bermanfaat tentunya. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi