√ Faktor Penyebab Perubahan Iklim Global dan Dampaknya (Lengkap)

Faktor Penyebab Perubahan Iklim Global dan Dampaknya (Lengkap) – Terjadinya kekeringan di beberapa daerah di Indonesia, tidak terlepas dari keadaaan-keadaan di Samudra Pasifik Selatan. Jika di Samudra Pasifik Selatan keadaannya tidak normal, maka dapat terjadi kekeringan atau turun hujan lebat.

Faktor Penyebab Perubahan Iklim Global dan Dampaknya (Lengkap)

Nah, keadaan yang menyebabkan kekeringan dalam rentang waktu yang lama disebut dengan el nino. Sedangkan keadaan yang menyebabkan hujan lebat pada rentang waktu yang cukup lama disebut dengan la nina.

Keadaan Normal

Dalam keadaan normal angin pasat berhembus dari timur melintasi Samudra Pasifik. Hal inilah yang menyebabkan air hangat dari Pasifik Tengah terdorong ke arah barat. Air hangat ini terkumpul di sepanjang garis pantai Australia sebelah utara, juga mengalir ke perairan Indonesia. Maka terbentuklah awan diatas air yang hangat ini. Awan-awan ini membawa hujan apabila bergerak diatas Australia dan Indonesia.

Peristiwa El Nino

Peristiwa ini datang setiap dua sampai tujuh tahun sekali. Mulai dari Pasifik Tengah sampai dengan Pantai Peru di Amerika Selatan menjadi hangat, tetapi berbeda dengan keadaan di perairan Australia sebelah utara dan Indonesia. Apabila hal ini terjadi, angin pasat akan melemah dan arahnya berbalik yakni berhembus dari arah barat ke arah timur. Jadi, udara tropis yang lembab tidak berpusat di dekat Benua Australia.

Alih udara lembab itu berpusat di Samudra Pasifik Tengah dan meluas ke timur arah Amerika Selatan. Hal ini menyebabkan turunnya hujan di Samudra Pasifik, dan hujan di Australia serta di Indonesia menjadi berkurang dari biasanya. Akibatnya timbul kekeringan di Australia dan beberapa daerah di Indonesia. Selama peristiwa el nino pada tahun 1994 dan 1997, baik di Indonesia maupun di Australia mengalami kebakaran.

Baca Juga:  √ Pengertian Air Tanah dan Macam Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Faktor Penyebab Perubahan Iklim Global & Dampaknya

Peristiwa La Nina

Peristiwa la nina ini terjadi ketika angin pasat berembus terus menerus dengan keras melintasi Samudra Pasifik ke arah Australia. Angin tersebut mendorong lebih banyak air hangat ke arah Australia sebelah utara dibandingkan biasanya. Yang akibatnya, semakin banyak awan yang terkonsentrasi dalam keadaan seperti ini, dan menyebabkan turunnya hujan lebih bayak di Australia, Indonesia dan Pasifik sebelah barat. Di daerah tersebut terjadi hujan deras yang menyebabkan air pasang dan banjir.

Demikian penjelasan ringkas tentang Faktor Penyebab Perubahan Iklim Global dan Dampaknya (Lengkap), semoga dapat bermanfaat dan menambah referensi kamu. Terimakasih 🙂