√ Pengertian Atmosfer, Lapisan dan Pemanfaatannya (Lengkap)

Pengertian Atmosfer, Lapisan dan Pemanfaatannya (Lengkap) – Tentu kita semua sudah sering mendengar kata atmosfer, namun pada kenyataannya banyak dari kita yang masih belum mengetahui definisi dari atmosfer tsb dan pemanfaatannya. Atmosfer merupakan salah satu hal penting bagi bumi kita tercinta, atmosfer harus kita jaga dengan berbagai macam alasan.

Pengertian Atmosfer, Lapisan dan Pemanfaatannya (Lengkap)

Jika ingin mengetahui pembahsan lengkap mengenai atmosfer mari kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Atmosfer

Atmosfer berasal dari kata atmo yang artinya udara dan sphere yang artinya lapisan. Atmosfer berarti lapisan udara yang menyelubungi bumi yang memiliki sifat tertentu. Sedangkan udara merupakan benda yang transparan dalam beberapa bentuk radiasi, tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan tidak dapat diraba, kecuali jika bergerak sebagai angin.

Udara mudah bergerak, dapat ditekan, dapat mengembang. Atmosfer terdiri atas berbagai unsur yang sangat berguna bagi kehidupan, diantaranya sebagai berikut:

  • Nitrogen – N2 (78%) yang dapat digunakan untuk pembuatan pupuk.
  • Oksigen – O2 (21%) dibutuhkan untuk pernapasan.
  • Argon – Ar (0,98%) sangat penting dalam kegiatan industri lampu neon.
  • Karbon dioksida – CO2 (0,03%) sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesis tumbuhan.
  • Neon – N (0,0018%).
  • Helium – He (0,0005%).
  • Ozon – O3 (0,00006%).
  • Hidrogen – H (0,00005%).
  • Kripton – K (sangat sedikit).
  • Xenon – X (sangat sedikit).
  • Metan – M (sangat sedikit).

Ozon sangat bermanfaat bagi kehidupan dimuka bumi karena ozon dapat menyerap dan memantulkan sinar ultraviolet dari matahari sehingga bumi dan kehidupan diatasnya terlindungi dari panasnya sinar ultraviolet yang memiliki daya bakar sangat tinggi.

Baca Juga:  √ Pengertian Meteor, Ciri Ciri, Jenis Beserta Penjelasannya

Unsur-unsur gas dalam udara bercampur dengan perbandingan yang relatif konstan pada ketinggian hingga 50 km. Hal tersebut terjadi karena semua gas tersebut dibutuhkan, dikonsumsi oleh makhluk hidup, namun juga diproduksi oleh makhluk lain. Atmosfer juga sangat bermanfaat sebagai media terjadinya proses klimatologis.

Lapisan Atmosfer

Berikut adalah lapisan-lapisan dari atmosfer:

Troposfer (0-12 km)

Troposfer merupakan lapisan yang letaknya paling bawah, ketinggian troposfer tidak sama antar tempat tergantung bentuk permukaan bumi. Gejala cuaca (awan, petir, topan, badai dan hujan) terjadi di lapisan troposfer.

Stratosfer (12-60 km)

Lapisan atmosfer diatas tropopause merupakan lapisan inversi, artinya suhu udara bertambah tinggi (panas) seiring dengan naiknya ketinggian. Disebut juga lapisan ishotermis. Kenaikan suhu ini disebabkan oleh lapisan ozonosfer yang menyerap radiasi ultraviolet dari matahari. Bagian atas stratosfer dibatasi oleh permukaan diskontiunitas suhu yang disebut stratopause. Lapisan stratosfer letaknya diatas troposfer sampai ketinggian 50 km. Pada lapisan stratosfer suhu akan meningkat dengan makinbertambahnya ketinggian.

Mesosfer (60-85 km)

Mesosfer merupakan lapisan pelindung bumi dari kejatuhan meteor dan memiliki temperatur 500 sampai 700, seperti yang terjadi pada lapisan troposfer, dilapisan mesosfer juga terjadi penurunan suhu setiap bertambahnya ketinggian. Batas yang menandai berakhirnya lapisan mesosfer disebut mesopause.

Pengertian Atmosfer Dan Pemanfaatannya Lengkap

Termosfer (85-500 km)

Pada lapisan termosfer terjadi ionisasi gas-gas oleh radiasi matahari, sehingga lapisan ini dikenal juga dengan ionosfer. Berkat adanya gas-gas yang mengalami ionisasi ini, sinyal-sinyal radio komunikasi dari permukaan bumi dapat dipantulkan kembali ke bumi, sehingga aktivitas komunikasi dapat terjadi. Pada lapisan ini terdapat pula sinar kutub (aurora) yang muncul dikala fajar atau petang.

Eksosfer (>800 km)

Lapisan ini merupakan lapisan bumi paling luar, pengaruh gaya berat pada lapisan ini sangat kecil. Kandungan gas utama pada lapisan ekosfer adalah hidrogen. Kerapatan udaranya semakin tipis sampai hampir habis diambang luar angkasa.

Itulah sekilas penjelasan singkat kita tentang Pengertian Atmosfer, Lapisan dan Pemanfaatannya (Lengkap), semoga dapat menambah pengetahuan anda. Terimakasih 🙂

sumber by: Geografi SMA kelas X Aspirasi