√ Batuan Malihan (Batuan Metamorf) dan Jenisnya Lengkap

Batuan Malihan (Batuan Metamorf) dan Jenisnya Lengkap – Batuan Malihan (Batuan Metamorf) adalah batuan yang berubah bentuk baik susunan fisik maupun kimianya, sehingga berbeda dari batuan induknya. Proses perubahan batuan metamorf diakibatkan dari suhu yang tinggi dan tekanan yang dalam jangka waktu yang sangat lama. Batuan metamorf dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu batuan metamorf kontak, batuan metamorf dinamo dan batuan metamorf pneumatolitis kontak.

Batuan Malihan (Batuan Metamorf) dan Jenisnya Lengkap

Mari kita simak ulasan dibawah ini untuk penjelasa lengkap dan spesifiknya

Batuan Metamorf Kontak

Batuan ini terbentuk karena adanya pengaruh intrusi magma pada suhu sangat tinggi. Suhu sangat tinggi tersebut karena letaknya dekat dengan magma. Contoh: batuan batolit, batuan lakolit dan batuan sill. Batuan metamorf ini dipengaruhi letak instrusinya, makin jauh dari intrusinya maka derajat metamorfosis makin berkurang.

Batuan Metamorf Dinamo

Batuan ini terbentuk akibat pengaruh tekanan yang sangat tinggi, dalam jangka waktu yang relatif lama serta dihasilkan dalam proses pembentukan kulit bumi karena tenaga endogen. Batuan metamorf dinamo biasanya terjadi dibagian atas kerak bumi. Adanya tekanan yang berlawanan mengakibatkan perubahan butiran mineral menjadi pipih dan ada yang kembali berbentuk kristal. Beberapa jenis batuan metamorf berubah menjadi batuan hablur, contohnya batuan serbuk dan serpih.

Baca Juga:  √ Pengertian Tektonisme dan Gerak Orogenetik (Bahas Lengkap)

Batuan Metamorf Pneumatolitis Kontak

Batuan ini terbentuk karena pengaruh gas dari dalam magma, pengaruh gas panas ini menyebabkan perubahan komposisi kimiawi mineral dari batuan ini, contohnya batuan metamorf pneumatolitis kontak adalah kuarsa dengan gas boirum berubah menjadi turmalin (sejenis batu permata).

Batuan Malihan (Batuan Metamorf) Dan Jenisnya Lengkap

Tenaga yang mengubah bentuk permukaan bumi dibagi menjadi dua, yaitu:

Tenaga Geologi

Tenaga geologi adalah tenaga yang mempengaruhi bentuk muka bumi. Ada dua macam tenaga geologi, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen.

Tenaga Endogen

Tenaga endogen adalah tenaga yang mempengaruhi bentuk muka bumi yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen bersifat membangun (konstruktif). Misalnya vulkanisme, tektonisme dan seisme.

Itulah diatas sedikit tentang penjelasan Batuan Malihan (Batuan Metamorf) dan Jenisnya Lengkap. Lihat juga batu-batu lain di artikel selanjutnya, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih.

sumber by: Geografi SMA kelas X Aspirasi