32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap)

32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap) – Metode berasal dari kata methodos yang terdiri dari kata metha yaitu melewati, menempuh atau melalui dan kata hodos yang berarti cara atau jalan. Metode artinya cara atau jalan yang akan dilalui atau ditempuh. Sedangkan menurut istilah metode ialah cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah tujuan.

32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Metodologi secara bahasa diambil dari bahasa yunani yaitu dari kata methodos dan logos. Kata logos artinya ilmu atau yang sifatnya ilmiah. Jadi pengertian dari metodologi yaitu ilmu atau cara yang dipaki guna memperoleh suatu kebenaran yang menggunakan penelusuran dengan urutan maupun tatacara tertentu yang sesuai dengan apa  yang akan dikaji atau yang akan diteliti secara ilmiah.

Terdapat dua hal penting dalam metode yakni cara untuk melakukan sesuatu serta rencana dalam pelaksanaannya. Yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan. Kali ini kita akan fokuskan untuk pembahasan yang dilakukan secara tuntas mengenai pengertian dan definisi metode dan metodologi menurut para ahli. Adapun pengertiannya antara lain:

Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari metode dan metodologi menurut ahlinya.

1. KBBI

Dikutip dari KBBI, pengertian dari metode yaitu cara kerja yang memiliki sistem untuk memudahkan pelaksanaan dari suatu kegiatan agar dapat mencapai sebuah tujuan.

2. Drs.Agus M. Hardjana

Beliau menjelaskan bahwa metode merupakan suatu cara yang sebelumnya sudah dipikirkan secara matang yang dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu agar dapat mencapai tujuannya.

3. Titus

Disini Titu menjelaskan bahwa metode yaitu serangkaian cara serta langkah-langkah yang tertib guna menegaskan suatu bidang keilmuan.

4. Almadk

Ia berpendapat bahwa pengertidan dari metode yaitu salah satu cara yang menerapkan berbagai prinsip yang logis dalam suatu penemuan serta penjelasan kebenaran.

5. Rothwell dan Kazanas

Mereka menjelaskan bahwa metode yaitu sudatu cara, proses atau pendekatan dalam menyampaikan sebuah informasi.

6. Hebert Bisno

Disini Hebert Bisno menyatakan bahwa metode yakni salah satu teknik yang digeneralisasikan dengan baik dan benar supaya dapat diterima maupun digunakan pada disiplin ilmu ataupun pada bidang disiplin dan praktek.

7. Macquarie

Ia menjelaskan bahwa Metode yaitu cara untuk melakukan sesuatu terlebih lagi dalam suatu hal yang ada kaitannya dengan rencana tertentu.

8. Rosdy Ruslan

Baliau berpendapat bahwa metode merupakan kegiatan ilmiah yang ada hubungannya dengan cara kerja untuk  memahami suatu subjek atau objek penelitian dalam upaya menemukan suatu jawaban secara ilmiah serta keabsahannya dari sesuatu yang diteliti.

9. Wiradi

Beliau menjelaskan bahwa Metode yaitu seperangkat langkah dari apa yang harus dikerjakan yang tersusun secara sistematis.

10. Ostle

Ia menjelaskan bahwa metode yaitu suatu pengajaran untuk mendapatkan sesuatu yang interelasi.

11. Departemen Sosial RI

Departemen Sosial RI berpendapat bahwa pengertian dari metode yaitu suatu cara yang teratur dan digunakan dalam menjalankan suatu pekerjaan yang tujuannya untuk mencapai hasil yang diinginkan.

12. Max Siporin

Menurut pendapat Max Siporin yang menjelaskan bahwa metode yaitu suatu orientasi kegiatan yang mengarah dalam persyaratan tujuan dan tugas yang nyata.

13. Pasaribu Simanjuntak

Beliau menyatakan bahwa metode yairu salah satu cara yang sistematik  dan dipakai agar tercapainya sebuah tujuan.

14. Hamid Darmadi

baliau mengungkapkan bahwa metode merupakan sebagai dari jalan atau cara yang harus dilewati untuk mencapai sebuah tujuan.

15. Heri Rahyubi

Menuryt pendapat dari Heri Rahyubi yang menjelaskan bahwa metode yaitu suatu model cara yang dapat dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar agar dapat suatu proses pembelajaran yang baik.

16. Nasir

Ia berpendapat bahwa Metode penelitian merupakan cara utama yang dipakau untuk peneliti agar dapay mencapai tujuan dan dapat menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.

17. Winarno

Ia juga berpandapat bahwa Metode penelitian ialahs alah satu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yang teliti dan secara sistematik.

18. Muhiddin Sirat

Beliau mengemukakan bahwa definisi dari Metode penelitian yaitu suatu cara dalam memilih masalah serta penentuan judul penelitian.

19. Sugiyono

Menurut pendapat dari Sugiyono yang menjelaskan bahwa Metode penelitian yaitu cara ilmiah guna memperoleh data dengan tujuan serta kegunaan tertentu.

20. Kerada Emzir

Disini Kerada Emzir berpendapat bahwa definisi dari metode merupakan suatu prosedur atau cara yang ditempuh agar dapat mencapai sebuah tujuan tertentu, agar dapat tercapainya tujuann belajar dan mengajar.

21. Surachmad (dalam Hamamik)

Ia mendefisinikan bahwa metode merupakan sebuah ilmun mengenai jalan yang dilalui guna mengajarkan anak didik agar bisa tercapai tujuan belajar dan mengajar dengan cara yang sistematik.

22. Sanjaya (2010:147)

Disini ia menjelaskan bahwa metode merupakan salah satu cara yang dipakai guna mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan nyata supaya tujuan yang sebelumnya suda disusun tercapai secara optimal

23. Hasibuan dan Moedjiono (2013:3)

Mereka berpendapat bahwa pengertian dari metode yaitu salah satu alat yang merupakan bagian dari perangkat alat serta dalam pelaksanaan suatu strategi belajar mengajar.

24. Warsita (2008:273)

Disini ia berpendapay bahwa metode pembelajaran merupakan cara yang diapaki oleh para guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran terhadap para peserta didiknya dalam mencapai tujuan pembelajaran yanfg akan diajarkan.

25. Supriyono

Beliau berpendapat bahwa metode pembelajaran yaitu pola yang dipakai sebagai pedoman untuk merencanakan pembelajaran di kelas.

26. Husnaeni (2009)

DIsini Husnaeni menjelaskan bahwa metode pembelajaran yaitu suatu model pembelajaran yang digambarkan dari awal hingga  akhir dan disajikan secara khas oleh guru di kelas.

27. Prawiradilaga (2007)

Beliau berpendapat bahwa metode pembelajaran yaitu suatu prosedur, urutan, serta langkah-langkah dan cara yang dipakai oleh guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.

28. Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno

Disini Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno menyatakan bahwa pengertian dari metode yaitu cara yang dipahai guna mencapai suatu tujuan yang sebelumnya sudah ditetapkan.

29. Rosdy Ruslan

Ia menjelaskan bahwa Metode yaitu salah satu kegiatan ilmiah yang ada kaitanyya dengan cara kerja yang sistematis guna memahami suatu subjek maupuan sebuah objek penelitian, sebagai upaya guna menemukan jawaban yang bisa untuk dipertanggung jawabkan secara ilmiah serta keabsahannya.

15 Pengertian Metode Dan Metodologi Menurut Para Ahli

30. Gie

Disini Gie berpendapat bahwa Metodologi sendiri pada dasarnya merujuk pada tiga ciri utama, baik itu dalam kerangka konseptual atau operasional, yakni: a) metodologi yang semata-mata ilmu mengenai metode, b) metodologi ada kaitannya dengan ilmu khusus, dan 3) metodologi yang merupakan sebagai cara untuk mengunpukan data ilmu khusus tersebut.

31. Mouton (1996)

Ia berpendapay bahwa metodologi yaitu suatu tata cara atau metode dalam melakukan sesuatu

32. Burns & Grove (2003)

Mereka berpendapat bahwa Metodologi yaitu salah satu desain penelitian yang terdiri atas: setting, sampel, tata cara, pembatasan, serta kumpulan data yang akan di analisis dalam sebuah kajian.

Demikian ulasan mengenai 32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap) yang dijelaskan secara ringkas, semoga dapat bermanfaat dan membantu dalam mencari sebuah referensi. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi