√ 30 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

30 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang apa itu pengertian demokrasi secara harfiah dan secara istilah serta pengertian-pengertian demokrasi yang dipaparkan oleh para ahli dalam bidangnya.

30 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Secara harfiah atau bahasa kata demokrasi berasal dari bahasa yunani yaitu demos dan kratos. Demos berarti “rakyat” dan kratos berarti “kekuasaan“. Sedangkan secara istilah demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan negara yang didalamnya melibatkan rakyat. Untuk mengetahui secara lengkap tentang pengertian demokrasi, simak pendapat para ahli dibawah ini tentang pengertian demokrasi.

Loading...

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari demokrasi menurut ahlinya

1. Aristoteles

Mengemukakan bahwa demokrasi ialah suatu kebebasan atau prinsip demokrasi ialah kebebasan, karena hanya melalui kebebasanlah setiap warga negara bisa saling berbagi kekuasaan didalam negaranya. Aristoteles pun mengatakan apabila seseorang hidup tanpa kebebasan dalam memilih cara hidupnya, maka sama saja seperti budak.

2. Harris Soche

Menjelaskan bahwa demokrasi ialah suatu bentuk pemerintahan rakyat, karenanya kekuasaan pemerintahan melekat pada rakyat juga merupakan HAM bagi rakyat untuk mempertahankan, mengatur dan melindungi diri dari setiap paksaan dalam suatu badan yang diserahkan untuk memerintah.

3. Abraham Lincoln

Mengartikan demokrasi itu ialah pemerintah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Loading...

4. Kranemburg

Mengemukakan demokrasi sesuai dengan pengertian dasarnya yakni memerintah rakyat.

5. Henry B. Mayo

Menjelaskan dalam menjalankan sistem politik demokratis, pemerintahan yang mengambil suatu kebijakan umum ditetapkan oleh kebanyakan dari wakil rakyat dan diawasi secara efektif oleh masyarakat atau rakyat.

6. Koentjoro Poerbopanoto

Mengartikan bahwa demokrasi ialah suatu sistem dimana rakyat harus ikut berpartisipasi dalam suatu pemerintahan negara secara aktif.

7. Charles Costello

Menurutnya demokrasi ialah suatu sistem polotik pemerintahan dan sosial dengan kekuasaan pemerintah yang dibatasi oleh hukum juga merupakan suatu kebebasan bagi warga negara dalam melindungi hak-haknya.

8. Samuel Huntington

Mengatakan bahwa demokrasi ada bila para pembuat keputusan terkuat dalam suatu sistem dipilih lewat pemilu yang jujur, adil, dan berkala serta adanya kebebasan bersaing bagi setiap calon dalam memperoleh suara.

9. Sidney Hook

Menurutnya demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana suatu keputusan pemerintah secara langsung ataupun tidak harus didasarkan pada kesepakatan umum yang diberikan rakyat secara bebas.

10. Maurice Duverger

Mengartikan demokrasi  sebagai cara pemerintahan dimana suatu golongan yang diperintah dan memerintah sama atau tidak terpisahkan.

11. Prof. Mr. Muhamad Yamin

Mengemukakan bahwa demokrasi merupakan suatu dasar dalam pembentukan pemerintahan dan yang ada didalamnya (masyarakat) dalam kekuasaan mengatur dan memerintah dikendalikan secara sah oleh seluruh anggota masyarakat.

Baca Juga:  √ Pengertian Sistem Pemerintahan Parlementer, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

12. Yusuf Al-Qordhawi

Menjelaskan demokrasi sebagai wadah bagi masyarakat untuk memilih seseorang yang pantas dalam mengatur segala urusan mereka. Segala sesuatunya dikehendaki masyarakat seperti: pemimpinnya bukanlah orang yang dibenci, peraturan yang ditetapkan sesuai sesuai yang dikehendaki mereka, dan memiliki hak untuk minta pertanggung jawaban pada para pemimpin tersebut serta memiliki hak untuk memecat para penguasa atau pemimpin jika menyeleweng.

13. International Commission of Jurist

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana hak dalam membuat suatu keputusan politik harus diselenggarakan oleh rakyat melalui para wakil yang terpilih dalam suatu proses pemilu.

14. Affan Ghafar

Memaknai demokrasi kedlam dua hal yaitu normatif dan empirik. Demokrasi normatif merupakan demokrasi yang secara umum diwujudkan oleh suatu negara. Sedangkan empirik merupakan suatu demokrasi yang perwujudannya hanya pada dunia politik.

15. Sumarno AP dan Yeni R.Lukiswara

Mereka berpendapat bahwa demokrasi ialah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat dalam declaration of independent ialah of the people, for the people, and by the people.

16. KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia mengemukakan:

  • Demokrasi ialah suatu bentuk atau sistem pemerintahan dimana seluruh rakyatnya ikut serta dalam pemerintahan yakni melalui perantara wakil -wakil yang telah terpilih.
  • Demokrasi ialah suatu agagsan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan dan kewajiban dan perlakuan yang sama bagi semua warga negaranya.

17. John L Esposito

Mengemukakan dasarnya demokrasi ialah suatu bentuk pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Karenanya rakya mempunyai hak untuk ikut berpartisipasi, berpersan aktif meski pada saat pengontrolan terhadap kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu dalam lembaga resmi pemerintahan terdapat pemisah yang tgerdiri dari berbagai unsur seperti unsur eksklusif, legislatif dan unsur yudikatif secara jelas.

18. C.F. Strong

Mengemukakan demokrasi ialah suatu bentuk pemerintahan dimana kebanyakan dari anggota dewan yang berasal dari masyarakat turut serta dalam kegiatan politik yang berdasarkan pada sistem perwakilan, yang mana pada akhirnya pemerintah dapat menjamin dan mempertanggungjawabkan segala tindakannya pada mayoritas tersebut.

19. Sidney Hook

Mengemukakan Demokrasi ialah suatu bentuk pemerintahan dimana keputusan – keputusan penting pemerintah baik secara langsung maupun tidak langsung berdasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan rakyat yang sudah berusia dewasa secara bebas

20. Meriam, Webster Dictionary

Mengemukakan demokrasi didefisikan sebagai:

  • Suatu pemerintahan oleh rakyat, terutama kedaulatan mayoritas.
  • Suatu pemerintahan dimana kekuasaan yang tertinggi dipegang oleh rakyat, yang dengan langsung maupun tidak langsung pelaksanaannya dilakukan oleh mereka melalui sistem perwakilan yang dilakukan dengan cara mengadakan pemilihan umum atau pemilu secara berkala.

21. Abdul Ghani Ar Rahhal

Mengemukakan dalam bukunya yang berjudul Al Islamiyyin wa Sarah Ad Dimuqrathiyya menyatakan bahwa demokrasi ialah suatu bentuk kekuasaan rakyat oleh rakyat.dengan kata lain rakyat merupakan sumber kekuasaan. Abdul Ghani Ar Rahhal juga menyakan bahwa plato adalah orang yang pertama kali yang mengungkapkan tentang teori demokrasi, dimana sumber kekuasaan ialah keinginan yang satu dan bukan majemuk. Seorang penulis lain yakni Muhammad Quthb dalam bukunya yang berjudul Madzahib Fikriyyah Mu’ashirah juga menyatakan hal yang sama tentang definisi demokrasi.

22. Robert A Dahl

Mengemukakan Suatu sistem demokrasi idelnya harus memiliki :

Loading...
  • Persamaan hak pilih dalam menentukan keputusan kolektif yang bersifat mengikat.
  • Adanya partisipasi yang efektif. Itu artinya semua warga negara memiliki kesempatan yang sama dalam proses pembuatan keputusan yang dilakukan secara kolektif.
  • Pembeberan kebenaran yakni adanya kesamaan peluang bagi setiap warga negara dalam rangka memberikan penilaian terhadap jalannya proses politik dan pemerintahan secara logis.
  • Kontrol atau pemeriksaan terakhir terhadap agenda, yakni adanya hak eksklusif bagi masyarakat untuk menentukan agenda mana yang harus maupun yang tidak harus diputuskan melalui proses pemerintahan, termasuk dalam mendelegasikan kekuasaan tersebut kepada orang lain atau lembaga-lembaga yang dapat mewakili mereka
  • Pencakupan, yakni terliputnya masyarakat yang tercakup semua orang dewasa terkait dengan hukum.
Baca Juga:  √ 13 Pengertian Yurisprudensi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

23. Amien Rais

menyatakan terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar suatu negara dapat disebut sebagai negara demokrasi. Kriteria tersebut antara lain:

  1. Keikutsertaan dalam pembuatan keputusan.
  2. Memiliki kesamaan di hadapan hukum.
  3. Pendistribusian pendapat yang dilakukan secara adil.
  4. Memiliki kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan.
  5. Ketersediaan serta keterbukaan informasi.
  6. Memperhatikan atau mengindahkan fatsoen atau tata krama politik.
  7. Kebebasan perorangan atau individu.
  8. Semangat untuk bekerja sama.
  9. Adanya hak untuk melakukan protes.

24. Abdul Wadud Nashruddin

Mengemukakan Demokrasi ialah suatu sistem kehidupan dimana pendapat rakyat ditempatkan sebagai prioritas utama dalam mengambil kebijakan-kebijakan. Pendapat itu harus memenuhi beberapa kriteria seperti :

  1. Agama
  2. Susila
  3. Hukum
  4. Semangat untuk menjunjung kemaslahatan bersama.

Pendapat atau suara dari rakyat harus disertai dengan adanya rasa tanggung jawab. Adanya komitmen yang positif atas pelaksanaannya harus melalui tahap evaluasi secara kontinyu atau terus menerus agar sesuai dengan kebutuhan bersama. Selain sebagai alat politik, demokrasi juga bertindak sebagai alat pembentuk aspek-aspek tata masyarakat lainnya seperti dalam aspek ekonomi, aspek sosial, maupun aspek budaya. Hanya masyarakat yang mampu bertanggung jawab serta faham terkait dengan pendapat yang mereka sampaikan baik secara keilmuan, syar’i, maupun sosial.

25. Ranny

Mengemukakan demokrasi ialah suatu bentuk pemerintahan dimana penataan serta peng – organisasiannya dilakukan berdasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut :

  1. Kedaulatan rakyat atau popular soveragnity.
  2. Kesamaan politik atau political equality.
  3. Konsultasi atau dialog dengan masyarakat atau political consultation.
  4. Aturan mayoritas atau sebagian besar.

26. Joseph A. Schumpeter

Menyatakan suatu sistem politik dapat dikatakan bersifat demokratis jika para pengambil keputusan kolektifnya yang terkuat dipilih melalui suatu pemilihan umum yang dilakukan dengan berkala yang di dalamnya terdapat hak bagi manusia dewasa untuk memilih. Sebuah demokrasi harus mencakup 2 hal, yakni persaingan dan partisipasi.

27. Sarjen

Mengemukakan tiap-tiap sistem demokrasi selalu didasarkan pada ide-ide bahwa negara harus terlibat dalam berbagai macam hal tertentu baik secara langsung ataupun melalui wakil – wakil yang telah mereka pilih di dewan perwakilan di bidang pembuatan keputusan-keputusan politik.

15 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap

28. Hans Kelsen

Mengemukakan Demokrasi ialah pemerintahan dari rakyat dan untuk rakyat. Dalam hal ini, maka wakil-wakil rakyat yang terpilih merupakan pelaksana kekuasaan negara, dimana rakyat telah memiliki keyakinan bahwa segala kehendak serta kepentingan mereka akan selalu diperhatikan dalam pelaksanaan pemerintahan tersebut.

29. Philippe C. Schmitter

Menyatakan Demokrasi ialah suatu teori yang menyatakan bahwa suatu negara supaya tanggap terhadap kebutuhan maupun kepentingan warganya, dimana mereka harus ikut untuk berpartisipasi dalam merumuskan kebutuhan serta mengungkapkan kepentingan-kepenting secara aktif dan bebas. Tidak hanya harus berpengertian jelas, akan tetapi juga harus memiliki berbagai sumber serta keinginan untuk melibatkan dirinya dalam perjuangan politik yang diperlukan agar preferensi mereka nantinya akan menjadi suatu bahan pertimbangan bagi para penguasa atau juga dengan berusaha menduduki jabatan di pemerintahan.

30. Wikipedia

mengemukakan Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai 30 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca. Terimaksih.

5.0
05
Loading...