10 Pengertian Dan Hakikat Lembaga Sosial

10 Pengertian Dan Hakikat Lembaga Sosial – Lembaga sosial berasal dari istilah dalam bahasa Inggris, yaitu sosial institutnya. Para ahli sosiologi di Indonesia menerjemahkannya dengan istilah berbeda-beda. Disini akan dibahas secara lengkap dari beberapa ahli sekaligus menjelaskan lembaga sosial itu sendiri.

Lembaga sosial merupakan wadah dari sekumpulan norma atau kaidah yang mengatur pendukungnya dalam rangka mewujudkan kebutuhan masyarakat yang bersifat khusus. Untuk memfungsikan sekumpulan norma atau gagasan perilaku itu, setiap lembaga sosial memiliki beberapa asosiasi atau organisasi. Berikut penjelasannya.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

1. Menurut Robert Mac Iver dan CH. Page, Lembaga sosial merupakan kondisi-kondisi atau bentuk-bentuk prosedur yang mapan, yang menjadi karakteristik bagi aktivitas kelompok. Kelompok yang melaksanakan patokan-patokan tersebut disebut asosiasi.

2. Menurut Alvin L. Bertrand, Lembaga sosial pada hakikatnya adalah sekumpulan dari norma-norma sosial (struktur-struktur sosial) yang sudah diciptakan agar dapat melaksanakan fungsi masyarakat. Lembaga-lembaga tersebut meliputi sekumpulan norma dan bukan merupakan norma yang berdiri sendiri.

3. Menurut Summer, Lembaga sosial dilihat dari sudut kebudayaan diartikan sebagai cita-cita, perbuatan, sikap dan perlengkapan-perlengkapan kebudayaan, yang memiliki sifat kekal serta yang bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat. Yang terpenting adalah agar ada keteraturan dan integrasi dalam masyarakat.

4. Menurut Roucek dan Warren, Lembaga sosial adalah bermacam pola yang sudah memiliki kedudukan pasti atau tetap untuk mempersatukan beragam kebutuhan manusia yang timbul dari kebiasaan-kebiasaan dengan mendapatkan persetujuan dengan cara-cara yang sudah tidak terelakkan lagi, untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan suatu struktur.

5. Menurut Mayor Polak, Lembaga sosial adalah suatu kompleks atau sistem berbagai peraturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai yang penting.

Baca Juga:  28 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Terlengkap
Loading...

6. Menurut Leopold von Wilsen dan Becker, Lembaga sosial adalah sebagai suatu jaringan proses-proses hubungan antarkelompok sosial dan antarmanusia yang mempunyai fungsi untuk memelihara hubungan-hubungan itu serta pola-pola yang sesuai dengan minat dan kepentingan manusia dalam kelompoknya.

Loading...

7. Menurut Fitcher, Lembaga sosial adalah suatu sistem hubungan-hubungan sosial yang mengandung nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam usaha memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

8. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, Semua norma-norma dari segala tingkat yang berkisar pada suatu keperluan pokok dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu kelompok yang diberi nama lembaga kemasyarakatan.

10 Pengertian Dan Hakikat Lembaga Sosial

9. Menurut Soerjono Soekanto, Lembaga kemasyarakatan adalah himpunan dari norma-norma dari segala tindakan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok didalam kehidupan masyarakat.

10. Menurut Koentjaraningrat, Pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.

Itulah 10 Pengertian Dan Hakikat Lembaga Sosial menurut para ahli yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

10 Pengertian Dan Hakikat Lembaga Sosial
Like Postingan Ini