√ Pengertian Vulkanisme Dalam Ilmu Geografi (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Vulkanisme Dalam Ilmu Geografi (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang vulkanisme. Mungkin kita sudah sering mendengar kata tersebut, namun apakah kalian sudah mengerti apa itu vulkanisme?

Pengertian Vulkanisme Dalam Ilmu Geografi (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian vulkanisme terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Vulkanisme

Vulkanisme yaitu peristiwa yang sehubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumiMagma adalah campuran batu-batuan dalam keadaan cair serta sangat panas yang berada dalam perut bumi.

Aktivitas magma disebabkan oleh tingginya suhu magma dan banyaknya gas yang terkandung didalamnya sehingga dapat terjadi retakan-retakan dan pergeseran lempeng kulit bumi. Magma dapat berbentuk gas padat dan cair. Proses terjadinya vulkanisme dipengaruhi oleh aktivitas magma yang menyusup ke litosfer (kulit bumi).

Apabila penyusupan magma hanya sebatas kulit bumi bagian dalam dinamakan Intrusi Magma. sedangkan penyusupan magma sampai keluar kepermukaan bumi disebut Ekstrusi Magma.

Intrusi Magma

Intrusi Magma adalah peristiwa menyusupnya magma diantara lapisanbatu-batuan, tetapi tidak mencapai permukaan bumi. Intrusi magma dapat dibedakan menjadi empat, yaitu:

  1. Intrusi Datar (sill atau lempeng intrusi), yaitu magma yang menyusup diantara dua lapisan batuan, mendatar dan paralel dengan lapisan batuan tersebut.
  2. Lakolit, yaitu magma yang menerobos diantara lapisan bumi paling atas. Bentuknya seperti lensa cembung atau kue serabi.
  3. Gang (korok), yaitu batuan hasilintrusi magma yang menyusup dan membeku disela-sela lipatan (korok).
  4. Diaterma adalah lubang (pipa) diantara dapur magma dan kepundan gunung berapi, bentuknya seperti silinder memanjang.
Baca Juga:  √ Pengertian Laut, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Vulkanisme Dalam Ilmu Geografi

Ekstrusi Magma

Ekstrusi Magma adalah peristiwa penyusupan magma hingga keluar permukaan bumi dan membentuk gunung api. Hal ini terjadi bila tekanan gas cukup kuat dan ada retakan pada kulit bumi. Ekstrusi magma dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  1. Erupsi Linier, yaitu magma keluar melalui retakan pada kulit bumi, berbentuk kerucut gunung api.
  2. Erupsi Sentral, yaitu magma yang keluar melalui sebuah lubang permukaan bumi dan membentuk gunung yang letaknya tersendiri.
  3. Erupsi Areal, yaitu magma yang melelh pada permukaan bumi karena letak magma yang sangat dekat dengan permukaan bumi, sehingga terbentuk kawah gunung berapi yang sangat luas.

Itulah diatas sedikit tentang penjelasan Pengertian Vulkanisme Dalam Ilmu Geografi (Pembahasan Lengkap). Lihat juga penjelasan-penjelasan lain di artikel selanjutnya, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih.

sumber by: Geografi SMA kelas X Aspirasi