√ Beberapa Dampak Modernisasi di Indonesia (Lengkap)

Beberapa Dampak Modernisasi Di Indonesia Lengkap – Bicara mengenai modernisasi, dimana zaman berkembang seiring dengan berjalannya waktu, ternyata modernisasi itu sendiri mempunyai beberapa dampak.

Beberapa Dampak Modernisasi di Indonesia (Lengkap)

Dampak apa saja yang ditimbulkan dari modernisasi? Berikut ulasannya.

Disorganisasi Sosial

Disorganisasi adalah memudarnya atau melemahnya norma-norma dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat karena adanya perubahan sosial dan budaya. Perwujudan dari disorganisasi adalah timbulnya masalah-masalah sosial yang tidak diinginkan.

Masalah sosial merupakan penyimpangan terhadap norma-norma dan nilai-nilai sosial kemasyarakatan pada umumnya. Suatu masalah sosial adalah peranan-peranan sosial khusus yang dimiliki oleh individu didalam masyarakat atas dasar tradisi atau kelahiran dan juga peranan atas dasar perbedaan jenis kelamin yang dalam suatu proses perubahan mengalami kegoyahan.

Proses-proses yang dimaksud antara lain:

  • Persoalan yang berhubungan erat dengan organisasi masyarakat (community organization). Terjadinya keretakan dalam organisasi-organisasi masyarakat seperti kekerabatan, ketetanggaan dan lain-lain.
  • Adanya pembagian kerja yang disebabkan oleh semakin terspesialisasinya bidang-bidang pekerjaan sehingga memerlukan tenaga kerja yang memiliki keahlian yang khusus pula.
  • Aktivitas untuk mengisi waktu senggang. Biasanya berupa kegiatan yang berhubungan dengan kegemaran atau jenis rekreasi tertentu.
  • Pengangguran juga banyak terdapat pada masyarakat yang baru melakukan modernisasi khususnya industrialisasi.

Kesenjangan Budaya dan Disintegrasi Sosial

Perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat dapat menimbulkan ketidakseimbangan (disequilibrium) hubungan-hubungan sosial. Hal ini terjadi karena adanya unsur-unsur dalam masyarakat yang berubah cepat.

Namun, beberapa unsur yang berubah dengan cepat tersebut berkaitan erat dengan unsur-unsur yang berubah dengan sangat lambat. Keadaan demikian disebut kesenjangan budaya (cultural lag).

Baca Juga:  √ Pengertian Etos Kerja, Fungsi, Ciri, Cara Menumbuhkan dan Faktornya

Perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat tidak selalu diikuti dengan reaksi dari sistem sosial yang bersifat menyesuaikan (adjustive), artinya perubahan-perubahan itu tidak selalu disertai dengan penyesuaian-penyesuaian sehingga masyarakat mengalami disintegrasi sosial.

Dalam keadaan disintegrasi keseimbangan, keserasian dan harmoni dalam hubungan masyarakat tidak lagi mengalami ketentraman dan ketertiban. Mereka menghadapi konflik atau pertentangan yang diakibatkan oleh perbedaan persepsi antarwarga mengenai nilai dan norma sosial yang telah ada.

Disintegrasi sosial diawali oleh gejala-gejala sebagai berikut:

  • Tidak adanya persamaan pandangan antaranggota masyarakat mengenai tujuan bersama yang semula mereka jadikan pegangan atau patokan.
  • Norma-norma masyarakat tidak lagi dapat berfungsi dengan baik sebagai alat pengendalian sosial untuk mencapai tujuan masyarakat.
  • Terjadinya pertentangan antarnorma dalam masyarakat.
  • Sanksi kepada anggota yang melanggar norma tidak dilaksanakan secara konsekuen.
  • Tindakan-tindakan warga masyarakat tidak lagi sesuai dengan norma-norma yang berlaku.
  • Terjadi proses sosial yang bersifat disosiatif (upaya memisahkan diri), seperti persaingan, pertentangan ataupun kontraversi.

Beberapa Dampak Modernisasi Di Indonesia Lengkap

Bentuk-bentuk Disintegrasi Sosial Dalam Masyarakat

Bentuk-bentuk disintegrasi sosial dalam masyarakat diantaranya adalah:

  • Kriminalitas
  • Pergolakan daerah
  • Aksi protes (demonstrasi)
  • Kenakalan remaja

Itulah uraian mengenai Beberapa Dampak Modernisasi di Indonesia (Lengkap) yang perlu kita ketahui, agar kita menyadari bahwa perubahan zaman pun mempunyai beberapa dampak. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda, terimakasih.