29 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

29 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata strategi? Biasanya kita mendengar kata tersebut ketika hendak melakukan sebuah rencana. Menyusun sebuah strategi agar rencana berjalan dengan baik, tapi tahukah kalian apa itu strategi?

29 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap apa itu strategi  dengan seksama.

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Sudah banyak sekali pengertian yang sudah dijelaskan oleh para ahli tentang stretegi, metode maupun taktik. Yang akan dibahas dalam artikel ini khusus mengeani pengertian strategi terlebih dahulu yang akan dikemukakan oleh para ahlinya, simak penjelasan berikut:

1. Carl Von Clausewitz

Ia berpendapat bahwa strategi yaitu sebauh pengetahuan mengenai penggunaan pertempuran guna memenangkan sebuah peperangan. Dan perang itu sendiri adalah kelanjutan dari politik.

2. A.Halim

Beliau menjelaskan strategi yaitu cara dimana sebuah lembaga maupun organisasi akan mencapai tujuannya sesuai dengan peluang dan ancaman lingkungan eksternal  yang sedang dihadapi dan kemampuan internal serta sumber daya.

3. Morrisey

Morrisey berpendapat bahwa strategi yaitu suatu proses dalam menentukan arah yang harus dituju dari perusahaan agar dapat tercapai segala misinya.

4. Pearce dan Robinson

Mereka berpendapat bahwa strategi yaitu suatu rencana main oleh suatu perusahaan, yang mencerminkan kesadaran suatu perusahaan tentang kapan, dimana dan bagaimana ia harus bersaing untuk menghadapi lawan dengan maksud serta memiliki tujuan tertentu.

5. Rangkuti

Rangkuti menjelaskan bahwa strategi yaitu alat agar dapat mencapai tujuan.

6. Craig dan Grant

Mereka berdua menjelaskan bahwa strategi meruapkan suatu penetapan tujuan dan sasaran dalam jangka waktu yang panjang (Targeting and long-term goals).

7. Johnson dan Scholes

Mereka berdua juga menjelaskan mengenai aa yang dimaksud strategi yaitu suatu arah dan ruang lingkup oleh sebuah organisasi atau lembaga dalam jangka panjang, untuk mencapai keuntungan melalui konfigurasi terhadap sumber daya dalam lingkungan yang menantang, agar dapat memenuhi kebuthan pasar dan suatu kepentingan tertentu.

8. Siagaan

Siagaan menjelaskan bahwa trategi yakni serangkaian keputusan serta tindakan yang mendasar dan dibuat oleh menejemen puncak serta diterapkan keseluruh jajaran pada suatu organisasi agar dapat mencapai tujuan organisasi tersebut.

9. Kaplan dan Norton

Mereka menjelaskan mengenai Strategi ialah seperangkat hipotesis dengan model hubungan cause serta effect yaitu suatu hubungan yang dapat diekspresikan dengan hubungan antara if dan then.

10. Syafrizal

Menurut pendapat dari syarizal bahwa strategi yaitu suatu cara dalam mencapai sebuah tujuan yang berdasarkan dengan analisa terhadap faktor eksternal dan internal.

11. Bussinesdictionary

Menurut Bussinesdictionary engertian dari strategi yaitu suatu metode atau rencana yang dipilih guna membawa masa depan yang diinginkan, seperti pencapaian tujuan maupun solusi untuk suatu masalah.

12. Stephanie K. Marrus

Ia menjelaskan bahwa strategi yakni proses penentuan rencana oleh para pemimpin puncak yang berfokus terhadap tujuan jangka panjang organisasi, ditambah dengana adanya penyusunan suatu cara mauppun upaya suapaya tujuan tersebut dapat dicapai.

13. Hamel dan Prahalad

Menurut Hamel dan Prahalad menjelaskan bahwa Strategi yaitu suatu tindakan yang sifatnta incremental (senantiasa meningkat) dan terus-menerus, serta dilakukan didasari dengan sudut pandang mengenai apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.

14. David (2004)

Disini david menjelaskan bahwa strategi yakni suatu cara untuk mencapai tujuan dalam jangka panjang. Strategi bisnis sendiri dapat berupa perluasan geografis, diversifikasi, akusisi, serta pengembangan produk, dan rasionalisasi karyawan, penetrasi pasar, divestasi, likuidasi dan joint venture.

15. Glueck dan Jauch (1989)

Mereka berdua menjelaskan bahwa strategi yaitu suatu Rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis dalam perusahaan dengan tantangan lingkungan, yang dirancang guna memastikan bahwa tujuan utama perusahaan bisa tercapai dengan melalui pelaksanaan yang tepat dari organisasi.

16. Anthony dan Govindarajan

Mereka berdua berpendaat bahwa strategi itu yaitu proses dalam manajemen yang sistematis serta didefinisikan sebagai proses dalam pengambilan keputusan dari program-program yang akan dilaksanakan dari organisasi dan perkiraan sumber daya yang ini akan dialokasikan dalam setiap program selama berapa tahun yang akan datang.

17. Lynch dalam Wibisono (2006, p. 50-51)

Disini Lynch dalam Wibisono menjelaskan bahwa Strategi perusahaan yaitu suatu pola maupun rencana yang mengintegrasikan dengan tujuan utama atau kebijakan perusahaan serta rangkaian tindakan papda sebuah pernyataan yang saling mengikat.

18. Mintzberg

Mintzberg menjelaskan bahwa Strategi yairu suatu pola maupun rencana yang mengintegrasikan mengenai tujuan-tujuan utama dalam organisasi, serta kebijakan, dan urutan kegiatan yang menjadi suatu kesatuan.

19. Argyris dalam Rangkuty (2001)

Argyris dalam Rangkuty menyatakan bahwa Strategi yaitu sebuat respon yang dilakukan secara terus-menerus dan adaptif terhadap peluang serta ancaman eksternal dan kekuatan serta kelemahan internal yang mana bisa mempengaruhi organisasi

20. Wright (1996)

Wright berpendapat bahwa Stretegi yaitu suatu alat maupun tindakan yang dipakai oleh manajemen agar dapat mencapai kinerja yang konsisten dengan misi serta tujuan organisasi.

21. Wikipedia

Dikutip dari Wikipedia yang menjelaskan bahwa strategi yaitu suatu pendekatan yang dilakukann secara keseluruhan dan berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, serta perencanaan, dan  juga eksekusi dalam sebuah aktifitas dalam kurun waktu tertentu

22. Rangkuti, 2009, P3)

Disini Rangkuti menjelaskan bahwa Strategi yaitu suatu alat agar dapat mencapai tujuan

23. Quinn (1990)

Menurut pendapat dari Quinn yang menjealaskan bahwa Strategi yaitu suatu pola maupun rencana yang mengintegrasikan tujuan, kebijakan dan aksi utama dalam hubungan yang kohesif.

24. Anthony, Parrewe dan Kacmar (1999)

Mereka berpendapat bahwa Strategi juga bisa diartikan sebagai sebuah formulasi misi serta tujuan organisasi, termasuk di dalamnya yaitu suatu rencana aksi (action plans) agar dapat mencapai tujuan tersebut dengan secara eksplisit dengan mempertimbangkan kondisi persaingan serta pengaruh-pengaruh dari kekuatan yang ada di luar organisasi yang secara langsung maupun tidak berpengaruh terhadap kelangsungan organisasi (Nainggolan, 2008)

25. David (2011:18-19)

Menurut penjelasan dari David bahwa Strategi merupakan suatu sarana yang dilakukan bersama dengan tujuan dalam jangka panjang yang hendak dicapai.

26. Tjiptono (2006:3)

Menurut Tjiptono kata Strategi sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni Strategi artinya seni atau ilmu untuk menjadi seorang jendral. Disini strategi juga dapat diartikan sebagai suatu rencana dalam pembagian serta  penggunaan kekuatan militer pada daerah – daerah tertentu agar dapat mencapai tujuan tertentu.

Strategi yaittu sekumpulan cara dengan keseluruhan yang kaitannya dengan pelaksaan gagasan, serta sebuah perencanaan dalam kurun waktu tertentu.

27. Hill

Strategi merupakan segala cara yang fokus dalam suatu hal yang kaitannya dengan aktivitas manufakture serta pemasaran. Kesemuanya ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan perspektif perusahaan yang melalui agregasi.

10 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli Lengkap

28. Skninner

Ia menjelaskan bahwa strategi yaitu filosofi yang berketerkaitan dengan adanya alat dalam mencapai tujuan.

29. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dikutip dai KBBI yang menjelaskan bahwa strategi merupakan sebagai daro ilmu dan seni memakai semua sumber daya bangsa-bangsa agar bisa melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai.

Demikian pembahasan artikel kali ini tentang 29 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat memberikan manfaat dan tunggu pengertian strategi berikutnya yang lebih lengkap. Terimakasih 🙂

Daftar Isi