√ Pengertian Gerak Epirogenetik dan Jenisnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Gerak Epirogenetik dan Jenisnya (Bahas Lengkap) – Pada kesempatan yang lalu kita sudah pernah membahas tentang pengertian gerak, kali ini kita masih akan membahas tentang gerak, namun ada sedikit perbedaan.

Pengertian Gerak Epirogenetik dan Jenisnya (Bahas Lengkap)

Gerak yang akan dibahas disini adalah gerak epirogenetik, apa itu gerak epirogenetik? Simak ulasannya.

Pengertian Gerak Epirogenetik

Gerak epirogenetik adalah gerak yang dapat menimbulkan permukaan bumi seolah turun atau naik, disebabkan karena gerakan dibumi yang lambat dan meliputi daerah yang luas. Gerak epirogenetik dibedakan menjadi dua, yaitu gerak epirogenetik positif dan gerak epirogenetik negatif.

Jenis Gerak Epirogenetik

Ada dua jenis gerak epirogenetik, yakni gerak epirogenetik positif dan gerak epirogenetik negatif;

Gerak Epirogenetik Positif

Gerak Epirogenetik Positif

Gerak epirogenetik positif adalah gerakan permukaan bumi turun dan seolah-olah permukaan air laut naik. Gerakan ini disebabkan adanya tambahan beban misalnya sedimen yang tebal didaerah geosinklinal, yaitu berupa cekungan yang sangat luas.

Contoh gerak epirogenetik positif adalah turunnya pulau-pulau dikawasan Indonesia Timur (Kepulauan Maluku dan Kepulauan Benda).

Gerak Epirogenetik Negatif

Gerak Epirogenetik Negatif

Gerak epirogenetik negatif adalah gerakan permukaan bumi seolah-olah permukaan bumi naik dan seolah-olah permukaan air turun. Gerakan ini biasanya berupa pengangkatan yang diakibatkan pengurangan beban lapisan kerak bumi, misalnya es yang mencair.

Contoh gerak epirogenetik adalah naiknya dataran tinggi Colorado.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Gerak Epirogenetik dan Jenisnya (Bahas Lengkap), semoga bisa menambah pengetahuan anda, dan baca juga artikel lainnya. Terimakasih 🙂