√ Macam-macam Demokrasi dan Penjelasannya (Terlengkap)

Macam-macam Demokrasi dan Penjelasannya (Terlengkap) – Sebelum membahas lebih jauh tentang macam-macam demokrasi, kita dapat mengetahui terlebih dahulu pengertian demokrasi yang dapat dilihat dalam artikel sebelumnya yang dikemukakan oleh para ahli.

Macam-macam Demokrasi dan Penjelasannya (Terlengkap)

Macam-macam demokrasi ditinjau dari beberapa sudut pandang antara lain: ditinjau berdasarkan penyaluran kehendak masyarakat; hubungan antar alat kelengkapan negara; dan didasarkan pada prinsip ideologi negara.

Macam-macam Demokrasi

Disini akan kami jelaskan apa saja macam-macam demokrasi berikut penjelasan lengkapnya.

Ditinjau berdasarkan penyaluran kehendak masyarakat

Ditinjau berdasarkan penyaluran kehendak masyarakat, terbagi menjadi dua yaitu:

  • Demokrasi Langsung
    Suatu sistem demokrasi yang melibatkan seluruh rakyat secara langsung dalam menentukan berbagai kebijakan umum, urusan negara dan permusyawaratan dalam suatu negara.
  • Demokrasi Tidak langsung
    Demokrasi tidak langsung ialah suatu sistem demokrasi untuk menyalurkan keinginan warga atau rakyatnya melalui perwakilan dari parlemen.

Ditinjau dari hubungan antar alat negara

Demokrasi perwakilan dengan sistem referendum yang merupakan salah satu macam demokrasi dimana rakyat memilih perwakilannya untuk menjabat di parlemen, akan tetapi tetap terkontrol oleh pengaruh rakyat.

Sistem parlementer yang merupakan demokrasi perwakilan dimana adanya hubungan yang kuat antara badan eksekutif dan badan legislatif. Ciri utama sebuah negara yang menganut sistem parlementer ialah adanya parlemen dalam sistem pemerintahannya.

Sistem pemisahan kekuasaan yang merupakan demokrasi perwakilan dimana jabatan legislatif terpisah dari eksekutif, sehingga keduanya tidak berkaitan secara langsung seperti sistem demokrasi parlementer. Menteri yang diangkat oleh presiden bertanggung jawab atas presiden. Presiden berkedudukan sebagai kepala negara dan pemerintahan. Presiden dan menteri tidak bergantung pada parlemen dan parlemen tidak mempunyai hak dalam memberhentikan presiden.

Baca Juga:  Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Sistem referendum dan inisiatif rakyat yang dimaksud ialah gabungan antara demokrasi perwakilan dengan demokrasi langsung. Tetap ada badan perwakilan, namun tetap dikontrol oleh rakyat, baik melalui referendum yang sifatnyat fakultatif ataupun obligator.

Macam Macam Demokrasi Dan Penjelasannya Lengkap

Ditinjau berdasarkan prinsip ideologi

Demokrasi Liberal merupakan Kebebasan individu yang lebih ditekankan dan mengabaikan kepentingan umum

Demokrasi Rakyat merupakan demokrasi yang didasarkan pada paham sosialisme dan komunisme dan lebih mengutamakan kepentingan umum atau negara.

Demokrasi Pancasila merupakan demokrasi yang ada di Indonesia bersumberkan pada nilai-nilai sosial budaya bangsa serta berazaskan musyawarah mufakat dengan memprioritaskan kepentingan seluruh msyarakat atau warga negara. Demokrasi pancasila fokus pada kepentingan dan aspirasi serta hati nurani rakyat. Sampai saat ini Indonesia menganut demokrasi pancasila yang bersumber pada falsafah pancasila.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Macam-macam Demokrasi dan Penjelasannya (Terlengkap), semoga ada manfaatnya bagi anda yang membaca, sekian terimakasih 🙂