√ 13 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

13 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita sudah tidak asing lagi mendengar kata “kredit” atau sering berkaitan dengan pengkreditan. Misalnya kita sering temui di tempat penjualan elektronik, dealer mobil ataupun motor, dan lain sebagainya. Istilah kredit sudah tidak asing lagi dalam dunia perdagangan, jual beli atau perekonomian.

13 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Biasanya kredit sering disetarakan dengan kata hutang, namun pada dasarnya kredit lebih berkaitan dengan proses jual beli sedangkan hutang berlaku pada peminjaman barang atau uang. Pembahasan kali ini saya akan menyajikan pengertian kredit itu sendiri menurut para ahli di bidangnya. Mari kita simak apa saja pengertian yang sesuai untuk istilah kredit oleh pakarnya.

Pengertian Kredit

Kredit berasal dari bahasa latin credere yang berarti kepercayaan. Kredit ialah kemampuan dalam melaksanakan pembelian atau mengadakan pinjaman dengan perjanjian bahwa pembayarannya dilakukan dalam jangka waktu yang disepakati bersama.

Pengertian Kredit Menurut Para Ahli

Adapun pengertian kredit menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

Baca Juga:  √ Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya

1. Anwar

menyatakan bahwa kredit merupakan pemberian prestasi (jasa) dari pihak yang satu kepada pihak lain dan prestasinya akan dikembalikan lagi dalam jangka waktu tertentu beserta uang sebagai kontraprestasinya (balas jasa).

2. Hasibuan

Menjelaskan bahwa kredit ialah semua jenis pinjaman yang harus dibayar bersama bunganya oleh peminjam seperti perjanjian yang disepakati bersama.

3. Thomas Suyatno

Kredit ialah penyediaan uang yang bisa disamakan dengan tagihan-tagihannya sesuai persetujuan antara peminjam dan yang meminjamkan.

4. Kasmir

Kredit merupakan pembiayaan yang bisa berupa uang maupun tagihan yang nilainya dapat ditukar dengan uang.

5. Henry Dunning

Menyatakan bahwa kredit adalah saat dimana seseorang memberikan sebuah jasa atas perjanjian untuk pembayarannya.

6. Dr. Al-amin Ahmad

Kredit ialah membayar hutang yang dilakukan secara berangsur-angsur pada tempo yang ditetapkan atau ditentukan.

7. Muljono

Kredit ialah kemampuan untuk melakukan pembelian atau melaksanakan suatu pinjaman dengan perjanjian untuk membayar dalam waktu yang ditentukan.

8. Mecleod Rivai dan Veithzal

Kredit merupakan penyerahan uang, jasa atau barang dari satu pihak kepada pihak lain atas dasar kepercayaan dengan perjanjian mampu atau dapat membayar pada tanggal yang sudah disepakati.

9. Undang – undang No 7 1998

Kredit merupakan penyediaan tagihan dan uang yang bisa disamakan berdasarkan kesepakatan atau persetujuan pinjam meminjam anata pihak bank dengan pihak lainnya dan mewajibkan peminjam untuk melunasi hutangnya dengan jumlah bunga, imbalan atau bagi hasilnya dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Dari beberapa pengertian kredit menurut para ahli yang telah dijabarkan diatas, kita bisa simpulkan secara ringkas bahwa kredit adalah tiap-tiap perjanjian dalam bentuk jasa dan balas jasa atas dasar kepercayaan. Dalam prakteknya pinjaman kredit biasanya dinyatakan dalam perjanjian tertulis dan adanya sebuah jaminan dengan menyerahkan pesyaratan yang dijadikan jaminan baik yang sifatnya benda ataupun bukan benda. Sasaran dari sebuah kredit adalah penyediaan pinjaman dalam bentuk modal untuk melakukan sebuah usaha.

Baca Juga:  √ Pengertian Administrasi Negara, Tujuan, Ciri, Ruang Lingkup & Contoh

10. Brymont P. Kent

Menurut Brymont P. Kent menyatakan bahwa kredit ialah hak untuk menerima pembayaran atau sebuah kewajiban dalam melakukan pembayaran pada waktu yang diminta atau pada waktu yang akan datang, dalam penyerahan suatu barang-barang pada waktu sekarang.

11. Rolling G. Thomas

Menurutnya Rolling G. Thomas menyatakan bahwa kredit ialah suatu kepercayaan si peminjam untuk membayar sejumlah uang pada waktu masa yang akan datang.

Didalam kerdit sesuatu pasti sudah ada perjanjian atau kontrak didalamnya antar kedua belah pihak yang sudah disetujui bersama-sama.

9 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli Terlengkap

12. Teguh Pudjo Muljono (2007)

Teguh Pudjo Muljono mendefinisikan bahwa kredit adalah “kemampuan untuk melaksanakan suatu pembelian atau mengadakan suatu pinjaman dengan suatu janji pembayarannya akan dilakukan pada suatu jangka waktu yang disepakati

13. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 (pasal 21 ayat 11)

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 (pasal 21 ayat 11) menyatakan kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.

Sekian ulasan kita kali ini mengenai 13 Pengertian Kredit Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bisa membantu dan menambah wawasan untuk para pembaca, terimakasih.

4.6
34