√ Bentuk Bentuk Perubahan Sosial (Pembahasan Lengkap)

Bentuk Bentuk Perubahan Sosial (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu bentuk-bentuk dari perubahan sosial dengan sangat lengkap.

Bentuk Bentuk Perubahan Sosial (Pembahasan Lengkap)

Bentuk-bentuk perubahan sosial terbagi menjadi dua perubahan, yaitu perubahan secara evolusioner dan revolusioner. Berikut penjabarannya:

Perubahan Secara Evolusioner

Perubahan evolusioner adalah suatu proses perubahan yang berjalan secara lambat dari bentuk atau wujud yang sederhana menjadi lebih sempurna atau lebih rumit. Perubahan evolusioner memerlukan waktu lama dan rentetan-rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat.

Pada evolusi perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa rencana atau kehendak tertentu. Perubahan evolusioner terjadi karena adanya usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan-keperluan, keadaan-keadaan dan kondisi-kondisi baru yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat.

Ada beberapa teori tentang perubahan evolusioner yang pada umumnya dapat digolongkan kedalam beberapa kategori sebagai berikut.

1. Unilinear Theory of Evolution

Teori ini berpendapat bahwa manusia dan masyarakat mengalami perkembangan sesuai dengan tahapan-tahapan tertentu bermula dari bentuk sederhana, ke bentuk kompleks sampai pada tahap yang sempurna. Pelopor teori ini adalah Agueste Comte dan Herbert Spencer.

2. Universal Theory Evolition

Teori ini menyatakan bahwa perkembangan masyarakat tidak perlu melalui tahap-tahap tertentu yang tetap. Kebudayaan manusia telah mengikuti suatu garis evolusi tertentu. Teori ini dikemukakan oleh Herbert Spencer. Spencer menyatakan bahwa masyarakat merupakan hasil perkembangan dari kelompok homogen ke kelompok heterogen baik sifat maupun susunannya.

Baca Juga:  √ Pengertian Kelompok, Contoh, Jenis Beserta Perbedaannya

3. Multilineal Theories of Evolution

Teori ini menekankan pada penelitian-penelitian terhadap tahap-tahap perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat. Misalnya, penelitian mengenai perubahan sistem ekonomi masyarakat dari agraris ke maritim atau sebaliknya.

Perubahan Revolusioner

Misalnya, Revolusi industri inggris. Perubahan yang terjadi pada waktu Revolusi industri dari tahap produksi tanpa mesin menuju ke tahap produksi menggunakan mesin. Perubahan tersebut dianggap cepat karena mengubah sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat seperti sistem kekeluargaan dan hubungan buruh dengan majikan.

Bentuk Bentuk Perubahan Sosial Terlengkap

Jadi, perubahan revolusioner bersifat menyeluruh dan berlangsung secara cepat dalam waktu singkat dan menyangkut dasar-dasar atau sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat. Perubahan revolusioner terjadi daapt di rencanakan terlebih dahulu atau tanpa rencana.

  • Perubahan yang berpengaruh kecil dan perubahan yang berpengaruh besar.
  • Perubahan yang dikehendaki (intended change) atau perubahan yang direncanakan (planned-change).
  • Perubahan yang tidak dikehendaki (unintended-change) atau perubahan yang tidak di rencanakan (unplanned-change).
  • Perubahan struktural dan perubahan proses.

Perubahan stuktural adalah perubahan yang sangat mendasar yang menyebabkan timbulnya reorganisasi dalam masyarakat. Contohnya, penggunaan alat-alat pertanian yang serba canggih.

Perubahan proses adalah perubahan yang sifatnya tidak mendasar. Perubahan tersebut hanya merupakan penyempurnaan dari perubahan sebelumnya. Contohnya, perubahan kurikulum dalam bidang pendidikan yang sifatnya menyepurnakan kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam perangkat atau dalam pelaksanaan kurikulum sebelumnya.

Itulah beberapa Bentuk Bentuk Perubahan Sosial (Pembahasan Lengkap) yang dapat anda simak dengan mudah, semoga bisa menambah pengetahuan anda, terimakasih.