19 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai marketing.
Daftar Isi
- 19 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
- Pengertian Marketing
- Pengertian Marketing Menurut Para Ahli
- 1. Jay Abraham
- 2. Philip Kotler
- 3. Tung Desem Waringin
- 4. Laksita Utama Suhud
- 5. John Westwood
- 6. Firmanzah
- 7. Yuswohady
- 8. Bagozzi
- 9. Al Ries & Jack Trout
- 10. Hermawan Kertajaya
- 11. Swasta (1996)
- 12. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
- 13. Willian J.Staton
- 14. Sutisna
- 15. Muntaha
- 16. Djaslim Saladin
- 17. Kotler (1997)
- 18. Wikipedia
- 19. American Marketing Association dalam Kleindl dan Burrow (2005)
- Share this:
- Related posts:
19 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
Mari kita bahas lengkap definisi dari marketing dengan lengkap.
Pengertian Marketing
Apa itu marketing? Marketing atau kita juga sering menyebutnya sebagai pemasaran adalah sebuah bidang permintaan atau penjualan.
Marketing itu sendiri sangat berperan dalam semua bidang usaha karena marketing menjadi subjek utama untuk menghubungkan antara suatu instansi yang membuat produk dengan masyarakat atau konsumen yang berperan sebagai pengguna produk. Maka dari itu, para perusahaan atau instansi selalu memperhatikan secara optimal mengenai hal ini supaya apa yang menjadi tujuan dari instansi tersebut dapat terpenuhi dengan baik.
Selain daripada itu marketing juga merupakan sebuah proses menyeluruh & terpadu yang didalamnya terdapat individu ataupun kelompok agar mendapatkan apapun yang diinginkan dan dibutuhkan dengan cara membentuk sebuah produk, memberikan harga lalu mempromosikannya lewat suatu program pertukaran agar memberikan sebuah kepuasan kepada konsumen dan perusahaan itus sendiri.
Marketing bisa bertindak menjadi penjual ataupun pembeli. Sebagai contoh apabila seseorang ingin membeli mobil yang kemudian akan dijual kembali, yang demikian adalah calon penjual yang berusaha memasarkan apa yang akan dijualnya kepada calon pembeli.
Pengertian Marketing Menurut Para Ahli
Berikut beberapa ahli yang mengemukakan apa itu marketing:
1. Jay Abraham
Beliau mengutarakan bahwa marketing dapat dianggap suskes apabila kamu sudah tampak baik bagi pelanggan kamu.
2. Philip Kotler
Dia menjelaskan marketing ialah kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dikerjakan oleh individu atau sekelompok agar mendapatkan apa yang diinginkan dengan membuat sebuah produk lalu menukarnya dengan nominal tertentu kepada pihak lain.
3. Tung Desem Waringin
Dijelaskan olehnya marketing ialah mengkomunikasikan suatu nilai tambah/perceive value yang lebih tinggi.
4. Laksita Utama Suhud
Marketing ialah berbagai usaha yang harus dilakukan agar membuat suatu bisnis atau usaha selalu tampak lebih baik di kalangan pasar dibanding para pesaing bisnis.
5. John Westwood
Menurutnya marketing merupakan sebuah usaha terpadu agar terpenuhnya semua kebutuhan konsumen secara menguntungkan.
6. Firmanzah
Dikatakan oleh beliau bahwasannya ilmu marketing yang dikembangkan dikalangan bisnis & diarahkan untuk mengejar sebuah laba.
7. Yuswohady
Dikatakannya bahwa marketing merupakan ilmu agar memenangkan sebuah persaingan.
8. Bagozzi
Bagozzi menjelaskan bahwa marketing ialah kegiatan yang memungkinkan terjadinya pertukaran antara 2 belah pihak bahkan lebih.
9. Al Ries & Jack Trout
Mereka menjelaskan bahwa marketing merupakan sebuah pertempuran dalam benak konsumen sehingga positioning ialah yang terutama, konsumen diasumsikan selaku makhluk yang rasional.
10. Hermawan Kertajaya
Dinyatakannya bahwa marketing merupakan strategic business concept yang merekat dalam mindset.
11. Swasta (1996)
Pengertian marketing bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands). Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual
12. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Marketing adalah proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan (1). Marketing menyebar luaskan ketengah-tengah masyarakat (2).
13. Willian J.Staton
Pengertian pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis untuk merencanakan, menentukan harga , mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial
14. Sutisna
Pengertian pemasaran adalah usaha yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasaran
15. Muntaha
Pengertian pemasaran adalah proses pengolahan, produksi dan penyampaian informasi atau pesan-pesan melalui satu atau lebih saluran kepada khalayak sasaran secara berkesinambungan serta bersifat dua arah dengan tujuan menunjang dan efisiensi pemasaran suatu produk
16. Djaslim Saladin
Pengertian pemasaran adalah sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan
17. Kotler (1997)
Marketing adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain
18. Wikipedia
Pengertian pemasaran adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum
19. American Marketing Association dalam Kleindl dan Burrow (2005)
Pengertian marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen. Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing
Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 19 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat menambah pengetahuan para pembaca. Terimakasih 🙂