√ Ciri-ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Ciri-ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Kali ini mari kita membahas tentang Lembaga sosial. Mungkin dari kalian sudah sering mendengar apa itu lembaga sosial. Namun masih banyak dari kita yang belum memahaminya, disini kita akan membahasnya dengan lengkap.

Ciri-ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Untuk lebih lengkapnya mari kita simak uraian dibawah ini.

Ciri-ciri Lembaga Sosial

Menurut Gillin dalam karyanya yang berjudul General Features of Social Institutions, ciri-ciri umum lembaga sosial yaitu:

♦ Suatu organisasi pola-pola pemikiran dan pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas-aktivitas kemasyarakatan dan hasil-hasilnya. Lembaga sosial terdiri atas adat istiadat, tata kelakuan, kebiasaan-kebiasaan dan unsur-unsur kebudayaan lainnya.

♦ Suatu tingkat kekekalan tertentu yang merupakan ciri dari semua lembaga masyarakat. Sistem-sistem kepercayaan dan aneka tindakan, baru akan menjadi bagian lembaga kemasyarakatan setelah melewati waktu yang relatif lama. Misalnya, suatu sistem pendidikan tertentu akan dapat diterapkan seluruhnya setelah mengalamai masa percobaan.

♦ Lembaga sosial mempunyai satu atau beberapa tujuan tertentu. Mungkin saja tujuan tersebut tidak sesuai atau sejalan dengan fungsi lembaga yang bersangkutan apabila dipandang dari sudut kebudayaan secara keseluruhan.

Baca Juga:  √ Pengertian Akomodasi, Macam-Macam Akomodasi Dan Contohnya

♦ Mempunyai alat-alat perlengkapan yang dipergunakan untuk mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan, seperti bangunan, peralatan dan mesin. Bentuk serta penggunaan alat-alat tersebut biasanya berbeda antara satumasyarakat dengan masyarakat lainnya.

♦ Mempunyai lambang-lambang sebagai ciri khas dari lembaga kemasyarakatan. Lambang-lambang tersebut secara simbolis menggambarkan tujuan dan fungsi lembaga yang bersangkutan. Contohnya setiap angkatan bersenjata mempunyai panji-panji, dan perguruan tinggi atau sekolah mempunyai lambang masing-masing.

♦ Mempunyai tradisi tertulis dan tidak tertulis yang merumuskan tujuannya, tata tertib yang berlaku dan lain-lain. Tradisi tersebut merupakn dasar bagi lembaga itu.

Lembaga sosial dibentuk oleh masyarakat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok manusia, pada dasarnya mempunyai beberapa fungsi, diantaranya:

♦ Memberikan pedoman pada anggota-anggota masyarakat bagaimana mereka harus bertingkah laku atau bersikap dalam menghadapi masalah-masalah dalam masyarakat yang bersangkutan.

♦ Menjaga keutuhan dari masyarakat yang bersangkutan.

♦ Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (social control) artinya sistem pengawasan dari masyarakat terhadap tingkah laku anggota-anggotanya.

Ciri-Ciri Dan Fungsi Lembaga Sosial

Fungsi Lembaga Sosial

Secara umum fungsi lembaga sosial dapat dibedakan atas dua bentuk yaitu:

Fungsi Manifes

Fungsi manifes (nyata) adalah fungsi lembaga sosial yang disadari dan menjadi harapan banyak orang. Contoh lembaga keluarga berfungsi sebagai tempat sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Lembaga ekonomi berfungsi mengatur sistem produksi, distribusi, dan konsumsi barang yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat.

Baca Juga:  √ Pengertian Integritas, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Ciri Pribadinya

Fungsi laten

Fungsi laten adalah fungsi lembaga sosial yang tidak disadari dan bukan menjadi tujuan utama banyak orang. Dengan kata lain, fungsi laten adalah fungsi yang tidak tampak di permukaan dan tidak diharapkan masyarakat, tetapi ada. Contoh dalam lembaga keluarga perkawinan dijadikan sarana untuk menutup rasa malu dari anggapan yang mengatakan bahwa orang yang tidak menikah berarti tidak laku. Dalam lembaga politik pemilu dijadikan sarana untuk mendapat kekuasaan semata karena dengan ekuasaan seseorang dapat menumpuk kekakayaan sebanyak-banyaknya.

Inilah penjelasan mengenai Ciri-ciri Lembaga Sosial dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) yang dijelaskan dengan lengkap dan semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih 🙂

5.0
22