√ 19 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

19 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai marketing.

19 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap definisi dari marketing dengan lengkap.

Pengertian Marketing

Apa itu marketing? Marketing atau kita juga sering menyebutnya sebagai pemasaran adalah sebuah bidang permintaan atau penjualan.

Marketing itu sendiri sangat berperan dalam semua bidang usaha karena marketing menjadi subjek utama untuk menghubungkan antara suatu instansi yang membuat produk dengan masyarakat atau konsumen yang berperan sebagai pengguna produk. Maka dari itu, para perusahaan atau instansi selalu memperhatikan secara optimal mengenai hal ini supaya apa yang menjadi tujuan dari instansi tersebut dapat terpenuhi dengan baik.

Selain daripada itu marketing juga merupakan sebuah proses menyeluruh & terpadu yang didalamnya terdapat individu ataupun kelompok agar mendapatkan apapun yang diinginkan dan dibutuhkan dengan cara membentuk sebuah produk, memberikan harga lalu mempromosikannya lewat suatu program pertukaran agar memberikan sebuah kepuasan kepada konsumen dan perusahaan itus sendiri.

Marketing bisa bertindak menjadi penjual ataupun pembeli. Sebagai contoh apabila seseorang ingin membeli mobil yang kemudian akan dijual kembali, yang demikian adalah calon penjual yang berusaha memasarkan apa yang akan dijualnya kepada calon pembeli.

Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

Berikut beberapa ahli yang mengemukakan apa itu marketing:

Baca Juga:  Motif Ekonomi : Pengertian dan Contohnya

1. Jay Abraham

Beliau mengutarakan bahwa marketing dapat dianggap suskes apabila kamu sudah tampak baik bagi pelanggan kamu.

2. Philip Kotler

Dia menjelaskan marketing ialah kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dikerjakan oleh individu atau sekelompok agar mendapatkan apa yang diinginkan dengan membuat sebuah produk lalu menukarnya dengan nominal tertentu kepada pihak lain.

3. Tung Desem Waringin

Dijelaskan olehnya marketing ialah mengkomunikasikan suatu nilai tambah/perceive value yang lebih tinggi.

4. Laksita Utama Suhud

Marketing ialah berbagai usaha yang harus dilakukan agar membuat suatu bisnis atau usaha selalu tampak lebih baik di kalangan pasar dibanding para pesaing bisnis.

5. John Westwood

Menurutnya marketing merupakan sebuah usaha terpadu agar terpenuhnya semua kebutuhan konsumen secara menguntungkan.

6. Firmanzah

Dikatakan oleh beliau bahwasannya ilmu marketing yang dikembangkan dikalangan bisnis & diarahkan untuk mengejar sebuah laba.

7. Yuswohady

Dikatakannya bahwa marketing merupakan ilmu agar memenangkan sebuah persaingan.

8. Bagozzi

Bagozzi menjelaskan bahwa marketing ialah kegiatan yang memungkinkan terjadinya pertukaran antara 2 belah pihak bahkan lebih.

9. Al Ries & Jack Trout

Mereka menjelaskan bahwa marketing merupakan sebuah pertempuran dalam benak konsumen sehingga positioning ialah yang terutama, konsumen diasumsikan selaku makhluk yang rasional.

10. Hermawan Kertajaya

Dinyatakannya bahwa marketing merupakan strategic business concept yang merekat dalam mindset.

11. Swasta (1996)

Pengertian marketing bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands). Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual

12. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Marketing adalah proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan (1). Marketing menyebar luaskan ketengah-tengah masyarakat (2).

13. Willian J.Staton

Pengertian pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis untuk merencanakan, menentukan harga , mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial

Baca Juga:  √ 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli (Lengkap)

14. Sutisna

Pengertian pemasaran adalah usaha yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasaran

10 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli Lengkap

15. Muntaha

Pengertian pemasaran adalah proses pengolahan, produksi dan penyampaian informasi atau pesan-pesan melalui satu atau lebih saluran kepada khalayak sasaran secara berkesinambungan serta bersifat dua arah dengan tujuan menunjang dan efisiensi pemasaran suatu produk

16. Djaslim Saladin

Pengertian pemasaran adalah sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan

17. Kotler (1997)

Marketing adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain

18. Wikipedia

Pengertian pemasaran adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum

19. American Marketing Association dalam Kleindl dan Burrow (2005)

Pengertian marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen. Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 19 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat menambah pengetahuan para pembaca. Terimakasih 🙂