Wanita Sholehah : 31 Sifat Dan Ciri Dalam Islam Lengkap

Wanita Sholehah : 31 Sifat Dan Ciri Dalam Islam Lengkap – Untuk kesempatan kali ini mari kita ulas sebuah tema dimana seorang wanita itu bisa menjadi sebuah berkah tersendiri dalam keluarga. Dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah. Seperti dalam sebuah hadits dikatakan:

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah” (HR. Muslim no. 1467).

31 Sifat Dan Ciri Wanita Sholehah Dalam Islam Lengkap

Untuk para istri maupun calon seorang istri yang shalihah, hendaknya mengetahui apa yang disukai oleh suaminya, banyak sifat dan ciri-ciri wanita shalihah yang sangat didambakan oleh para suami. Tentunya semua yang dilakukan tidak terlepas dari ajaran-ajaran agama. Perlunya pengetahuan tentang hakikat sebagai seorang istri itu sangat penting agar dalam menjalani biduk rumah tangga berjalan dengan penuh keharmonisan, sakinah, mawaddah wa rohmah. Tidak hanya istri, suami pun harus mengetahui hakikatnya sebagai seorang suami, pemimpin rumah tangga dan imam yang baik bagi keluarganya.

Sifat Dan Ciri-Ciri Wanita Sholehah

Sebagai seorang pria sholih atau suami yang sholih, tentu menginginkan wanitanya memiliki sifat-sifat baik yang mampu menentramkan hati suami dan membawa keberkahan dalam keluarga yang akan dibangunnya. Berikut ada beberapa sifat dan ciri-ciri wanita sholehah dambaan pria shalih sesuai ajaran agama islam, antara lain:

1. Wanita yang taat dan bertaqwa kepada Allah SWT dan paham agama.

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ: لِمَـالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

Yang artinya “Wanita dinikahi karena empat faktor yaitu karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka dapatkanlah wanita yang taat beragama niscaya kamu akan beruntung” (HR. Al-Bukhari no. 5090 dan Muslim no. 1466).

Rasulullah SAW mengancam dan melarang laki-laki menikahi perempuan bukan karena agamanya. “Jangan kalian mengawini wanita karena kecantikannya, bisa jadi kecantikannya akan membuatnya sombong. Dan jangan pula karena hartanya, bisa jadi kekayaannya membuat dia melawan, tetapi kawinilah wanita karena agamanya. Sesungguhnya hamba sahaya yang hitam lagi pesek namun beragama itu lebih baik.”(HR Ibnu Majah)

Bekal yang sangat diutamakan adalah paham tentang ajaran-ajaran agama, bisa membaca dan melantunkan ayat-ayat Al-qur’an yang bisa menjadi dasar untuk dapat mewujudkan rumah tangganya dengan pondasi yang kokoh guna menyiapkan generasi Islam yang diridhoi-Nya.

2. Wanita yang bisa mengaji atau mambaca ayat Al-Qur’an.

Sangat penting bagi wanita untuk pandai melantunkan dan membaca ayat al-qur’an dan lebih bagus lagi hafal ayat al-qur’an karena selain pahalanya membacanya yang luar biasa, Al-Qur’an merupakan salah satu mukjizat yang Allah jamin kemurniannya. Ada banyak kemuliaan dan kebaikan didalamnya salah satunya adalah Al-Qur’an dapat merangsang perkembangan otak anak dan meningkatkan intelegensinya, ketika mengandung hendaknya sering-sering membacakan ayat-ayat al-qur’an, agar kelak generasi yang dilahirkan menjadi cerdas dan berakhlak budiman.

3. Mampu menjaga aib dan rahasia suami.

Tidak suka membeberkan aib suami kepada siapapun. Istri yang baik akan selalu menjaga rahasia suaminya, karena itu merupakan aib bagi suaminya.

4. Wanita yang berakhlakul karimah.

Senantiasa selalu menjaga tutur bahasanya, santun dalam berbicara, lembut perangainya dan berprilaku sopan terhadap suaminya.

5. Tidak mudah marah pada suami.

Bersifat legowo dan mudah untuk memaafkan disetiap kesalahannya.

6. Selalu menyenangkan hati suaminya.

Selalu ceria dan romantis dihadapannya akan membuatnya senang dan mendamaikan hati.

7. Memberi perhatian pada suami.

dari hal sekecil apapun seperti menyiapkan pakaian untuknya, membersihkan tempat tidurnya, membelai keningnya, memberi senyuman, mencium tangannya ketika salah satu darinya hendak pergi.

8. Menerima dan menghargai sekecil apapun yang suami berikan.

Bersyukur atas apa yang dia usahakan untuk membahagiakan kamu, walau dengan sesuatu yang tidak berharga sekalipun.

9. Taat pada perintah suami.

Apapun yang diperintahkan oleh suami selagi bukan dalam hal maksiat ataupun dosa, kita wajib mematuhinya.

10. Bersolek hanya untuk suami dan tidak berlebihan dalam bersolek.

Pria mana yang tidak menginginkan wanitanya cantik dan rapih, selain enak dipandang juga bisa memberikan kenyamanan serta aura positif. Jika melihat istrinya bau dekil dan kumel tentu akan membuat suami tidak nyaman berada didekatnya. Ga ada ruginya kan melakukan hal seperti itu, agar suami betah di rumah ??

11. Tidak suka keluar rumah jika tidak ada keperluan dan seizin suami.

Wanita sholihah itu selalu menjaga dirinya, bukan pergi keluar rumah berkumpul diluar rumah dengan menggunjing dan ngerumpi ga jelas. Jika sudah berumah tangga hendaknya mengetahui kapasitasnya sebagai seorang istri juga ibu bagi anak-anak.

12. Wanita yang tidak pecemburu.

Cemburu memang tanda cinta, tapi jangan jadi wanita pecemburu. Cemburu yang fatal bisa membakar keutuhan rumah tangga. Berikanlah kepercayaan dan saling setia pada pasangan.

13. Penuh kasih sayang.

Akan sangat berharga ketika pasangan memiliki sifat yang penuh kasih sayang, karena sifat ini sangat dibutuhkan agar ketentraman jiwa terpenuhi.

14. Wanita yang tidak pemalas.

Bagaimana tugas rumah bisa terselesaikan jika seorang istri malas-malasan?, karena begitu banyaknya tugas seorang istri dari mulai mencuci pakaian, piring, memasak, menyiapkan makanan, menyapu, nyetrika, membersihkan ruangan dari debu dan kotoran, membersihkan barang-barang, sampai menata rapi ruangan yang ada di dalam rumah, semua itu adalah tugas wanita, so…jadilah wanita yang ga pemalas Ok… supaya makin disayang suami.

15. Manjakanlah suami.

Ketika suami sedang berada di rumah, janganlah menyibukkan diri dengan melakukan ibadah-ibadah sunnah yang bisa menghalangi suaminya untuk istimta’ (bernikmat-nikmat) dengannya, kecuali bila suami mengizinkan. Jika sudah berumah tangga, istri adalah ladang bagi suaminya, dan disitulah ladang pahala bagi keduanya. seperti dikatakan dalam sebuah hadits:

7

Yang artinya: “Tidak halal bagi seorang istri berpuasa (sunnah) sementara suaminya ada (tidak sedang bepergian) kecuali dengan izinnya“. (HR. Al-Bukhari no. 5195 dan Muslim no. 1026)

16. Melayani suami dengan penuh keihkhlasan.

Jangan pasang muka cemberut, dahi mengkerut dan bibir manyun ya…, supaya Allah tidak melaknatmu. Jangan pula menolak ajakan suami untuk bersenang-senang dengannya, karena Allah sangat tidak menyukai hal itu.

17. Menjaga kehormatan dan harta suami.

Baik ketika suami sedang tidak berada di rumah maupun sedang berada di rumah. Karena kehormatan dan harta suami adalah kehormatan dan hartanya istri.

18. Tidak suka membantah perkataan suami.

Terkecuali perkataannya salah dan menyesatkan. Jika tidak menyukai, maka bicarakanlah dengan lembut tanpa ada kekerasan dan menimbulkan pertengkaran.

19. Mampu menghibur suami ketika sedang bersedih atau tertimpa masalah.

Jangan memperkeruh masalah dan keadaan. Buatlah hatinya menjadi tenang.

20. Wanita yang cerdas.

Istri yang cerdas adalah dambaan semua pria, karena mereka ingin anak-anaknya terlahir dari wanita yang cerdas, agar mampu merawat, membimbing dan mendidik putra-putrinya kelak dengan berbagai asupan pendidikan dan berakhlak mulia.

21. Bisa menjaga diri.

Dalam artian mampu menjaga pandangannya dari fitnah dunia.

22. Wanita yang mempunyai sifat keibuan.

Sifat keibuan seorang wanita didukung oleh dua hal yaitu rasa cinta dan kelembutan rasa. Rasa cintanya yang begitu besar karenanya besar pula pengorbanannya demi putra-putrinya. Kelembutan rasa yang dimilikinya membuat putra-putrinya lebih dekat dan hangat dalam dekapannya. Suami pasti bangga memiliki seorang istri yang dapat dipercaya dalam mengurusi anak-anaknya kelak.

23. Wanita yang pandai membagi waktu

Wanita muslimah selalu bisa menjaga waktunya supaya tidak terbuang dengan sia-sia, disiang hari ataupun malam harinya. Maka dengan seperti itu, dapat terhindar dari ghibah (menggunjing), namimah (adu domba), dicaci dan hal lainya yang tidak ada gunanya.

24. Wanita yang tetap setia mendampingi sang suami

Pada saat suaminya sedang didalam rumah (tidak pergi keluar atau safar), seorang wanita menyibukkan diri dengan melaksanaka ibadah sunnah yang bisa menghalangi suaminya untuk istimta’ (bernikmat-nikmat dengannya seperti berpuasa, kecual jika suaminya menginzinkan. Sesuai sabda Rasulullah Shallahllahu’alaihi wa sallam yaitu:

“Tidak halal bagi seorang istri berpuasa (sunnah) sementara suaminya ada (tidak sedang bepergian) kecuali dengan izinnya”. (HR. Al-Bukhari no. 5195 dan Muslim no. 1026)

25. Wanita yang pandai bersyukur

Seorang istri yang sholehah ialah wanita yang pandai bersyukur atas pemberian dan kebaikan suaminy, tidak melupakan kebaikannya, karena Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Diperlihatkan neraka kepadaku, ternyata aku dapati kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita yang kufur.” Ada yang bertanya kepada beliau: “Apakah mereka kufur kepada Allah?” Beliau menjawab: “Mereka mengkufuri suami dan mengkufuri (tidak mensyukuri) kebaikannya. Seandainya salah seorang dari kalian berbuat baik kepada seorang di antara mereka (istri) setahun penuh, kemudian dia melihat darimu sesuatu (yang tidak berkenan baginya) niscaya dia berkata: “Aku tidak pernah melihat darimu kebaikan sama sekali.” (HR. Al-Bukhari no. 29 dan Muslim no. 907)

26. Wanita yang selalu menjaga auratnya

Bisa disebut sebagai wanita yang sholehah apabila ia pandai dalam menjaga auratnya. Salah satu kewajiban untuk seorang muslimah yakni dengan menutup aurat dan menjaga dengan sebaik-baiknya.

27. Wanita yang meayani suami dengan ikhlas

Seorang istri tidak boleh atau jangan pernah sekali-kali menolak ajak suami untuk bersenang-senang, karena Allah akan melaknatnya. Selalu memberikan pelayanan yang menyenangkan supaya sang suami semakin mencainya adalah kewajiban.

28. Wanita yang senantiasa beristighfar

Wanita yang sholehah didalam hatinya tertanam rasa takut kepada Allah apabila melakukan suatu kesalahan atau perbuatan yang dilarang dan dibenci oleh Allah. Sehingga wanita sholehah senantiasa menjaga diri dengan selalu beristighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT

29. Wanita yang memiliki sikap sederhana

Wanita yang sholehah mempunyai iman yang sempurna, menjadikan mereka tidak akan tergoda dengan kemewahan dunia. Mereka senantiasa hidup sederhana dan selalu mensyukuri akan nikmat yang sudah Allah berikan untuknya.

30. Wanita yang berpedoman terhadap Al-Quran dan Al-Hadits

Al-quran dan Hadist merupakan pedoman hidup setiap umat Islam, tak terkecuali juga untuk wanita muslimah. Dengan berpegang teguh kepada Al-quran dan Hadits, maka akan merasakan ketenangan dan ketentraman dan juga mendapatkan syafaatnya di hari kiamat (yaumil kiyamah).

31. Mendahulukan kepentingan suami

Wanita yang sudah menjadi istri selalu mendahulukan kepentingan suaminya daripada kepentingan dirinya. Selain itu dia taat dan melayani apa yang diperintahkan oleh sang suami, selama perintah tersebutnya tidak bertentangan dengan syariat agama.

22 Sifat Dan Ciri-Ciri Wanita Sholehah

Jika memiliki istri sholehah seperti itu, insyaAllah kehidupan keluarga yang dibinanya akan selalu dalam limpahan keberkahan dari Allah, sakinah, mawaddah wa rohmah serta dapat melahirkan putra-putri yang shalih shalihah serta menjadi penyejuk mata. Aamiin.

Demikian artikel yang saya tulis tentang Wanita Sholehah : 31 Sifat Dan Ciri Dalam Islam Lengkap. Semoga kita yang belum mendapat pasangan hidup akan mendapatkan pasangan yang Allah ridhoi dengan karakter yang kita dambakan dan menjadi penyejuk mata untuk kehidupan kelak hingga kesurgaNya, dan bagi yang sudah berkeluarga bisa jadi cerminan untuk hidup lebih tertata dengan kaidah-kaidah yang telah ditentukan, agar selalu bahagia dan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rohmah selamanya. Aamiin.

Daftar Isi