√ 6 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

6 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang sosial. Yang akan kita bahas disini tepatnya adalah perubahan sosial, apa sih perubahan sosial itu? Mari kita bahas lengkap disini.

6 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap)

Sudah menjadi hal yang umum jika terjadi perubahan pada sesuatu, tidak lain halnya dengan sosial.

Pengertian Perubahan Sosial

Suatu keadaan dimana tidak terjadinya penyesuaian diantara unsur-unsur yang saling berbeda yang ada dalam kehidupan sosial sehingga menghasilkan pola yang tidak serasi fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan, disebut perubahan sosial.

Berdasarkan definisi tersebut perubahan sosial memiliki tiga unsur:

  1. Adanya unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan sosial.
  2. Tidak adanya penyesuaian diantara unsur-unsur yang saling berbeda tersebut.
  3. Menghasilkan pola yang tidak serasi fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Para ahli juga mendefinisikan perubahan sosial sebagai berikut:

1. Selo Soemardjan

Perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan didalam suatu masyarakat yang mempengaruhi suatu sistem sosialnya, termasuk didalamnya nilai, sikap dan pola perilaku diantara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

2. Kingsley Davis

Perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

3. Mac Iver

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.

Baca Juga:  Pergaulan Bebas : Pengertian, Ciri, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

4. Samuel Koenig

Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-midifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi-modifikasi ini bisa terjadi karena faktor-faktor intern maupun ekstern.

5. William F. Ogburn

Perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan pada aspek kehidupan sosial, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berpengaruh pada pola berfikir masyarakat.

6. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin

Perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

6 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur sosial atau organisasi sosial masyarakat.

Perubahan sosial meliputi perubahan dalam berbagai hal, seperti perubahan teknologi, perilaku, norma, sistem nilai, pola dan keyakinan. Perubahan tersebut dikaitkan dengan perubahan yang mempengaruhi sebagian besar individu dalam masyarakat tertentu.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 6 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga bisa menambah pengetahuan anda dan bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.