√ Mengetahui Ciri-Ciri Tanah (Pembahasan Terlengkap)

Mengetahui Ciri-Ciri Tanah (Pembahasan Terlengkap) – Setelah kemarin kita membahas tentang Lapisan Pada Tanah, Tekstur Tanah Beserta Komposisi Dan Profilnya, kini kita akan membahas tentang ciri-ciri tanah.

Mengetahui Ciri-Ciri Tanah (Pembahasan Terlengkap)

Berikut beberapa sifat-sifat fisika tanah:

Ciri-ciri Tanah

Mungkin kita tidak pernah tahu bahwa tanah yang selama ini kita manfaatkan untuk menanam bunga dan sebagainya, itu mempunyai ciri-ciri sbb:

Tekstur Tanah

Jika unsur-unsur tanah hanya terdiri atas butiran-butiran pasir, tekstur tanah itu kasar. Sebaliknya bila unsur-unsur tanah hanya terdiri atas lempung, tekstur tanah itu sangat halus. Tekstur tanah yang ideal untuk pertanian adalah geluh, yaitu tanah yang lekat. Dalam pembuatan kerajinan keramik, bata dan genteng, fraksi lempung sangat diperlukan. Tanah dikatakan bertekstur lempungapabila kandungan lempung lebih banyak. Apabila kandungan partikel lempung, pasir dan debu seimbang, tanah tersebut disebut tanah geluh.

Struktur Tanah

Struktur tanah merupakan cara pengikatan butir-butir tanah yang satu terhadap yang lain. Pada lahan rawa atau gurun struktur tanah kurang atau tidak terbentuk, karena butiran tanah bersifat tunggal atau tidak terikat satu sama lain. Berbagai jenis struktur tanah antara lain berupa gumpalan atau remah. Struktur tanah pada berbagai lapisan tanah bisa berbeda. Kegiatan-kegiatan petani berupa pembajakan, pemupukan dan pengolahan tanah dapat mengubah struktur tanah asli.

Konsistensi Tanah

Konsistensi tanah merupakan sifat fisik tanah yang menyatakan besar kecilnya gaya kohesi dan adhesi dalam berbagai kelembapan. Konsistensi tanah dapat anda ketahui dengan mencoba memecah tanah tersebut, apabila sulit dipecah berarti tanah, bahwa tanah mempunyai konsistensi yang kuat.

Baca Juga:  √ 22 Pengertian Industri Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Lengas Tanah

Pada musim kemarau, musim memanen palawija antara lain bawang, kacang, ketela dsb. Ladang yang kelihatannya kering itu ternyata ada gumpal tanah yang melekat pada buah kacang atau bawang dan tanah masih lembap. Kelembapan inilah yang disebut lengas tanah.

Udara Tanah

Petani menanam palawija, bila turun hujan lebat atau tertimpa bencana banjir tanamannya mati lemas, karena tanaman tersebut kekurangan udara tanah. Hal ini terjadi karena seluruh pori-pori berisi lengas tanah. Udara terdesak keluar, sehingga akar tanaman kekurangan O2, kecuali tumbuhan air seperti pada sawah, kangkung dan tumbuh-tumbuhan bakau yang mempunyai akar napas.

Warna Tanah

Warna tanah adalah sebagai berikut:

  • Kuning, berasal dari mineral limonit (2Fe2O33H3O).
  • Cokelat, berasal dari bahan-bahan organis asam yang lapuk sebagian.
  • Putih, berasal dari mineral-mineralsilika-kuarsa (SiO3), kapur (CaCO3), kaolin, bauksit, aluminium dan silikat, gypsum (CaCO, 2H2O), nitrat, garam-garam yang sudah larut serta koloida-koloida organis tertentu.
  • Hitam, berasal dari bahan-bahan organis yang telh terurai dengan hebat dan biasanya ada hubungannya dengan unsur-unsur karbon (C), magnesium (Mg) serta belerang (S).
  • Merah, berasal dari mineral hemafit (Fe2O3) atau turgit (2Fe2O3H2O).
  • Hijau, berasal dari oksida ferrous.
  • Biru, berasal dari mineral lilianit.
  • Tanah diladang atau disawah berwarna cokelat, merah dan kuning. Warna tanah didaerah vulkanik berbeda dengan warna tanah pada pegunungan kapur.

Suhu Tanah

Suhu tanah diwaktu pagi, siang dan sore hari berbeda-beda. Pada siang hari suhu tanah lebih panas daripada pagi atau sore hari.

Permeabilitas Tanah

Permeabilitas tanah merupakan kecepatan air merembes kedalam tanah melalui pori-pori, baik secara horizontal maupun vertikal. Cepat lambatnya perembesan air sangat ditentukan oleh tekstur tanah.

Baca Juga:  √ Pengertian Erosi, Penyebab, Dampak, Proses & Jenisnya (Lengkap)

Porousitas Tanah

Tanah dikatakan bersifat porous apabila mudah atau cepat meresapkan air. Berarti tanah tersebutmempunyai pori-pori besar yang dominan, misalnya tanah yang bertekstur pasir bersifat porous. Porousitas merupakan perentase volume pori yang ada didalam tanah dibanding volume massa tanah.

Mengetahui Ciri-Ciri Tanah Terlengkap

Drainase Tanah

Drainase tanah merupakan kemampuan tanah mengalirkan dan mengatuskan kelebihan air, baik air tanah maupun pada air permukaan. Pada tanah dengan drainase tanah yang buruk, air akan cenderung menggenang. Penanganan sifat drainase yang buruk sering dilakukan dengan membangun selokan-selokan.

Demikanlah penjelasan kita mengenai tanah pada artikel Mengetahui Ciri-Ciri Tanah (Pembahasan Terlengkap), semoga dari pembahasan diatas kita jadi lebih tahu ciri-ciri dari tanah yang sering kita manfaatkan. Terimakasih 🙂