√ Pengertian Litosfer Menurut Pakar Geografi (Bahas Lengkap)

Pengertian Litosfer Menurut Pakar Geografi (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas Geografi tepatnya adalah litosfer. Mungkin dari kita sudah sering mendengarnya, namun ada baiknya jika kita menyimaknya dengan jelas.

Pengertian Litosfer Menurut Pakar Geografi (Bahas Lengkap)

Sebelum lebih jauh mari kita bahas apa itu litosfer dengan seksama.

Pengertian Litosfer

Litosfer berasal dari kata litos dan spheera. Litos artinya batu dan spheera artinya lapisan. Secara etimologis litosfer berarti pelapisan batuan. Sedangkan makna yang sebenarnya dimaksudkan di pembahasan ini, litosfer adalah lapisan batuan pembentuk kulit bumi. Litosfer adalah “lapisan bagian bumi yang paling luar”. Litosfer kaya sekali akan Si Osering disebut lapisan silikat.

Litosfer terdiri dari dua bagian. Bagian pertama disebut kerak benua atau lempeng benua yang tersusun dari batuan granit pada bagian atas dan batuan beku basal pada bagian bawah.

Sedangkan bagian kedua disebut kerak samudra atau lempeng samudra yang tersusun dari endapan laut dibagian atas, kemudian dibawah terdapat batuan vulkanik, dan yang paling bawah adalah batuan gabbro dan peridotit.

Lapisan Sial

Lapisan Sial merupakan “lapisan litosfer yang tersusun atas logam silisium dan almunium”. Kedua senyawa tersebut adalah SiO3 dan AI2O3. Batuan yang terdapat dalam lapisan sial antara lain batuan sedimen, granit, andesit dan metamorf.

Baca Juga:  √ Black Hole : Pengertian, Teori, Sejarah, Ciri dan Jenisnya

Lapisan ini juga disebut lapisan kerak bersifat padat dan kaku. Kerak tersebut dibagi menjadi dua yaitu:

  • Kerak Benua adalah benda padat terdiri atas batuan granit pada lapisan atasnya dan batuan basalt pada bagian bawah. Kerak ini yang kita kenal sebagai benua.
  • Kerak Samudra adalah benda padat terdiri atas endapan dilaut bagian atas sementara dibawahnya terdapat batuan-batuan vulkanik dan dibawahnya tersusun batuan beku peridotif dan beku gabro. Kerak ini kita kenal sebagai bagian samudra.

Pengertian Litosfer Menurut Pakar Geografi

Lapisan Sima

Lapisan Sima merupakan lapisan Litosfer yang tersusun atas logam silisium dan magnesium. Kedua senyawa logam ini adalah SiO3 dan MgO. Lapisan ini memiliki berat lebih besar jika dibandingkan lapisan sial karena mengandung mineral ferromagnesium dan batuan basalt. Lapisan Sima merupakan bahan elastis dan memiliki ketebalan rata-rata 1000 km.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Litosfer Menurut Pakar Geografi (Bahas Lengkap). Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca, baca juga artikel lainnya, terima kasih.

sumber by: Geografi SMA kelas X Aspirasi