√ Sifat Kerja Otot Pada Manusia (Pembahasan Lengkap)

Sifat Kerja Otot Pada Manusia Lengkap – Otot memang bisa menjadi sesuatu yang menarik, Bagi seorang pria otot merupakan simbol dari seseorang yang sehat. Untuk itu ada baiknya jika para pria bisa menjaga tubuhnya dengan ototnya. Setelah kita mengetahui tentang jenis-jenis otot, sekarang kita akan bahas mengenai sifat kerja otot pada manusia. Otot bisa berkontraksi tentu karena adanya rangsangan.

Pada umumnya otot berkontraksi bukan satu rangsangan saja, tapi karena suatu rangkaian rangsangan yang berurutan. Rangsangan-rangsangan yang terjadi akan menimbulkan tonus atau ketegangan yang maksimum. Tetanus adalah tonus yang maksimum terus menerus.

Sifat Kerja Otot Pada Manusia Lengkap

Mari kita bahas lengkap sifat kerja otot disini.

Sifat Kerja Otot Manusia

Adapun sifat kerja otot pada manusia terbagi menjadi dua yaitu: antagonis dan sinergis.

Otot Antagonis

Otot Antagonis

Antagonis ialah kerja otot yang kontraksinya menimbulkan efek gerak berlawanan. Contohnya:

  • Ekstensor (meluruskan) dan fleksor (membengkokkan). Misalnya otot bisep dan otot trisep.
  • Abduktor (menjauhi badan) dan adduktor (mendekati badan). Misalnya gerak tangan sejajar dengan bahu dan sikapnya sempurna.
  • Depresor (ke bawah) dan elavator (ke atas). Misalnya gerak kepala dengan menundukkan dan menengadah.
  • Supinator (menengadah) dan pronator (menelungkup). Misalnya gerak telapak tangan menengadah dan gerak tangan menelungkup.

Otot Sinergis

Otot Sinergis

Berbeda dengan otot antagonis, otot sinergis adalah kerja otot yang kontraksinya menimbulkan gerak searah. Contohnya pronator teres dan pronator kuadratus.

Mungkin sekian dulu pembahasan singkat kita tentang Sifat Kerja Otot Pada Manusia Lengkap. Semoga artikel diatas bisa menambah ilmu wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Kunjungi seputarpengetahuan.co.id untuk pembahasan menarik lainnya. terimakasih telah berkunjung.