Sejarah Pendidikan Islam : Pengertian dan Ruang Lingkupnya

Sejarah Pendidikan Islam : Pengertian dan Ruang Lingkupnya – Disini akan kami bahas tentang apa itu Sejarah dan apa pengertian sejarah pendidikan islam itu sendiri serta ruang lingkupnya. Serta menjelaskan apa saja manfaat mempelajari sejarah pendidikan islam itu sendiri.

Sejarah Pendidikan Islam : Pengertian dan Ruang Lingkupnya

Mari kita bahas pengertian sejarah terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Sejarah

Kata sejarah secara etimologi dapat diungkapkan dalam bahasa Arab yaitu Tarikhsirah atau ilmu tarikh, yang berarti ketentuan masa atau waktu, sedangkan ilmu tarikh yaitui ilmu yang membahas suatu peristiwa dan sebab-sebab terjadinya peristiwa tersebut. Dalam bahasa inggris sejarah disebut dengan history yang berarti uraian secara berurutan tentang kejadian-kejadian masa lampau (orderly descriphon of past even).

Adapun secara terminologi sejarah adalah sejumlah keadaan dan peristiwa penting yang terjadi di masa lampau dan benar-benar terjadi pada individu dan masyarakat sesuai pada kenyataan-kenyataan alam dan manusia yang telah terjadi.

Sedangkan pengertian sejarah menurut KBBI adalah silsilah, kejadian, asal-usul dan peristiwa penting yang benar-benar terjadi di masa silam. Jadi, sejarah merupakan catatan yang berkaitan dengan sebuah peristiwa yang telah terjadi dan diabadikan dalam bentuk tersirat maupun tersurat dalam ruang lingkup yang luas.

Pengertian Pendidikan Islam

Pendidikan Islam yaitu suatu proses bimbingan seorang pendidik terhadap perkembangan jasmani, rohani, dan akal peserta didik ke arah terbentuknya pribadi muslim yang baik. Karena pendidikan islam merupakan alat yang dapat difungsikan untuk mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia kepada titik optimal kemampuannya untuk memperoleh ketentraman hidup di dunia dan kebahagiaan hidup di akhirat.

Dalam hal ini, pendidik berperan sebagai pemegang alat kunci yang banyak menentukan keberhasilan suatu proses pendidikan, sebagaimana telah berkembang di berbagai daerah dari sistem yang sangat sederhana sampai pada sistem pendidikan islam yang modern.

Dalam perkembangannya, pendidikan islam dalam sejarah menunjukan perkembangan yang bersifat operasional dan teknis terutama metode, alat-alat dan bentuk kelembagaan. Hal yang menjadi dasar tujuan pendidikan islam yaitu tetap mempertahankan ajaran islam sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Pendidikan Islam menurut Zakiah Drajat merupakan pendidikan yang lebih mengarah kepada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan, sikap, baik bagi keperluan individu maupun orang lain yang bersifat teoritis dan praktis.

Dari berbagai pengertian pendidikan islam dapat disimpulkan bahwa pendidikan islam ialah suatu proses bimbingan dari pendidik yang mengarahkan anak didiknya terhadap perbaikan sikap mental yang akan diwujudkan dalam amal perbuatan dan terbentuknya pribadi muslim yang lebih baik.

Pengertian Sejarah Pendidikan Islam

Pengertian sejarah pendidikan islam (Tarihut Tarbiyah islamiyah) dalam buku Zuhairini yaitu:

  • Keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu, sejak zaman lahirnya islam sampai dengan saat ini.
  • Salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam, baik dari segi ide, konsepsi maupun dari segi institusi dan operasionalisasi sejak zaman nabi Muhammad saw hingga saat ini.

Dra. Hasbullah merumuskan bahwa sejarah pendidikan islam yaitu:

  • Catatan sebuah peristiwa tentang pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam sejak lahirnya Nabi hingga saat ini.
  • Suatu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam baik dari segi gagasan atau ide-ide, konsep, lembaga maupun opersinalisasi sejak zaman nabi Muhammad hingga saat ini.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa kedua penjelasan tersebut memiliki maksud sama yaitu suatu peristiwa atau cabang ilmu pengetahuan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam dari waktu ke waktu dari segi ide, konsep, lembaga operasionalisasi sejak zaman nabi Muhammad saw sampai sekarang.

Ruang Lingkup Sejarah Pendidikan Islam

Adapun ruang lingkup sejarah pendidikan islam itu berawal dari sejarah pendidikan islam yang bermula sejak zaman Nabi Muhamad SAW sampai saat ini yang telah berkembang diberbagai negara di dunia khususnya di Indonesia.

Seperti contoh sejarah pendidikan islam yang dibawa oleh para wali songo ke Indonesia, tokoh-tokoh dan perjalanan serta perjuangan dari KH.Hasyim Asy’ary, KH.Ahmad Dahlan, Buya Hamka, Mahmud Yunus dalam upaya pembangunan pendidikan islam dan berbagai kendala yang dihadapi dalam menyebarkan pendidikan islam serta keterlibatannya dengan pemerintah dalam mengembangkan pendidikan islam.

Manfaat Mempelajari Sejarah Pendidikan Islam

Adapun manfaat atau kegunaan dalam mempelajari sejarah pendidikan meliputi dua hal yaitu bersifat umum dan akademis. Sejarah pendidikan islam memiliki kegunaan tersendiri diantaranya sebagai faktor keteladanan, cermin, pembanding, dan perbaikan diri. Dalam Al-Qur’an sebagai sumber ajaran islam banyak mengandung nilai-nilai kesejarahan sebagai suatu keteladanan. Hal ini terdapat dalam Al-Qur’an :‌‌‌‌‌‌QS. Al-AhzabArtinya:Sesungguhnya telah ada pada diri Rosulullah itu suri tauladan yang baik bagimu sekalian ….” (Q.S. Al-Ahzab: 21)

Q.S. Ali-Imran 31
Artinya:Katakanlah jika kamu (benar-benar)mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu….“(Q.S. Ali-Imran:31)

Q.S Al-A’raaf158
Artinya: “…. Dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk.” (Q.S Al-A’raaf:158)

Berpedoman pada ayat-ayat diatas, sebagai umat islam kita dapat meneladani proses pendidikan islam semenjak zaman kerasulan Muhammad SAW, Khulafaur Rasyidin, ulama-ulama besar dan para penggerak pendidikan islam.

Sebagai cerminan sejarah, kita perlu bercermin atau mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian masa lampau sehingga sejarah yang dihasilkan dapat diambil manfaatnya khususnya bagi perkembangan pendidikan islam.

Sebagai pembanding, suatu peristiwa yang berlangsung dari masa ke masa, dari waktu ke waktu tentu memiliki persamaan. Oleh karenanya, hasil yang diperoleh dari proses pembanding antara masa lampau, sekarang, dan yang akan datang diharapkan mampu memberi andil bagi perkembangan pendidikan islam karena pada hakikatnya sejarah itu menjadi cerminan pembanding bagi masa yang baru.

Sebagai perbaikan, yaitu setelah menafsirkan pengalaman masa lampau dalam berbagai kegiatan kita berusaha memperbaiki keadaan yang sebelumnya kurang konstruktif hingga menjadi lebih konstruktif.

Adapun manfaat sejarah pendidikan islam yang bersifat akademis yaitu:

Mengetahui dan memahami tumbuh kembangnya pendidikan islam, sejak zaman lahirnya islam sampai masa sekarang; Mengambil manfaat dari berbagai proses pendidikan islam, dapat memecahkan masalah pendidikan islam yang terjadi pada masa kini; serta Memiliki sikap positif terhadap segala perubahan dan pembaharuan sistem pendidikan islam.

Pengertian Sejarah Pendidikan Islam Beserta Ruang Lingkupnya

Ilmu yang Erat Kaitannya dengan Sejarah Pendidikan Islam

Sejarah pendidikan islam bukanlah ilmu yang berdiri sendiri melainkan bagian dari sejarah pendidikan secara umum. Sejarah pendidikan membahas tentang perkembangan pendidikan dari dahulu hingga sekarang. Oleh karenanya, sejarah pendidikan sangat erat kaitannya dengan beberapa ilmu lainnya antara lain yaitu:

  • Sosiologi, Yaitu suatu interaksi yang terjadi baik antara sesama individu maupun antara golongan, dimana dalam keadaan ini akan menimbulkan suatu dinamika. Dinamika dan perubahan tersebut bermuara pada terjadinya mobilitas sosial dan semua itu berpengaruh terhadap sistem pendidikan islam serta kebijaksanaan pendidikan islam yang dijalankan pada suatu masa.
  • Ilmu Sejarah, Membahas tentang perkembangan beberapa peristiwa atau kejadian penting di masa lampau juga membahas segala ikhwal (orang-orang besar) dalam struktur kekuasaan politik karena pada umumnya orang-orang besar cukup dominan pengaruhnya dalam menentukan sebuah sistem, materi, tujuan pendidikan, yang berlaku di masa itu.
  • Sejarah Kebudayaan, Dalam kaitannya pendidikan berarti suatu pemindahan isi dari kebudayaan dalam menyempurnakan segala kecakapan anak didik guna menghadapi berbagai persoalan dan harapan kebudayaannya, pendidikan islam adalah usaha mewariskan nilai-nilai budaya islam dari suatu generasi ke generasi yang akan datang. Oleh karenanya sanagat penting mempelajari sejarah kebudayaan dalam rangka memahami sejarah islam.

Itulah pembahasan mengenai Sejarah Pendidikan Islam : Pengertian dan Ruang Lingkupnya yang dapat menambah pengetahuan anda, semoga bermanfaat. Kunjungi juga pengertian filsafat pendidikan islam secara mendalam di Pengertian Filsafat Pendidikan Islam Yang Akurat, semoga bisa mendapat pengetahuan kita semua. Terimakasih.

Daftar Isi